Selasa, 06 Agustus 2019

TANDA KIAMAT MENURUT HADIST NABI (kelas 12}

Bismillah.
(Catat dalam  buku catatan!Tulislah dengan rapi.Aplikasikan "Kebersihan itu sebagian dari iman"
Mari kita lanjutkan lagi materi Iman kepada Harin Akhir, semoga setelah kita mempelajari materi ini akan bertambah iman dan takwa kita kepada Allah SWT. Amin
Kiamat  merupakan sesuatu yang pasti namun tak seorang pun yang mengetahui kapan datangnya. Hanya Allah sajalah yang mengetahui kapan hari kiamat terjadi.
Namun, banyak keterangan yang memberikan penjelasan tentang tanda-tanda kiamat. Berikut ini merupakan tanda-tanda kiamat yang berdasarkan hadist Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam:

1. Penaklukan Yerusalem.

“Aku menghitung 6 hal menjelang hari kiamat.” Baginda Rasulullah menyebutkan salah 1 di antaranya, yaitu penaklukan Yerusalem. ” dalam Sahih Bukhari.

2. Zina Merajalela

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadist
“Dan tinggallah manusia-manusia yang buruk, yang seenaknya melakukan persetubuhan seperti himar(keledai). Maka pada zaman mereka inilah kiamat akan datang.”

3. Merajalelanya Alat Musik

“Pada akhir zaman akan terjadi longsor, kerusuhan dan perubahan muka. “Ada yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam;” Wahai Rasulullah bilakah hal ini terjadi?” Beliau menjawab, “Apabila telah merajalela bunyian (musik) dan penyanyi-penyanyi wanita.” (H.R. Ibnu Majah)

4. Menghias Masjid dan Membanggakannya

“Di antara tanda-tanda telah dekatnya kiamat ialah manusia bermegahan dalam mendirikan masjid” – H.R. Nasai.

5. Munculnya Kekejian


“Tidak akan datang kiamat sehingga banyak perbuatan dan perkataan keji, memutuskan hubungan silaturrahimdan sikap yang buruk dalam bertetangga.” H.R. Ahmad dan Hakim

6. Hilangnya Ilmu dan Tersebar Kebodohan


“Tidak akan datang hari kiamat sehingga Allah mengambil orang-orang yang baik & ahli agama di muka bumi, maka tidak ada yang tinggal padanya kecuali orang-orang yang hina dan buruk yang tidak mengetahui yang ma’ruf dan tidak mengingkari kemungkaran.” H.R. Ahmad

7. Orang yang Bodoh dan Tidak Amanah Mendapat Posisi Terhormat


“Di antara tanda semakin dekatnya kiamat ialah dunia akan dikuasai oleh Luka ‘bin Luka’ (orang yang bodoh dan hina). Maka orang yang paling baik ketika itu adalah orang yang beriman yang diapit oleh 2 orang mulia ” H.R. Thabrani.

8. Mengucapkan Salam Kepada Orang yang Dikenalnya Saja


“Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah manusia tidak mau mengucapkan salam kepada orang lain kecuali yang dikenalnya saja.” H.R. Ahmad.

9. Wanita yang Berpakaian Tapi Telanjang


Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. “Di antara tanda-tanda telah hari kiamat adalah akan muncul pakaian-pakaian wanita dan ketika mereka memakainya keadaannya seperti telanjang”.

10. Bulan Sabit Terlihat Besar


“Di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah menggelembung (membesarnya) bulan sabit.” H.R. Thabrani.

11. Banyak Dusta dan Tidak Tepat dalam Menyampaikan Berita

“Pada akhir zaman akan muncul pembohong-pembohong besar yang datang kepadamu dengan membawa berita-berita yang belum pernah kamu dengar dan belum pernah didengar oleh ayah kamu sebelumnya, karena itu jauhkanlah dirimu dari mereka agar mereka tidak menyesatkanmu dan memfitnahmu.” H.R. Muslim

12. Banyak Saksi Palsu dan Menyimpan Kesaksian yang Benar


Sesungguhnya sebelum datangnya hari kiamat akan banyak kesaksian palsu dan disembunyikan kesaksian yang benar.” H.R. Ahmad

TUGAS INDIVIDU :

Jawablah pertanyaan berikut dengan uraian yang sangat jelas! (Dijawab pada buku catatan dan dikumpulkan)

Pertanyaan :

Setelah membaca tanda-tanda kiamat menurut hadist Nabi yang sohih, bagaimana pendapat kalian dengan kenyataan yang ada dalam kehiidupan sekarang?Lalu bagaimana seharusnya kita menanggapi kenyataan tersebut?


Jalani hidupdengan penuh optimis


Bersyukur itu Indah





Guru Berkah//Bambang Susilo/Bogor, 8 Agustus 2019

#Guru Berkah
#Pendidikan adalah Ibadah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar