Selasa, 07 April 2020

PENGETAHUAN SEPUTAR COVID 19 DIKAITKAN DENGAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN

PENGETAHUAN SOAL VIRUS CORONA:CIRI, PENYEBARAN & PENCEGAHANNYA

Sejak awal 2020, dunia digemparkan dengan sebuah virus yang menyerang pernapasan manusia dan dapat menyebabkan kematian. Virus yang dinamakan SARS-CoV-2 tersebut berasal dari Wuhan, China, dengan cepat menyebar ke berbagai belahan dunia.

Apa Virus Corona?
Virus corona atau coronavirus (CoV) merupakan keluarga virus yang menaungi virus SARS-CoV-2 yang terjadi saat ini, SARS-CoV pada 2002, dan MERS-CoV pada 2012.
Kata corona sendiri diambil dari bahasa Latin yang berarti mahkota. Nama ini diberikan karena bentuk virus corona menyerupai mahkota.
Sedangkan penyakit yang disebabkan terinfeksi SARS-CoV-2 disebut Covid-19, yang merupakan akronim dari coronavirus disease 19.

Bagaimana gejala Covid-19?
Ciri-ciri virus corona hampir mirip dengan gejala flu, di antaranya:
Demam tinggi lebih dari 38 derajat Celsius
Batuk kering
Lemas
Sakit tenggorokan
Sesak atau kesulitan bernapas
Sakit kepala
Namun, masa inkubasi virus ini sekitar 14 hari. Berarti, bisa jadi Anda memiliki virus tersebut hingga 14 hari sebelum Anda menyadari gejalanya.
Jika Anda memiliki gejala seperti yang tercantum di atas dalam fase 14 hari, segera periksakan diri Anda.

Bagaimana Covid-19 menyebar?
Virus corona bersifat zoonotik. Ini berarti virus pertama kali berkembang di hewan sebelum akhirnya menyerang manusia.
Ketika sudah menginfeksi manusia, penyebaran virus corona dapat melalui droplet pernapasan.
Percikan batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi virus corona akan menempel di permukaan benda atau kulit manusia.
Sehingga virus akan berpindah ketika manusia menyentuh benda atau melakukan kontak fisik dengan manusia lainnya.
Kemudian, virus akan menginfeksi manusia ketika tangan yang terkontaminasi oleh virus menyentuh wajah, seperti mulut, hidung, dan mata.

Siapa yang berisiko terinfeksi Covid-19?
Anda akan berisiko terinfeksi virus ketika Anda berdekatan atau melakukan kontak fisik dengan orang terinfeksi virus corona. Namun, ada beberapa faktor yang membuat orang memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi virus corona.
Melansir Healthline, Selasa (17/3/2020), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada akhir Januari melaporkan rata-rata orang yang terinfeksi virus berada di usia sekitar 45 tahun dan dua per tiganya merupakan laki-laki.
Hal ini berarti orang tua dan laki-laki rentan terinfeksi virus corona. Selain itu, orang dengan penyakit penyerta juga lebih rentan terinfeksi Covid-19.

Bagaimana penanganan Covid-19?
Para ahli kesehatan masih berusaha menemukan vaksin serta cara penanganan yang efektif untuk menghadapi virus ini. Namun, hingga saat ini, kebanyakan negara mengambil tindakan isolasi untuk menahan penyebaran virus corona.
Sejauh ini, para tenaga medis lebih fokus pada pengelolaan gejala saat virus bekerja pada pasien.
Sebelum pasien dinyatakan positif terinfeksi, pasien menjalani swab tenggorok dan pemeriksaan laboratorium DNA dengan Polymerase Chain Reaction (PCR). Kemudian, tenaga medis akan melakukan monitoring dan terapi kepada pasien.

Monitoring dan terapi tersebut meliputi isolasi, implementasi PPI, serial foto toraks, suplementasi oksigen, antimikroba empiris, terapi simplomatik, terapi cairan, ventilasi mekanis, penggunaan vasopressor, observasi, serta pemilahan terapi penyakit penyerta.
Apa saja kemungkinan komplikasi dari Covid-19?
Komplikasi paling serius dari infeksi SARS-CoV-2 adalah sejenis pneumonia yang disebut novel coronavirus-infected pneumonia (NCIP).

Penelitian dari 138 orang dengan NCIP yang dirawat di rumah sakit di Wuhan, China, sekitar 26 persen mengalami penyakit yang parah dan harus dirawat di ruang ICU. Sekitar 4.3 persen di antaranya mengalami kematian.
Sejauh ini, NCIP merupakan satu-satunya komplikasi yang terkait dengan Covid-19. Namun, para peneliti masih mengamati komplikasi lainnya yang mungkin juga dialami pasien Covid-19, di antaranya:
Acute respiratory distress syndrome (ARDS)
Detak jantung tidak teratur (arrhythmia)
Kejang kardiovaskular
Nyeri otot yang parah (myalgia)
Kelelahan
Serangan jantung

Bagaimana cara mencegah terinfeksi Covid-19?
Untuk melindungi diri sekaligus menahan penyebaran virus corona, Anda dapat melakukan hal-hal berikut, yaitu:
Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jika tidak bisa mencuci tangan, bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer

Hindari menyentuh area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut sebelum Anda membersihkan tangan
Jangan keluar rumah jika Anda merasa kurang sehat atau memiliki gejala flu
Hindari atau batasi kontak fisik dengan orang lain. Jika memungkinkan, usahakan berada pada jarak setidaknya satu meter dengan orang lain
Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu atau siku bagian dalam ketika batuk atau bersin. Jika Anda menggunakan tisu, segera buang tisu Anda
Bersihkan barang-barang yang sering Anda gunakan dengan disinfektan, seperti gawai atau handphone, laptop, meja, dan lainnya
Terapkan gaya hidup sehat, mulai dari pola makan, olahraga, serta hindari begadang untuk menjaga kekebalan tubuh Anda

# COVID 19
# STAY AT HOME
# GURU BERKAH
# MARHABAN YA RAMADHAN

Melaksanakan tugas piket kebersihan selama libur sekolah


BERIKUT ADALAH LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKUKAN NABI DALAM MENCEGAH PERKEMBANGAN JUMLAH ORANG YANG TER SUSPECT PANDEMI :

1. Menghindar

Diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda;

"Larilah dari orang yang sakit lepra, sebagaimana kamu lari dari singa."

