Bismillahirrahmanirrahim
Allahuma
sholi ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad
Sahabat
Guru Berkah yang dirahmati Allah SWT.
Untuk melengkapi
informasi mengenai Program Guru Penggerak, berikut ini ingin saya sampaikan
mengenai kendala-kendala Teknis yang mungkin akan dijumpai. Semoga bermanfaat.
Aamiin
Apakah saya harus mempersiapkan laptop atau computer dan
jaringan internet secara mandiri untuk mengikuti Program Guru Penggerak secara
Daring ?
Ya, laptop/komputer dan ketersediaan akses internet
disediakan secara mandiri oleh calon guru penggerak. Fasilitas ini sangat
dibutuhkan selama Program Pendidikan Guru Penggerak.
Bagaimana jika saya tidak memiliki laptop atau computer danjaringan
internet?
Calon guru penggerak wajib mengusahakan laptop/ komputer
dan ketersediaan jaringan internet secara mandiri. Kemendikbud akan memberikan
bantuan paket data internet untuk pelaksanaan pendidikan guru penggerak.
Bagaimana saya akan menerima informasi jika saya lulus pada tiap
tahapan seleksi?
Tim seleksi PGP akan menginformasikan kelulusan pada tiap
tahap seleksi melalui surel masing-masing peserta seleksi. Peserta diharapkan
memasukkan alamat surel yang benar dan memeriksa kotak masuk surel secara
berkala, ini termasuk memeriksa kotak SPAM. Setiap tahapan seleksi akan
diberitahukan melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/
Bagaimana jika saya lupa dengan Akun dan Kata Kunci (Password)
SIM PKB?
Anda bisa menghubungi admin SIM-PKB Dinas Pendidikan
Provinsi untuk jenjang Pendidikan SMA dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk
jenjang pendidikan TK, SD, dan SMP.
Bagaimana jika saya tidak punya Akun SIM PKB?
Pastikan Anda terdaftar aktif di Data Pokok Pendidikan
(Dapodik) Sekolah dan pastikan Dapodik Sekolah sudah sinkron dengan Dapodik
Pusat. Jika Dapodik sekolah belum sinkron dengan Dapodik Pusat, silahkan
hubungi operator Dapodik sekolah. Setelah Dapodik sekolah sinkron dengan
Dapodik Pusat, tunggu 2x24 jam untuk mendapatkan akun SIM-PKB. Cari dan
aktivasi akun SIM-PKB Anda melalui laman gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk.
Bagaimana jika saya tidak bisa mengunggah Surat Dukungan dari
Kepala Sekolah dan Surat Referensi dari atasan atau teman sejawat atau
komunitas atau organisasi?
Pastikan dokumen-dokumen yang diminta sesuai dengan format
(pdf) dan ukuran yang dipersyaratkan sesuai informasi yang ada pada laman
Jika saya lolos seleksi Guru Penggerak, namun saat proses berjalan
saya dipindah Pejabat Daerah untuk menjadi Kepala Sekolah atau Pengawas Sekolah
atau Jabatan Struktural, apa yang harus saya lakukan? Bagaimana pelaksanaan
proses Guru Penggerak saya?
Setiap calon peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi
diharapkan berkomitmen penuh untuk melaksanakan seluruh rangkaian Pendidikan
Guru Penggerak dan berkomitmen kuat menjalankan peran sebagai guru penggerak
setelah program selesai. Namun jika karena sesuatu hal, Calon Guru Penggerak
tidak dapat melanjutkan program dengan alasan yang mendasar dan tidak ada
solusi yang dapat ditempuh kecuali mengundurkan diri dari program, maka yang
bersangkutan dapat mengundurkan diri dengan membuat surat pernyataan
pengunduran diri secara tertulis yang ditujukan kepada Direktur Jenderal Guru
Tenaga Kependidikan dan ditembuskan Kepala Dinas Pendidikan terkait.
Apakah saya boleh mendaftar sebagai peserta dan sebagai pengajar
praktik (pendamping) Program Guru Penggerak?
Guru hanya bisa mengambil satu peran dalam program Guru
Penggerak. Guru harus memilih mendaftar sebagai peserta atau pengajar praktik
(pendamping). Rekomendasi kami guru dapat melihat kriteria dan kompetensi yang
diharapkan pada peserta atau pengajar praktik (pendamping)
Apakah ada contoh Surat Rekomendasi atau Dukungan kepada calon
Guru Penggerak ?
Surat rekomendasi dan surat dukungan kepada calon guru
penggerak dapat diunduh melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/unduhan/
Kapan informasi Tes Bakat Skolastik akan diinformasikan kepada
para pendaftar yang sudah menyelesaikan tahapan CV dan Esai?
Informasi jadwal pelaksanaan Tes Bakat Skolastik akan
dilaksanakan pada tanggal 20 – 23 November 2020. Informasi pelaksanaan TBS akan
disampaikan melalui akun SIM PKB masing-masing sebelum tanggal pelaksanaan TBS
dimulai. Anda diharapkan untuk membuka akun masing-masing untuk memperoleh
informasi tersebut. Jika Anda tidak mendapatkan informasi terkait dengan jadwal
pelaksanaan Tes Bakat Skolastik, Anda bisa menghubungi Tim Helpdesk melalui
fitur form Guru Penggerak pada akun SIM PKB dan juga bisa melalui email guru.penggerak@kemdikbud.go.id
Apakah yang gagal melakukan proses pengisian CV harus mengulangi
proses pengisian dari awal atau dapat melanjutkan data yang sudah dikerjakan ?
Anda dapat melanjutkan kembali data yang sudah dikerjakan
pada proses sebelumnya. Jawaban Anda sebelumnya masih tersimpan dalam sistem.
Setelah selesai melengkapi CV pastikan Anda mengirimkan CV tersebut dan
melanjutkan proses pada tahap isi Esai.
Apakah dinas dapat diberikan akses data yang sudah melakukan
pendaftaran Program Guru Penggerak?
Dinas sudah bisa melihat progres pendaftar
dari kab/kota dan provinsi masing-masing melalui Admin/Operator Dinas Pendidikan
dengan Login ke BI SIM PKB Guru penggerak pada laman https://laporan-gtk.belajar.kemdikbud.go.id menggunakan
akun SIM PKB Dinas Pendidikan atau akun Group Operator Dinas Pendidikan
Kabupaten/Kota/Provinsi
Guru Berkah.Dok Kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru PAI
Untuk selanjutnya akan ditambahkan dengan informasi
yang berkaitan dengan Program Guru Penggerak mengenai :
Tes bakat Skolastik dan lain-lain
# Guru Berkah
# Program guru Penggerak
Silahkan buka link terkait :
Blog : Guru Berkah
Youtube : Bamz Berkah
Email : bambang.susilo200470@gmail.com
Nb : Data pertanyaan dan jawaban diambil dari info Laman Kemendikbud.go.id
Bogor, 14 Oktober 2020
Bambang Susilo.