Sabtu, 27 Juli 2019

GAYA DALAM MENGAJAR

Setiap kita tentu punya karakter dan gaya yang berbeda dan itu akan menjadi ciri khas yang melekat pada kita.Gaya seorang guru ketika mengajar akan membentuk karakternya dan itulah ciri khasnya.
Berbicara di hadapan orang yang banyak akan menjadi kenikamatan sendiri jika kita sudah terbiasa dan akan menjadi sesuatu yang mebingungkan serta menakutkan bagi yang belum terbiasa.
Seorang guru hendaknya menunjukan penampilan yang elegan, rapi dan santun ketika dia sedang menyampaikan materi KBM. Penampilan seorang guru akan selalu dilihat dan dijadikan teladan oleh para siswanya.
Berbicara dihadapan orang banyak juga perlu persiapan materi. Materi tidak harus dibaca dengan melihat teks tapi cukup disampaikan dengan lugas,tegas,, terarah dan sistematika.Untuk itu perlu disiapkan konsep materi yang akan diberikan.Intnya seorang guru harus serba bisa dan juga terbiasa di hadapan orang banyak







Kamis, 25 Juli 2019

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS 12/GANJIL




Bismillah.

Selamat jumpa dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 12 SMK. Semoga pembelajaran PAI dan Budi Pekerti ini akan memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk meraih belajar yang sukses harus dilakoni dengan penuh semangat, Ikhlas dalam belajar dan selalu munajat doa pada Sang Khalik dan selalu memohon restu kepada kedua orangtua.. Selamat Belajar 
(Bambang Susilo,SS)

Berikut Materi pembelajaran pada Buku PAI Kurikulum 2013 untuk Guru dan Siswa Kelas 12 SMK/MAK Edisi Revisi 2018 Semester Ganjil, ini antara lain:

Bab 1 Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir

Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Iman kepada Hari Akhir
Periode Hari Akhir
Hakekat Beriman kepada Hari Akhir
Hikmah Beriman kepada Hari Akhir
Menyajikan Kaitan antara Beriman kepada Hari Akhir dengan Perilaku Jujur, Bertanggung Jawab, dan Adil


Bab 2 Menyakini Qadā dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja


Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Iman kepada Qadā dan Qadar
Kaitan antara Beriman kepada Qadā dan Qadar dengan Sikap Optimis, Berikhtiar dan Bertawakal
Hikmah Beriman kepada Qadā dan Qadar


Bab 3 Menghidupkan Nurani dengan Berpikir Kritis


Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. Āli -Imrān/3: 190-191 serta Hadis tentang Berpikir Kritis
Menyajikan Keterkaitan antara Berpikir Kritis dengan Ciri Orang Berakal (Ulil Albab) sesuai Pesan Q.S. Āli -Imrān/3: 190-191 . 50
Manfaat Berpikir Kritis

Bab 4 Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi

Bersatu dalam Keragaman
Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. Āli -Imrān/3: 159 dan Hadis terkait tentang Bersikap Demokratis
Demokrasi dan Syūrā
Keterkaitan antara Demokrasi dengan Sikap Tidak Memaksakan Kehendak sesuai Pesan Q.S. Āli-Imrān/3:159 dan Hadis Terkait


Bab 5 Menyembah Allah Swt. sebagai Ungkapan Rasa Syukur

Menganalisis dan Mengevaluasi makna Q.S. Luqmān/31:13-14 dan Hadis tentang Kewajiban Beribadah dan Bersyukur kepada Allah Swt.
Kaitan antara Beribadah dan Bersyukur kepada Allah Swt. dalam Q.S. Luqmān/31: 13-14 93
Hikmah dan Manfaat Beribadah dan Bersyukur Kepada Allah Swt. 