Nabi menyarankan umatnya untuk membentengi diri dari penyakit menular dengan tidak menganggap enteng beberapa faktor dan penyebabnya. Di antaranya adalah dengan menghindari kontak secara langsung dengan penderita penyakit menular.

Dalam hadis, Nabi mencontohkan penyakit kulit berupa lepra yang bisa menular melalui sentuhan kulit.


2. Tenggang rasa

Anjuran menghindari pengidap penyakit menular bukan berarti menunjukkan bahwa Nabi sepakat untuk mengucilkan penderita tersebut. Akan tetapi, langkah yang diimbau ini justru lebih menitik-beratkan kepada semangat kepedulian dan tenggang rasa.

Hal ini, sesuai dengan hadis riwayat Bukhari bahwa Nabi Saw pernah bersabda;

"Janganlah kamu lama-lama memandang orang-orang yang sedang sakit lepra."

Hadis ini merupakan penanda bahwa berkontak berlebihan dengan penderita penyakit menular di masa itu bisa memberikan dampak penderitaan pengidap dari sisi psikologis.


3. Tawakal

Berpasrah penuh kepada Allah Swt adalah jalan yang paling dianjurkan Rasulullah Saw. Ihwal penyakit menular, Nabi bersabda;

"Tidak ada penularan, tidak ada ramalan jelek, dan tidak ada penyusupan kembali (reinkarnasi) ruh orang mati pada burung hantu. (HR. Muslim).

Dalam Tadrib, Imam Suyuthi mencatat bahwa Ibnu Shalah mengatakan, pada hakikatnya penyakit itu tidak dapat menular dengan sendirinya. Akan tetapi Allah-lah yang membuatnya menular.
  
Sementara, proses penularannya memang diperantarai oleh proses percampuran antara yang sakit dan yang sehat melalui berbagai macam sebab yang berbeda.

Masih dari sumber yang sama, Al-Ghazali berpendapat, kesimpulan "ketiadaan penularan" itu merupakan ketentuan tetap dan bersifat umum. Sedangkan perintah menjauhi orang sakit tetap disarankan karena dalam rangka Syadzudz Dzarai, yakni menutup kemungkinan munculnyabahaya dengan tetap percaya kepada takdir Allah Swt, bukan pada sebab penularan yang dianggapnya tidak ada.


4. Bersabar

Nabi Muhammad Saw juga menganjurkan umatnya untuk bersabar ketika menghadapi wabah penyakit. Pernah ketika menghadapi wabah penyakit Thaun, Rasulullah bersabda;

"Tha'un merupakan azab yang ditimpakan kepada siapa saja yang Allah kehendaki. Kemudian Dia jadikan rahmat kepada kaum Mukminin." (HR. Bukhari).

Sabar dan tidak cepat panik menjadi solusi yang disarankan Rasulullah dalam menghadapi pandemi. Masih dalam hadis yang sama, Nabi melanjutkan;

"Tidaklah seorang hamba yang di situ terdapat wabah penyakit, tetap berada di daerah tersebut dalam keadaan bersabar, meyakini bahwa tidak ada musibah kecuali atas takdir yang Allah tetapkan, kecuali ia mendapatkan pahala seperti orang yang mati syahid."


5. Optimistis

Pesan yang tak kalah penting dari Rasulullah Saw ketika tertimpa musibah wabah adalah tetap membangun prasangka baik, optimistis, berdoa, dan tetap berikhtiar sekuat tenaga.

Rasulullah Saw bersabda;

"Tidaklah Allah SWT menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga yang menurunkan penawarnya. (HR. Bukhari)

Wabah korona hanya ujian, teguran, sekaligus rahmat dari Allah Swt agar manusia tetap mengingat kekuasan-Nya yang tiada berbanding. Berprasangka baiklah bahwa dengan kasih sayang-Nya, Allah akan segera mencabut cobaan ini dalam waktu yang tidak lama.

# SEHAT ITU MAHAL
# KEBERSIHAN SEBAGIAN DARI IMAN
# GURU BERKAH
# MARHABAN YA RAMADHAN


untuk menghindari penyebaran dan tertular selalu memakai masker

SIKAP SEORANG MUKMIN DALAM MENGHADAPI WABAH UNTUK MERAIH KEIMANAN

 Bagi seorang muslim, yang beriman kepada Allah, tentunya harus senantiasa mengingat Allah. Memperkuat keyakinan bahwa Allah Maha Pencipta dan Maha Pengatur. Segala sesuatu yang Ia ciptakan wajib tunduk pada aturan-Nya. Dalam hal virus corona, setiap mukmin wajib meyakini bahwa makhluk mikron tak kasat mata ini pun ciptaan-Nya. Dan bahwa Allah menciptakan segala sesuatu sesuai dengan qodarnya. 

 Allah SWT dalam firman-Nya sering kali memperingatkan manusia untuk mnggunakan akalnya dan memikirkan tanda-tanda kekuasaan Allah lantas mengambil pelajaran darinya. "Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta, bagaimana dia diciptakan? Dan langit, bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung, bagaimana ia ditegakkan? Dan bumi, bagaimana ia dihamparkan? Maka berilah peringatan karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan." (QS Al Ghosiyah:17-21) 

Pun demikian di balik terciptanya wabah corona. Telah pasti bahwa manusia dengan kapasitasnya harus berupaya penuh memikirkan tentangnya, memetik hikmah di balik penciptaan corona. Bagi yang bukan ahli dan tidak memiliki kapastas untuk itu, tetaplah wajib membangun keimanan bahwa  corona, makhluk renik tak kasat mata itu pun menunjukkan tanda kebesaran Allah. 

Betapa dunia guncang , atas kehendak-Nya semata manusia tak berdaya di hadapan makhluk kecil. Manusia dewasa ini juga harus mengambil pelajaran bahwa dahulu, kesewenangan Raja Namrudz berakhir setelah tubuh sang raja tumbang oleh gigitan nyamuk. Maka hendaknya manusia menjadikan pelajaran ini untuk  mempertebal iman dan taqwa, memohon ampunan Allah dan kembali menerapkan aturan-Nya.

 Adapun terkait dampaknya terhadap manusia, apakah dirasa baik ataukah buruk menurut manusia, seorang mukmin wajib beriman bahwa segala sesuatu datangnya dari Allah semata. Maka, apakah corona menimbulkan kebaikan, ataupun keburukan menurut pandangan manusia, manusia wajib iman bahwa semua  berasal dari Allah. Inilah prinsip yang harus dimiliki seorang mukmin, bahwa Allah telah menetapkan qodar atas segala sesuatu.

 Seorang muslim wajib mengimani bahwa qodar, baik dan buruk semuanya berasal dari Allah. “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS Al Baqoroh 216) 

. Dalam menyikapi hal ini, seorang mukmin wajib hukumnya untuk ridho terhadap segala ketentuan dan ketetapan dari Allah. Ketika musibah penyakit itu melanda manusia, Allah memerintahkan manusia  ridho terhadap qodlo Allah dan menghadapinya dengan bersabar. Dan Allah memberikan balasan pahala yang besar bagi orang-orang yang bersabar. “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan ‘Innalillahi wainna ilaihi rojiuun’. Mereka itulah yang mendapatkan keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (TQS Al Baqarah:155-157) 

Upaya pencegahan yang berada pada area yang dikuasai seorang individu adalah dengan senantiasa menjaga sanitasi dengan sering mencuci tangan, menjaga kebersihan badan, tempat dan pakaian, menutup mulut dengan tangan atau baju saat bersin. Sungguh syariat Islam telah mengatur hal ini. Islam senantiasa menganjurkan muslimin menjaga kebersihan dan kesucian. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, “Bersuci itu separoh keimanan.” (HR. Muslim) 

 Di samping menjaga kebersihan, upaya yang dapat dilakukan agar terhindar dari sakit corona adalah menjaga kebugaran tubuh. Sifat virus saat menyerang ia dapat mati ketika tubuh inang memiliki imunitas atau kekebalan tubuh yang tinggi. Imun akan kuat jika tubuh bugar. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan yang sehat, rajin berolah raga dan istirahat yang cukup ditambah mengkonsumsi asupan vitamin dapat meningkatkan kebugaran. 

 Senantiasa melaksanakan amalan yang difardhukan, meningkatkan amalan yang sunnah. Memperbanyak sholat, puasa, sedekah,doa,dzikir, istighfar, dan bermohon kepada Allah. Karantina mengurangi interaksi dengan orang lain tidak serta merta menjadikan aktifitas menuntut ilmu dan berdakwah ditinggalkan, sebab kemajuan teknologi menjadikannya bisa dilakukan secara online. Dalam ikhtiar ini manusia akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah karena merupakan perbuatan yang berada pada area yang dikuasai manusia, manusia dapat memilih akan mengerjakan ataukah meninggalkannya. Di samping segala ikhtiar yang dilakukan, selebihnya seorang mukmin wajib bertawakal, menyerahkan dan menggantungkan segala urusan kepada Allah SWT.

# SABAR DAN TAWAKAL
# HIKMAH DARI SABAR
# GURU BERKAH
# MARHABAN YA RAMADHAN


stay at home


MOTIVASI SABAR


Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh.

Jangan pernah menyerah dan berusaha lari, tapi hadapilah cobaan yang ada di depan kita dengan sabar. 

Untuk mendapatkan apa yang kamu suka, pertama kamu harus sabar dengan apa yang kamu benci.
# SABAR
# BANGKIT 
# GURU BERKAH
# MARHABAN YA RAMADHAN

NB : Bacaan ini sengaja disuguhkan untuk dibaca oleh para peserta didik yang sedang melakukan pembelajaran melalui cara online/ daring. Tugas aplikasi Iqra/baca atau Literasi sengaja dihadirkan agar peserta didik dapat menambah wawasan pengetahuan tentang wabah Corona dan upaya dalam pencegahannya. namun yang terpenting bagi kita adalah bahwa apa yang terjadi adalah karena Iradah dan Qudrahnya Allah SWT dan harus dijalani dengan penuh kesabaran agar keimanan dan Ketakwaan selalu hadir pada diri kita,. Aamiin.

Setelah dibaca silahkan ditanggapi/beri komentar singkat! (bebas , berdasarkan pemahaman kalian). Dalam komentarnya tulis nama dan kelas agar memudahkan dalam data penilaian.

Bogor, 8 April 2020
Guru Mapel PAI


BAMBANG SUSILO,SS

125 komentar:

  1. Dalam menghadapi musibah senantiasa harus sabar dan tawakal. Bambang Susilo.Guru PAI

    BalasHapus
  2. Musibah itu ujian

    -Nuril kelas 12 Aph 2

    BalasHapus
  3. Nama : Nugi.K
    Kelas : XI Aph 2
    Tugas : PAI
    Dapat di tanggapi perihal di atas sebagaimana Allah Swt telah menciptakan wabah virus tersebut pasti akan ada penawarnya yaitu kita harus memiliki ketabahan, kesabaran dan tawakal dalam menghadapinya. sebagaimana mestinya sabda rasulullah Saw :
    apabila kamu mendengar penyakit itu berjangkit di suatu negeri, janganlah kamu masuk ke negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, jangan pula kamu lari daripadanya.” (HR Bukhari dan Muslim dari Usamah bin Zaid). Mudah mudahan dengan memperbanyak istigfar wabah virus ini akan segera berakhir dan kita dapat selalu di berikan kesehatan oleh Allah Swt amiiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah sungguh luar biasa. Ternyata Nabi telah memberikan petunjuk kepada kita dalam hal pencegahan penyakit. Nilai Komentar kamu 95

      Hapus
  4. Dengan adanya penyakit ini Allah menunjukkan bahwa tidak ada yang mustahil bagi Allah jika Allah sudah berkehendak maka terjadilah.namun dibalik semua ini pasti ada hikmahnya yaitu lebih mendekatkan diri kepada Allah,bersabar atas apa yang terjadi,dan yakin bahwa qadar Allah itu ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang non name. Komentarnya singkat namun jelas. Nilai komentarnya 80

      Hapus
  5. Cara Dalam menghadapi semuanya hanya 1,yaitu sabar:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah. Benar sekali. Allah beserta orang yang sabar. Untuk yang Non name diberi nilai 78