Bab 6 Meraih Kasih Allah Swt. dengan Ihsān


Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. al-Baqarāh/2:83 tentang Berbuat Baik kepada Sesama dan Hadis Terkait
Keterkaitan Kewajiban Beribadah dan Bersyukur kepada Allah Swt. dengan Berbuat Baik terhadap Sesama Manusia sesuai Q.S. al-Baqārah/2:83
Hikmah dan Manfaat Ihsān

BAB 1
Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir
Secara umum pengertian iman kepada hari kiamat yaitu percaya dan yakin bahwa seluruh alam semesta dan isinya akan hancur suatu saat nanti dan setelah itu akan ada kehidupan yang kekal (akhirat).

Sedangkan menurut bahasa (etimologi) yaitu percaya akan datangnya hari kiamat (hari akhir). Menurut istilah (terminologi) yaitu percayai dan yakin akan adanya kehidupan akhirat yang kekal setelah kehidupan dunia ini.


Hari akhir menurut bahasa artinya Hari penghabisan (QS.Al-baqoroh (2): 177) juga disebut hari  Pembalasan (Qs.Al-Fatiha(1): 4). 
Sedangkan menurut istilah hari akhir adalah : Hari mulai hancurnya alam semesta berikut isinya dan berakhirnya kehidupan seluruh makhluk Allah SWT. 

 Hari akhir juga disebut hari kiamat, yaitu hari penegakan hukum Allah yang seadil-adilnya (QS. Al-Mumtahanah(60): 3).
 Adapun pengertian iman pada hari akhir adalah : Percaya dengan pe nuh keyakinan adanya hidup yang kekal abadi di akhirat kelak
Pembagian Kiamat
1. Kiamat Sugra (Kecil)
Kiamat Sugra adalah kiamat kecil yang berupa rusaknya sebagian makhluk hidup maupun lingkungan. Misalnya gempa, gunung meletus, dan sebagainya.
Tanda kiamat sugra diantaranya:
  • Ilmu agama seakan tidak penting
  • Banyak terjadi bencana alam di bum
  • Hamba sahaya wanita melahirkan anak majikannya
  • Orang berlomba-lomba membangun gedung yang tinggi.
  • Laki-laki berpenampilan seperti perempuan begitupun dengan perempuan yang berpenampilan mirif laki-laki

2. Kiamat Kubra (Besar)
Kiamat Kubra adalah kiamat besar yang merupakan hancurnya seluruh alam semesta dengan semua isinya atau berakhirnya seluruh kehidupan makhluk di alam dan berlanjut ke kehidupan yang kekal yaitu akhirat.

Tanda-tanda kiamat besar , antara lain :
  • Matahari terbit dari barat
  • Rusaknya Ka’bah
  • Datangnya Ya’juj dan Ma’juj
  • Munculnya Dajjal
  • Munculnya Imam Mahdi
  • Turunnya nabi Isya yang akan memerangi orang yang memusuhi Islam


  •  Hari akhir menurut teori ilmu pengetahuan.


a.       Menurut Ilmu Geologi.


Bumi terdiri dari gas yang berputar, setelah diam, gas itu dingin, maka gas yang berat mengendap kebawah dan yang ringan berada di atas. Secara evolusi gas bagian luar me –
ngeras menjadi batu, kerikil, pasir dll, sedangkan ditengah masih panas, zat panas berca
pur larva dan lahar batu serta pasir panas. Sementara daya tarik matahari terhadap bumi
berkurang maka bumi akan bergeser dari matahari akibat putaran bumi semakin cepat tak
terkendali, sehingga jatuh seperti meteor, menyala dan hancur.


b.      Menurut Teori Fisika.


Jarak matahari dengan bumi kira-kira 150 juta km namun sinar matahari dipancarkan ke
Angkasa dan sekitarnya 5,7 x 1027 kalori = 5853,9 kalori / menit dan mampu menyala se-
Lama 50 milyar tahun dengan panas 15 0C. Kalau suatu ketika matahari tidak muncul atau
Cahaya redup karena tenaga atau sinarnya habis, maka tidak ada angin dan awan yang ber
akibat hujan tidak turun. Selanjutnya gunung-gunung akan meletus, ombak bergulung-gu-
lung,air laut naik maka hancurlah bumi.