      Hapus
  6. Tetap menjaga kesehatan diri, dan berserah diri kepada Allah SWT. Astriana,10 Aph 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikhtiar harus dilakukan dan pasrahkan segalanya hanya kepada Allah SWT. Singkat padat dan jelas. Nilai komentar kamu 82

      Hapus
  7. Cara dalam menghadapi semuanya hanya 1,yaitu sabar iya dan sabarlah kuncinya


    -Firdatriana x aph 1
    Mohon maaf bapa,yg di atas salah tidak pakai nama dan kelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allah telah mengajarkan sabar. karena dalam sabar terdapat kepasrahan kepada Allah SWT. Nilai komentarnya 80

      Hapus
  8. Musibah adalah sebuah teguran dari allah untuk hambanya agar tidak lupa untuk menjalankan perintah nya. Sebagai hamba kita patut sabar dan tawakal dalam menghadapi wabah ini. Semoga wabah ini tidak sampai ke bulan ramadhan bulan penuh berkah.

    Nama : Ahmad Bawazair
    Kelas :X aph II

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang terjadi adalah kehendak dan kuasanya Allah SWT. Sabar dalam menghadapi ujian dari Allah. Nilai komentar Bawazir 95

      Hapus
  9. Dengan adanya penyakit ini Allah menunjukkan bahwa tidak ada yang mustahil bagi Allah jika Allah sudah berkehendak maka terjadilah.namun dibalik semua ini pasti ada hikmahnya yaitu lebih mendekatkan diri kepada Allah,bersabar atas apa yang terjadi,dan yakin bahwa qadar Allah itu ada


    Elpina Apriyani
    XI Aph 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya karena Kun fayakunnya dari Allah SWT. Ambil hikmah dari apa yang terjadi. Nilai komentar Elfina 90

      Hapus
  10. Dengan Ada nya wabah virus Corona tersebut Kita harus sabar untuk menghadapi Dan selalu berdoa kepada Allah SWT agar virus Corona agar cepat berlalu
    Nama:siti nur Anisa
    Kelas :11 aph 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar dan selalu sabar dalam menghadapi ujian dari Allah.Nilai komentar Siti Nur Anisa 80

      Hapus
  11. AsalamuAssalamu warahmatullahi wabarakatuh
    Nama yandi yandi radika
    Kelas X aph 1
    Dalam menghadapi musibah (wabah penyakit) kita senantiasa harus sabar,iktihar,selalu berdoa kepada allah swt agar dihilangkan wabah penyakit corona diseluruh didunia amin.dan yang terpenting itu kita harus selalu ingat kepada allah swt bahwa penyakit itu datang nya dari allah maka dari itu kita harus tetap tawakal dan ingat kepada allah swt. Sekian dari saya wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua yang terjadi karena Iradah dari Allah SWT dan selalu ingat kepada-Nya yakni dengan munajat doa. Nilai komentar Yandi 88

      Hapus
  12. Cara jika ingin dijauhkan dari penyakit yaitu berdoa dan beribadah kepada Allah sesungguhnya Allah yang bisa membantu kita pada saat ini dan hanya meminta perlindungannya.


    Amara Destiana
    X Aph 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doa itu intisarinya Ibadah.Dengan berdoa maka kekuatan akan kita dapatkan. Nilai komentar Amara 82

      Hapus
  13. Disaat kita sedang diberikan sebuah ujian/musibah maka kita harus selalu bersabar dan berdoa kepada Allah SWT.

    -Indria Rahmawati (XI aph 2)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar adalah bukti bahwa kita qonaah dalam menerima ujian dari Allah. Nilai komentar Indria 80

      Hapus
  14. nama rafif rafilddy
    kelas x aph 3
    cara dalam menanggapi maslahah ini adalah
    1. sabar
    2. berdoa
    3. stay at home

    BalasHapus
    Balasan
    1. Singkat dan padat namun sangat bermakna. Jangan lupa always stay at home. Nilai komentar kamu 80

      Hapus
  15. nama : Yolanda Kinasih
    kelas : X APh 2

    dengan adanya penyebaran virus ini tentunya kita harus bertawakal, berserah diri kepada Allah SWT, menjaga kebersihan, dan mengikuti arahan dari pemerintah agar tidak menambah penyebaran virus ini.
    kita juga harus sering beribadah memohon kepada Allah agar virus ini mereda dan hilang.
    intinya sebuah musibah merupakan teguran dari Allah SWT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadapi musibah dengan berserahdiri kepada Allah dan tetap melakukan ikhtiar karena itu sangat dianjurkan. Nilai Komentar Yolanda 95

      Hapus
  16. Covid-19 merupakan ujian di rasakan semua manusia saat ini, karna setiap penyakit pasti ada penawarnya, dengan adanya wabah ini kita harus selalu berdoa kepada Allah SWT agar semuanya menjadi sedia kala.

    Nama: Doni Saputra
    Kls: X-Aph 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap penyakit yang Allah turunkan pasti ada penawarnya,tinggal bagaimana kita berusaha untuk mencarinya. Nilai komentar Doni 82

      Hapus
  17. Wabah korona hanyalah ujian, teguran, dan rahmat dari Allah Swt agar manusia tetap mengingat kekuasan Allah SWT.

    Melinda Apriyani
    X-aph 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Virus Corona adalah ciptaan Allah yang dihadirkan saat ini. Tidak ada yang tidak bermanfaat dari apa yang telah allah ciptakan. Masya Allah. Nilai komentar Melinda 80

      Hapus
  18. Nama : Mulyani solihat
    Kelas : X aph 2

    Musibah itu adalah ujian yang diberikan oleh Allah SWT, jadi sebagai manusia kita harus banyak-banyak bersabar,meminta doa kepada Allah dan terus bertawakal menghadapi cobaan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ujian dari Allah akan menjadikan kita semakin dekat jika dihadapi dengan penuh kesabaran. Nilai komentar Mulyani 80

      Hapus
  19. Jaga kebersihan diri sendiri rajin cuci tangan dengan sabun agar terhindar dari virus covid-19

    Efan ahmad
    X aph 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara yang paling simple dan mudah adalah dengan cuci tangan dan menjaga kebersihan. Nilai komentar Efran 80

      Hapus
  20. Tidak ada penyakit yang tidak ada penawarnya. Tetap selalu jaga personal hygiene, sabar, dan berserah diri kepada Allah SWT. Karena dibalik ini semua, pasti ada hikmahnya :)

    Annisa Nurwahyuni
    X A.Ph 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungguh kekuatan dari iman kita adalah karena keyakinan akan adanya Hikmah. Nilai komentar Annisa 82

      Hapus
  21. Sikap sabar dalam menghadapi penyakit pun penting. Allah menyayangi hamba-Nya yang ditimpa penderitaan. Berprasangka bahwa sakit yang ditimpakan padanya adalah cara untuk lebih dekat kepada Allah SWT.