  • Gambaran hari kiamat menurut Al- Qur’an
  1. Bumi digoncangkan sekuat kuatnya hingga mengeluar kan isi yang dikandungnya  (QS. Al- Zalzalah : 1 – 5)
  2. Matahari di gulung, bintang-bintang berjatuhan dan laut meluap. (QS. Al- Infithor : 1 – 3)
  3. Gunung-gunung kemudian pecah berterbangan menjadi pasir  (QS. Al-  Haqqah : 14)
  4. Manusia tidak dapat menolong manusia lainnya, bahkan seorang ayah terhadap anaknya sendiri. (QS. Lukman : 33)
Fungsi Iman Kepada Hari Kiamat
  1. Membuat manusia senantiasa bersikap hati-hati, sehingga akan selalu taat kepada petunjuk agama dan sadar akan batas kesenangan hidup di dunia.
  2. Terus memperbaiki kualitas kebaikan, yaitu berbakti kepada Allah, orang tua, dan sesama manusia lain.
  3. Membuat manusia sadar bahwa kehidupan setelah kehidupan dunia merupakan tujuan manusia hidup di dunia.
  4. Mendorong manusia agar menambah perbuatan baik (amal soleh) dan meninggalkan larangan Allah.
  5. Mengingatkan bahwa kehidupan dunia adalah ladang kehidupan akhirat, jembatan untuk menuju ke alam akhirat, sehingga menghindarkan manusia dari sifat rakus, kikir, dan tamak.
  6. Tidak iri terhadap kenikmatan yang didapat oleh orang lain.
  7. Membuat jiwa tenteram
Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat
  1. Tidak meniru pola hidup orang kafir.
  2. Meningkatkan ketakwaan dan lebih giat dalam beramal saleh.
  3. Selalu berusaha berbuat benar dan baik.
  4. Berjihad dijalan Allah dengan harta dan jiwa.
  5. Tidak kikir dalam memberi infaq.
  6. Menanamkan kesabaran dalam kebenaran dan saat tertimpa musibah.
  7. Lebih berhati-hati dalam berbuat sesuatu.
  8. Membuat manusia selalu melaksanakan kewajibannya dan tidak terlena akan kehidupan dunia.
  9. Sadar bahwa kehidupan dunia hanyalah sementara, dan akhirat merupakan kehidupan yang kekal.
  10. Sering bertaubat kepada Allah.
  11. Lapanga dada dan ikhlas terhadap ketentuan Allah.
Periode di hari Kiamat
Yaumul Barzah / Alam Kubur yaitu masa antara sesudah meninggal nya seseorang sampai menunggu datangnya hari kiamat. “ (Q.S.Al Khafi ayat 99 )

Yaumul Baats yaitu masa dibangkitkannya manusia dari alam kubur mulai dari manusia pertama sampai manusia terakhir ( Q.S. Al Zalazalah ayat 6 )

Yaumul Mahsyar yaitu masa dikumpulkannya manusia dipadang mahsyar untuk dihisab / diperhitungkan amal kebaikan dan keburukanya. (Q.S. Ibrahim : 48)

Yaumul Hisab/ Mizan yaitu Masa diperhitungkan / ditimbang amal kebaikan dan keburukan manusia“ ( Q.S. Yasin : 65 )

Sirat yaitu jembatan yang akan dilewati oleh manusia setelah dihisab dan ditimbang amal baik dan buruknya. Disini akan ditentukan manusia akan masuk neraka atau surga.

Surga yaitu tempat balasan bagi orang yang beriman kepada Allah SWT..(Q.S. Al Hajj : 23 )
Neraka yaitu tempat balasan bagi orang yang ingkar kepada Allah SWT.“
  (Q.S. Az Zumar : 32 

Nama-nama lain hari akhir:


Yaumul Qiyamah (يَوْمُ الْقِيَامَة): hari kiamat.

Yaumur Rajifah (يوم الراجفة): hari lindu besar.

Yaumus Sa'iqah (يوم): hari keguncangan.

Yaumuz Zalzalah (يوم الزلزلة): hari keguncangan atau keruntuhan.