    Alyashalsabila
    Xaph2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah ternyata penyakit yang allah kirimkan kepada kita adalah bukti Allah sayang kepada kita. Nilai komentar Alysalsabila 83

      Hapus
  22. Nama :Sinta Cahya Qoriah
    Kelas:X Aph 2

    Musibah itu merupakan ujian maka dengan adanya wabah virus ini kita harus berikhtiar dan yakin bahwa tidak ada sesuatu yang terjadi diluar kuasa Allah SWT, bertawakal, selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. Selalu berdoa dan beribadah agar musibah ini cepat berlalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdoa kepada Allah tanda bahwa kita selalu ingin dekat dengan Allah. Nilai komentar Sinta Cahya 83

      Hapus
  23. "Jika kamu mendengar wabah disuatu wilayah maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah ditempat kamu berda maka jangan tinggalkan tempat itu"
    Dengan mewabahnya covid-19 kita harus tetap menjaga kebersihan,harus tetap berada dirumah, dan jangan lupa berserah diri/berdo'a kepada allah.

    Nasywa Shabirah Balqis
    X-Aph 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadis nabi telah memberi tuntunan kepada kita manakala penyakit itu telah mewabah di suatu tempat. Nilai komentar Nasywa 86

      Hapus
  24. Assalamualaikum wr wb saya
    AthThaariq dari kelas XI Aph 1, benar sekali apa kata bapak. Kita harus percaya bahwa yang maha menciptakan dan maha mengatur itu Allah SWT. Tetapi bagaimanapun itu kita juga harus tetap menjaga diri. Dengan contoh social distance. Tetapi masih bannyak yang mengatakan. Ah ngapain takut sama virus takut itu sama tuhan, toh kita mati di tentuin sama yang di atas. Tetapi sebagai manusia kita juga harus berfikir yang mana yang baik yang mana yang buruk. Kalau pemerintah menegaskan untuk diam di dalam rumah/ social distancing lakukan lah. Karena dimanapun bumi di pijak disitu langit dijunjung. Sekian terimakasih apabila ada salah kata mohon di maafkan #stayathome. Wassalammualaikum wr wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah komentarnya lengkap dan tepat. jangan meremehkan masalah. Justru kita harus menjadi bagian yang memberi kebaikan untuk orang banyak. Nilaii komentar fathir 97

      Hapus
  25. Betul apa yang di sampaikan pak Bambang kita jadi tau apa gejala gejala covid-19. Cara pencegahannya. Cara melindungi diri dari covid-19. Tapi sangat di sayangkan manusia di negara kita masih bannyak yang menyalah gunakan libur masal ini untuk berkegiatan yang tidak di pentingkan banget untuk di luar rumah contoh. Masih bannyak pemuda pemuda yang nongkrong sana sini. Gak kebayang deh hilangnya wabah ini kapan. Pesan dari saya juga perbannyak aktivitas di rumah dan keluar rumah apabila itu sangat di pentingkan.dan kita harus menjaga kebersihan lingkungan dan diri

    Iyul. surnianti
    XI-ap 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap dan penuh harapan. Semoga mereka2 yang belum peduli diberikan hidayah agar dapat menginsyafi perbuatan salahnya. tawakaltu alallah.Nilai komentar Iyul 96

      Hapus
  26. Betul apa yang di sampaikan pak Bambang kita jadi tau apa gejala gejala covid-19. Cara pencegahannya. Cara melindungi diri dari covid-19. Tapi sangat di sayangkan manusia di negara kita masih bannyak yang menyalah gunakan libur masal ini untuk berkegiatan yang tidak di pentingkan banget untuk di luar rumah contoh. Masih bannyak pemuda pemuda yang nongkrong sana sini. Gak kebayang deh hilangnya wabah ini kapan. Pesan dari saya juga perbannyak aktivitas di rumah dan keluar rumah apabila itu sangat di pentingkan.dan kita harus menjaga kebersihan lingkungan dan diri

    Iyul. surnianti
    XI-ap 1

    BalasHapus
  27. kita harus mengaplikasikan langkah-langkah yang Nabi lakukan untuk mencegah penyebaran covid-19. yaitu :
    1. menghindar
    2. tenggang rasa
    3. tawakal
    4. bersabar
    5. optomistis
    Sehat terus ya jangan sakit-sakit :) !!!!

    ANNISA AMANI FATIHAH
    XI APH 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ending dengan ajakan yang super. Semua harus sehat. Sehat itu nikmat yang luar biasa. Nilai komentar Annisa 90

      Hapus
  28. Apabila kalian mendengar wabah tha’un melanda suatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Adapun apabila penyakit itu melanda suatu negeri sedang kalian ada di dalamnya, maka janganlah kalian keluar dari negeri itu.
    Sherlin Robiatul Adawiah
    X aph 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuntunan cara menghindari dari wabah yang telah nabi ajarkan. Nilai komentar Sherlin 83

      Hapus
  29. Sekar indah cahaya
    XI A.ph 2

    Allah menurunkan sesuatu kepada umatnya pasti ada sebab dan akibat. Jaga wudhu, jaga ibadah,dan jaga kebersihan untuk diri sendiri. Menanggapi sesuatu tidak perlu panik dan berlebihan hanya perlu jaga jarak dan berhati hati. Hindari perkumpulan dan lebih baik mengamankan diri dirumah, karna segala sesuatu itu pasti ada hikmah dibaliknya.
    Stay safe at home. Wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara-cara yang riil dan amat bermanfaat. laksanakan dan ajak yang lainnya. Nilai komentar Sekar 90

      Hapus
  30. Cara menghadapi wabah ini dgn cara :
    1. Berdiam diri di rumah
    2. Melakukan pembersihan diri
    3. Selalu sabar hingga virus ini hilang
    4. Tidak keluar rumah bila tidak penting
    Di dalam musibah ini pasti ada jalan yg terbaik untuk kita semua.#santuyhirup

    ~Revandy 11 Aph 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar berstruktur yang singkat,padat dan jelas.Tinggal dilaksanakan,.Insha Allah akan segera terbebas dari wabah dengan siizin Allah. Nilai komentar Revandy 92

      Hapus
  31. "MA QADDARALLAH KHAIR"
    Apa yang Allah takdirkan itu baik-baik belaka. Sabar lah dengan ujian, ada hikmah di setiapnya.

    Rodiah, XI A.Ph 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya.kita diajarkan dengan keimanan kepada Takdir Allah. Nilai komentar Siti Rodiah 87

      Hapus
  32. Rifaldo rehandani

    X aph 2

    Musibah bisa terjadi kapan saja dan tidak ada yang bisa mengetahuinya,seperti yang sedang menonjol musibah pada tahun sekarang yaitu wabah virus corona dan yang hanya bisa dilakukan saat ini adalah bersabar
    Didalam ayat Surat Al-Baqoroh tersebut disebutkan Keuntungan orang-orang yang mau mengerjakan sholat wajib 5 waktu. Serta mereka yang mampu menegakkan rasa sabarnya. Yaitu niscaya Allah SWT akan menjanjikan pertolongan saat mendapat kesusahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengambil Dalil Al Quran untuk menyampaikan kesabaran. Sabar akan menjadi penolong pada saat musibah itu datang menghampiri kepada kita. Nilai komentar Rifaldo 92

      Hapus
  33. Terus bertawakal kepada Allah Swt dan senantiasa meminta perlindungan Allah Swt dengan cara:
    1. Sholat 5 waktu
    2. Berzikir dan Berdoa
    3. Mengaji dan,
    Tetap #STAYSAFEATHOME
    ~ Muhammad Angga Permana ~
    ~ XI Aph 2 ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allahlah tempat bergantung dari seluruh makhluknya. Nilai komentar Angga 83

      Hapus
  34. Haerunnisa apriyana
    11-2
    Dari virus covid19 ini kita belajar bahwa sesungguhnya segala sesuatu atas kehendak Allah SWT, mungkin Allah sedang menguji semua makhluk di muka bumi ini terus taat serta bertawakal kepada-Nya. Selain itu, kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan kita harus peduli dengan kesehatan diri maupun orang lain agar terhindar dari virus covid'19. Kita harus saling bekerja sama dan terus berdo'a kepada Allah serta mengikuti peraturan dari aparat pemerintah tentang virus covid'19

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciri ketaatan seorang muslim/at adalah taat kepada pemerintah. Sami'na wa'athokna.Nilai komentar Haerunisa 92

      Hapus
  35. sholat 5 waktu, berzikir, berdoa, mengaji, berjemur, makan makanan yang sehat, olahraga, selalu cuci tangan, jika ada tugas dikerjakan jgn dibiarkan menumpuk:)

    yuliana r (10 aph 3)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain mencegah Corona tetap ada kewajiban sekolah dan rumah juga yang harus dikerjakan. Nilai komentar Yuliana 84

      Hapus
  36. Ichsan Rico Wijaya
    X aph 1
    .
    .
    Ujian hidup memang fitrah manusia, tidak ada manusia yang tidak mengecap ujian. Cobaan hidup itu gak hanya berupa kesulitan saja, tapi juga kesenangan yang kita peroleh. Untuk itu, butuh formula untuk menghadapinya, yakni kesabaran.

    Sabar itu tidak ada batasnya. Yang membatasi sabar hanya keegoisan kita sendiri. Dengan bersikap sabar kita akan lebih mudah dalam menjalani cobaan yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah kata-katanya berbobot sekali. Nilai komentar Ikhsan Rico 90

      Hapus
  37. Dengan adanya wabah penyakit covid 19 ini Kita harus tetap menjaga kebersihan dan tetap berada di rumah dan selalu beribadah dan berwudhu karena wudhu dapat menjaga seseorang dari penyakit yang akan menimpanya.tetap iktiar agar wabah penyakit ini tidak menimpa kita, tetap di rumah jaga kebersihan dan melakukan ibadah. #stayhome

    BalasHapus
  38. Name:Gilang Ajah

    Bismillahhirohmannirohim
    Dalam mengahadapi wabah ini sebaiknya kita berdiam diri dirumah agar proses resiko menular dikit.. memperbanyak sholat 5 waktu dan berdoa agar wabah Covid-19 ini cepat hilang dan semua orang bisa kembali beraktivitas seperti biasa.. memperbanyak cuci tangan sehabis memegang benda,barang atau besi
    #stayathome
    #uangjajanlockdown
    #cepatpulihbumiku

    BalasHapus
  39. Covid-19 ujian kepada semua manusia agar ingat kepada maha pencipta dan senantiasa selali berdoa kepada maha kuasa dan menjaga kebersihan untuk menghindari wabah virus ini

    Denis Nuansa
    X Ap 3

    BalasHapus
  40. Virus COVID-19 adalah ujian dan teguarn bagi umat manusia di mana saat kondisi ini mengingatkan kita untuk bisa lebih peduli akan kebersihan diri/lingkungan,serta lebih peduli akan kesehatan diri,dan juga dengan kejadian ini orang-orang jadi lebih dekat dengan sang pencipta dan lebih sabar lagi dalam menghadapi sebuah ujian dan cobaan

    Ririn Aryanti
    10 Aph 2

    BalasHapus
  41. Defika Zahra XI-2

    Perihal wabah virus corona yang sedang melanda seluruh dunia. Kita harus tetap waspada karena virus itu tidak terlihat. Memang kematian itu rahasia Allah. Tapi alangkah baiknya kita waspada.