Yaumul Haqqah (يوم الحاقة): hari kepastian.

Yaumul Qariah (يوم القارعة): hari keributan.

Yaumul Ba'ts (يوم البعث): hari kebangkitan

Yaumul jaza' (يوم الجزاء) hari pembalasan


Tugas Kelompok :
Tuliskan arti dari bacaan Quran yang berkaitan dengan Hari Kiamat dan jelaskan maksudnya !

Penilaian :
Penilaian Individu :
1. Rangkuman catatan 
2. Menuliskan QS yang berkaitan dengan materi hari Kiamat di Buku catatan.
Penilaian Kelompok :
Hasil diskusi kelompok di kelas

Mereka kelak akan menggantikan posisi kita, maka bekalilah dengan ilmu yang bermanfaat.
# Salam Guru Berkah
Bambang Susilo,SS//Bogor, 25 Juli 2019.








Kerja Kelompok 2 

Pertanyaan berikut dijawab dengan diskusi kelompok. Siapkan 1 lembar kertas untuk laporan kerja kelompok yang diserahkan kepada guru mapel.
Tulislan nama kelas dan nama kelompok .

Pertanyaan : 
1. Iman kepada hari kiamat termasuk rukun iman yang ke.......
2. Arti dari kiamat adalah.................
3. Nama lain dari hari Kiamat adalah..........
4. Hari kiamat disebut juga sebagai Yaumul jaza artinya........
5. Hari Kiamat disebut juga dengan Yaumul Fashl artinya..........
6. Kematian dari tiap individu manusia termasuk jenis Kiamat..........
7. Malaikat yang bertugas meniup Sangkakala sebagai tanda kiamat telah tiba adalah....
8. Sebelum kiamat terjadi manusia yang telah mati menunggu di alam....
9. Tsunami di Aceh yang menelan korban jiwa ratusan ribu termasuk jenis kiamat....
10. 

PEMBAGIAN TUGAS KERJA DI LINGKUNGAN SMP WINDIAN NUGRAHA

Bismillah
Billah,Fillah,Lillah.
Lahaula walakuwwata ilabilah.

KATA PENGANTAR

 Puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmatnya, sehingga penyusunan Program Pengelolaan Sekolah Menengah Pertama Windian Nugraha  dapat diselelsaikan, yang berisi Program Pengelolaan Sekolah Menengaah Pertama Windian Nugraha  selaku unit pelaksanaan teknis Pendidikan formal yang mutlak diperlukan sebagai landasan titik tolak segala kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan pada tahun ajaran 2019/2020
Di dalam memuat Program Umum, Program Khusus, Kalender Pendidikan / Program Kerja, Pembagian Tugas Guru / Pegawai, lampiran. Kami sadar bahwa program ini masih jauh dari sempurna mengingat keterbatasan kami, baik pengalaman pengetahuan. Untuk kesempurnaan program ini, kritik dan saran-saran sangat kami perlukan. Kami berharap semoga program ini, dapat lebih terarah, guna lebih cepatnya pencapaian tujuan Pendidikan Nasional.

TUGAS PENGELOLA SEKOLAH


a.            TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB KEPALA SEKOLAH
Secara garis besar tugas dan tanggung jawab Kepala Sekolah mencakup hal – hal sebagai berikut :
a.      Kegiatan sekolah, semua kegiatan yang berkaitan langsung dengan pendidikan sekolah.
b.     Dalam pelaksanaan tugas, Kepala Sekolah dapat menunjuk seorang guru atau beberapa guru yang diberi tugas untuk melaksanakan sesuatu kegiatan sekolah.
c.      Kepala Sekolah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pelaksanaan kegiatan sekolah yang dipimpinnya.
d.     Terhadap kegiatan sekolah yang belum diatur oleh pihak yang berwenang yang sifatnya insidentil dan tidak berpengaruh secara luas, Kepala Sekolah dapat mengambil prakarsa sementara bagi pelaksanaan kegiatan itu. Kegiatan dimaksud dengan segera dilaporkan kepada Kepala kantor Dinas.
e.      Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah satu-satunya yang intra sekolah dan bertugas mengkoordinasi dan melakukan kegiatan ekstrakurikuler dengan bimbingan Kepala Sekolah.
f.       Semua kegiatan sekolah pelaksanaan harus berpedoman pada peraturan yang berlaku.
g.     Kurikulum secara menyeluruh merupakan pedoman dan sumber bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah.
h.     Pengelola sekolah mengadakan pencatatan yang lengkap terhadap semua kegiatan belajar mengajar di sekolah.
i.        Setiap awal tahun Kepala Sekolah menyampaikan laporan pertanggung jawaban secara tertulis tentang :
1.           Pelaksanaan kegiatan sekolah pada tahun pelajaran baru.
2.           Rencana kalender pendidikan untuk tahun pelajaran sedang berjalan
Laporan itu disampaikan kepada atasan langsung sesuai dengan prosedur yang berlaku.

b.           TUGAS KEPALA SEKOLAH

Kepala Sekolah mempunyai tugas merencanakan, mengorganisir, mengkoordinasikan, mengarahkan, mengawasi dan mengevaluasi kegiatan sekolah dengan perincian sebagai berikut :
1.          1.  Mengatur Proses Belajar Mengajar
v           Program tahunan dan semesteran berdasarkan kalender
v           Jadwal pelajaran pertahun, persemester termasuk penetapan jenis mata pelajaran / bidang pengembangan / bidang pengajaran / bidang keterampilan dan bagian tugas guru
v           Program satuan pelajaran (teori dan praktek) menurut alokasi waktu yang telah ditentukan berdasarkan kalender pendidikan
v           Pelaksanaan ulangan / tes / hasil / evaluasi belajar untuk kenaikan dan ujan akhir
v           Penyusunan kelompok murid / siswa berdasarkan norma penyusunan
v           Penyusunan norma penilaian
v           Pendapatan kenaikan kelas
v           Laporan kemajuan hasil belajar / mengajar
v           Pemantapan peningkatan proses belajar / mengajar
2.           Mengatur administrasi kantor
3.           Mengatur administrasi murid / siswa
4.           Mengatur administrasi pegawai
5.           Mengatur administrasi perlengkapan
6.           Mengatur administrasi keuangan
7.           Mengatur administrasi perpustakaan
8.           Mengatur administrasi kesiswaan
9.           Mengatur administrasi laboratorium


2.           RINCIAN TUGAS : WAKASEK KURIKULUM

Nama
BAMBANG SUSILO,SS
NIP

TUGAS
Wakasek Kurikulum

Wakasek Kurikulum mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan – kegiatan sebagai berikut :
a.      Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
b.     Menyusun pembagian tugas guru
c.      Menyusun jadwal pelajaran
d.     Menyusun jadwal evaluasi belajar
e.      Menyusun pelaksanaan ekstra / UAN / UAS
f.       Menyusun kriteria dan persyaratan naik / tidak naik kelas, serta lulus / tidak lulus
g.     Mengkoordinasikan dan mengarahkan menyusun program suatu mata pelajaran
h.     Menyediakan daftar buku bacaan guru dan siswa
i.        Menyusun jadwal penerimaan STTB / NEM beserta bukti tanda terimanya
j.       Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan
k.      Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
l.        Mengatur pengembangan MGMP dan korrdinator mata pelajaran
m.   Melakukan supervisi administrasi dan akademis
n.     Mengatasi hambatan – hambatan yang dapat mengganggu kelancaran KBM
o.     Menbuat / menyusun laporan pelaksanaan pengajaran secara berkala / insidentil kepada Kepala Sekolah