    BalasHapus
  42. Dalam menghadapi cobaan seperti ini kita harus bayak² istighfar dan bersabar,dan menjauhkan diri dari keramaian agar tdk tertular wabah covid 19
    Cahya Alipia x.3

    BalasHapus
  43. Nama : Rafly Valencia
    Kelas: 10 aph 1

    Kita harus sabar dalam menghadapi ujian ini, dan kita juga harus selalu berusaha agar Covid-19 ini tidak menyebar, ini sudah kehendak dari Allah SWT, semoga dengan adanya virus ini menjadi hikmah bagi kita semua agar selalu beribadah kepada Allah SWT

    BalasHapus
  44. Jaga diri kalian dan keluarga kalian. Jangan menganggap remeh dan menyepelekan situasi ini. Yang Maha Kuasa tdk akan memberikan ujian di luar kesanggupan hambanya
    -siti soviah anggraeni 11aph2

    BalasHapus
  45. Fatimah Az-zahra
    XI APH 2

    dalam menghadapi virus COVID-19 kita harus memperbanyak ibadah,solat 5 waktu,rajin berolah raga, berjemur dipagi hari dan memakan makanan sehat, agar kita semua tidak terjangkit virus tersebut menjaga pola makan dan hidup sehat sangatlah penting untung menghadapi wabah COVID-19 ini... marihlah kita bersama sama berdoa agar wabah ini cepat diterselesaikan
    #DIRUMAHAJA

    BalasHapus
  46. Alvina PutriAmei
    XI APH 2
    "Dalam mengahadapi suatu musibah kita harus bersabar, karena dibalik musibah yang kita alami pasti ada hikmah di dalam nya, trims����"

    BalasHapus
  47. Musibah itu merupakan ujian maka dengan adanya wabah virus ini kita harus berikhtiar dan yakin bahwa tidak ada sesuatu yang terjadi diluar kuasa Allah SWT.

    -Nadia aprilia (Xaph2)

    BalasHapus
  48. Dengan adanya virus corona ini allah senantiasa sedang menguji hambanya agar lebih mendekatkan diri kepadanya. Dibalik semua ini pasti banyak hikmah yg dapat kita ambil seperti stay at home artinya kita harus berdiam diri dirumah agar lebih dekat lagi dengan keluarga.Hikmah adanya corona allah menganjurkan kita agar hidup lebih bersih lagi seperti berwudhu dan berdoa. Namun ada juga kerugian dibalik musibah ini seperti kerugian moril dan materil. Dari segi pendidikan dihentikan untuk sementara dan dalam kehidupan keluarga masih banyak orang yg mengeluh karena tidak ada pemasukan sehingga terjadilah kerisis ekonomi.



    Keysa Aprilia (10 aph 3)

    BalasHapus
  49. "Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya,melainkan Allah akan menggugurkan bersamanya dosa²nya seperti pohon yang menggugurkan daun²nya."(HR.Bukhari dan Muslim)



    Salsa Nandita Alzahra
    X Aph 3

    BalasHapus
  50. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    -kita sebagai makhluk Allah boleh takut dan merasa panik akan adanya suatu musibah/virus Corona ini,akan tetapi lebih takutlah pada sang pencipta mahkluk tersebut,jangan karna mahkluk sekecil itu kita semua meninggalkan Allah SWT,dan lebih dekatkan lagi diri kita kepada Allah SWT,dan selalu menjaga wudhu agar senantiasa dijaga dari segala macam penyakit,dan berdoa agar virus Corona segera Allah hilangkan sebelum bulan suci Ramadhan tiba.

    Sarah Az-zahra
    X Aph2

    BalasHapus
  51. Arvibia panjiarto
    X aph 3


    Assalamualaikum wr.wb.
    Bismillahhiromhmanirohim , Dalam menghadapi musibah senantiasa selalu tawakal dan yakin bahwa allah memberi musibah ke manusia yang mampu menghadapi musibah tersebut

    Kita harus senantiasa selalu meminta pertolongan, dengan cara sholat 5 waktu, berdoa, dan senantiasa yakin bahwa allah selalu membantu kita dan kita juga senantiasa selalu sabar dalam ujian yang di beri allah.

    Sabar itu tidak ada batasnya, yang membatasi sabar adalah sesuatu keegoiisan saja, jadi Dengan bersikap sabar kita akan lebih mudah dalam menjalani cobaan yang ada,dan juga allah akan selalu dekat dengan orang orang yang penyabar

    BalasHapus
  52. “Mari kita semua selalu siaga dan waspada, berdoa dan berikhtiar agar dijauhkan dari penularan wabah itu. Semoga kita semua dalam lindungan Tuhan yang maha esa"


    yunita agustina
    X Aph 2

    BalasHapus
  53. Dalam menghadapi virus Corona kita harus memperbanyak istighfar, ibadah, selalu menjaga kebersihan dan harus tetap berada di rumah agar bisa memutuskan mata rantai virus Corona

    Padia pitri a
    XI2

    BalasHapus
  54. nama : ersaputri
    kelas : x aph 2

    dalam menghadapi cobaan seperti ini kita harus memperbanyak istigfar,bersabar dan mendeketkan diri kepasa Allah swt

    BalasHapus
  55. nama : ersaputri
    kelas : x aph 2

    dalam menghadapi cobaan seperti ini kita harus memperbanyak istigfar,bersabar dan mendeketkan diri kepasa Allah swt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Numpang HP apa juga dibuatin?he.
      Oke tdk msalah.Mungkin sedang tidak bisa digunakan HPnya.Trims yg sudah mau membantu temannya

      Hapus
  56. “Tapi sebagai orang beriman kita tak boleh ikut-ikutan panik. Buat apa panik, sampai masker saja habis diborong. Kita punya Allah. Dialah yang menciptakan penyakit, termasuk virus corona, dan Dia pula yang akan menyembuhkannya,”

    Muhammad Rangga Wiguna
    XI 1

    BalasHapus
  57. Kita harus menjaga kebersihan,karna selain menjaga kebersihan dapat menjaga kesehatan, kebersihan juga sebagian dari iman.-

    Della Apriliani 10 Aph 2

    BalasHapus
  58. Salma Maharani
    XI aph 2


    Musibah itu ujian dari allah, sebagaimana kini kita sedang ditimpa oleh bencana yaitu dengan datangnya virus corona dinegeri kita ini, ada pepatah yang mengatakan ' lebih baik mencegah daripada memperbaiki' itu berarti lebih baik kita mencega virus agar tidak menyerang ketubuh kita dengan cara yang dianjur kan oleh pemerintah, jika kita tidak mencegah dan akhirnya virus itu menyerang tubuh kita psti akan sangat menyesal, Sikap ini memang harus kita terapkan walaupun kita taau kematian itu adalah takdir allah, kita harus sabar untuk melawan virus ini cobaan dari allah agar umatnya tidak lupa untuk menyembahnya. kita harus berserah dirii kepada allah tapi kita harus ppunya cara untuk menyerang virus tersebut

    BalasHapus
  59. Dengan adanya penyakit covid19 harusnya membuat kita semankin dekat dengan allah dengan cara selalu bertawakal,dan bersabar. Jangan lupa ikuti aturan dari pemerintah untuk keselamatan kita sendiri maupun orang lain.