3.           RINCIAN TUGAS : WAKASEK KESISWAAN

Nama
Risa Mirasari,S.Pd
NIP

TUGAS
Wakasek Kesiswaan

Wakasek Kesiswaan mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan – kegiatan sebagai berikut :
a.      Menyusun program pembinaan kesiswaan / OSIS
b.     Melaksanakan bimbingan, pengarahan, dan pengendalian kegiatan siswa / OSIS dalam rangka penegakan disiplin dan tata tertib
c.      Membina dan mengadakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kerindangan dan kesehatan
d.     Memberikan pengarahan dalam pemilihan pengurus OSIS
e.      Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam keorganisasian
f.       Menyusun program jadwal dan pembinaan siswa secara berkala dan isidental
g.     Melakukan pemilihan calon siswa, pemilihan siswa penerima beasiswa
h.     Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili kegiatan di luar sekolah
i.        Menyelenggarakan cerdas cermat, olahraga prestasi
j.       Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala dan isidental kepada Kepala Sekolah

5.           RINCIAN TUGAS : Kepala Tata Usaha

Nama
Hadi
NIP

TUGAS
Kepala Tata Usaha

Kepala Tata USaha mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan – kegiatan sebagai berikut :
a.      Menyusun Program Kerja Tata Usaha
b.     Pengurus dan Administrasi ketenagaan dan kesiswaan
c.      Pembinaan demi pengembangan karier pegawai tata usaha
d.     Penyusunan dan penyajian data / statistik sekolah
e.      Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K
f.       Mengkoordinasikan semua kegiatan administrasi sekolah
g.     Melaksanakan pengawasan dan penelitian terhadap semua surat sebelum mendapat pengesahan dari Kepala Sekolah
h.     Menyiapkan, menyimpan, menelusuri, menindak lajuti surat yang telah didisposisi oleh Kepala Sekolah
i.        Melaporkan atas pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan kepada Kepala Sekolah secara berkala / isidental

6.           RINCIAN TUGAS : WALI KELAS

Wali kelas mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan – kegiatan sebagai berikut :
a.      Pengelolaan kelas
b.     Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi :
v           Denah temoat duduk siswa
v           Papan Absensi siswa
v           Daftar pelajaran Siswa
v           Daftar piket kelas
v           Buku absensi siswa
v           Buku kegiatan belajar mengajar
c.      Pengisian dafta bulanan siswa
d.     Pembuatan catatan khusus tentang siswa
e.      Pencatatan mutasi siswa
f.       Pengisian buku laporan pendidikan (raport)
g.     Pembagian buku pendidikan (raport)
h.     Mengadakan pengawasan dan pembinaan siswa
i.        Melakukan pengawasan dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan 7K di kelas dan di lingkungannya
j.       Membuat laporan secara berkala tentang perkembangan kelasnya (jurnal kelas dan daftar hadir siswa) kepada Kepala Urusan Kurikulum / kesiswaan
k.      Melakukan kunjungan rumah atau mengadakan pemanggilan orang tua / wali terhadap siswa yang mengalami masalah


7.           RINCIAN TUGAS : GURU

Selaku guru bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan tanggung jawab guru meliputi :
a.      Membuat program pengajaran / rencana kegiatan belajar mengajar semester / tahunan
b.     Membuat suatu pelajaran (persiapan mengajar)
c.      Melaksanakan kegiatan belajar mengajar
d.     Melaksanakan kegiatan penilaian belajar (semester / tahunan)
e.      Mengadakan pengembangan setiap bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya
f.       Meneliti daftar hadir siswa sebelum mulai pelajaran
g.     Membuat dan menyusun lembar kerja siswa (LKS) untuk mata pelajaran yang memerlukan lembar kerja
h.     Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing – masing siswa
i.        Mengatur / merawat kebersihan kelas, ruang praktek, mengembalikan alat / barang pinjaman, pemeliharaan dan perawatan sarana praktek
j.       Mengadakan pemeriksaan, pemeliharaan dan pengawasan kebersihan ruangan dan alat-alat praktek lainnya pada setiap akhir pelajaran
k.      Melaksanakan analisis hasil ulangan harian dan ulangan umum
l.        Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
m.   Membuat alat pelajaran / alat peraga
n.     Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya sendiri
o.     Mengikuti kegiatan perkembangan kurikulum
p.     Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
q.     Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkat

8.