    -firda azzahrah (11 aph 1)

    BalasHapus
  60. Terimakasih kepada pak bambang karena dengan blog ini kita jadi tau apa itu covid 19, penyebarannya, pencegahannya, dan lain lain, untuk itu kita bisa melakukan langkah langkah yang disarankan oleh Nabi, yaitu dengan menghindar,tenggang rasa, tawakal, bersabar, dan optimis, kita juga harus senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar wabah ini cepat hilang. Amiinn
    #stayathome

    Siti Hosniyeh
    XI Aph 1

    BalasHapus
  61. Terimakasih kepada pak bambang karena dengan blog ini kita jadi tau apa itu covid 19, penyebarannya, pencegahannya, dan lain lain, untuk itu kita bisa melakukan langkah langkah yang disarankan oleh Nabi, yaitu dengan menghindar,tenggang rasa, tawakal, bersabar, dan optimis, kita juga harus senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar wabah ini cepat hilang. Amiinn
    #stayathome

    Siti Hosniyeh
    XI Aph 1

    BalasHapus
  62. Dengan terjadinya wabah virus corona ini kita harus lebih mendekatkan diri lagi kepada allah, perbanyak ibadah, dan selalu menjaga diri dan kebersihan dimana pun kita berada. Allah tidak akan menurunkan penyakit jika tidak ada penawarnya maka dari itu kita harus bisa bersabar menghadapi cobaan yang allah berikan saat ini agar semua umat sadar kita harus bisa memulai perubahan supaya kedepan nya lebih baik lagi. Hadir nya wabah ini pun terdapat hikmah nya agar manusia senantiasa taat dan kepada allah hal ini pun terjadi mungkin karena manusia telah banyak berbuat maksiat dan telah lalai dalam ibadah nya. Untuk itu marilah kita berdoa dan mendekatkan diri kepada allah

    Vera liska andiani
    X aph 1

    BalasHapus
  63. Muhamad Fadli 10 aph1

    Dengan adanya penyakit Covid-19 allah menunjukan bahwa tidak ada yang mustahil bagi allah jika allah berkehendak maka terjadi lah namun di balik semua ini pasti ada hikmahnya yaitu mendekatkan diri kepada allah,allah memberitahukan kepada semua umat manusia Harusss bersih

    BalasHapus
  64. hikmah yang dapat dirasakan karna adanya covid-19 ini adalah kita jadi lebih memerhatikan kesehatan dan kebersihan, waktu berkumpul bersama keluarga semakin banyak, udara lebih bersih dan terbebas dari polutan. dan selalu bertawakal kepada Allah Swt.

    Dinda X aph 1

    BalasHapus
  65. Muhammad Maulana gimaastiar
    X aph 1
    .
    .
    Cara menghadapi wabah ini
    - berdiam diri di rumah
    -melakukan pembersihan diri
    -selalu sabar dan selalu berdoa
    -tidak perlu keluar rumah jika tidak penting
    Di dalam musibah ini pasti ada jalan terbaik
    #keepcalm

    BalasHapus
  66. Muhammad Ripa'i XI-2
    Bagi orang yang beriman, setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan ini, selalu terkait dan harus selalu dikaitkan dengan perilaku manusia. Tidak ada kejadian yang berdiri sendiri. Tidak ada peristiwa alam semata mata, tidak ada kegiatan ekonomi hanya semata ekonomi an sich.

    Demikian pula wabah Covid-19 yang sekarang menjadi Pandemi Global, bukan semata wabah an sich (yang hanya dilihat dari pandangan kesehatan) tetapi ternyata terkait dengan semua bidang kehidupan, termasuk sangat berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Dalam sebuah hadits riwayat Imam Thabrani, Rasulullah Saw bersabda:

    “(Ada) lima perbuatan (yang akan mengakibatkan) lima malapetaka: 1) Tidaklah suatu bangsa mudah mengingkari janji, kecuali akan dikendalikan oleh musuh-musuh mereka, 2) Tidaklah mereka berhukum dengan sesuatu yang bukan diturunkan Allah, kecuali akan tersebar kefakiran, 3) Tidaklah merajalela disuatu tempat perzinahan, kecuali akan merajalela pula penyakit yang membawa kematian

    BalasHapus
  67. Menurut pendapat saya sendiri yaitu jangan terlalu panik dalam menghadapi masalah yang seperti ini, karna kalau terlalu panik akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh bisa di katakan stress, orang yg stress kekebalan tubuhnya lebih lemah sehingga dapat menyebabkan virus dengan mudah masuk ke dalam tubuhnya. Selain itu kita harus selalu membiasakan hidup bersih dan sehat, dengan kita hidup bersih dan sehat insya allah akan terhindar dari virus dan penyakit lainnya. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan tawakal dalam menghadapi masalah yang seperti ini, pasti ada jalan kluarnya. Sekian terima kasih


    Alda Rismayanti
    Kelas 11-2

    BalasHapus
  68. Nurul Sabila
    Kelas 11-2


    Sebaiknya kita jangan terlalu panik atu gmna pun ,kita harus santai tapi jangan terlalu santai bngt dan kita harus mengikuti peraturan yg pemerintah kasih ,jangan juga kita terlalu horrr dengan penyakit corona ini ,kita juga harus dkt dengan allah dan sering solat lima waktu hidup sehat dan bersih dan sekian dari saya wasalamualaikum wb wr

    BalasHapus
  69. Dapat disimpulkan dari bacaan tersebut bahwa Allah mengutus makhluk nya untuk menguji kesabaran manusia jika manusia itu sabar menghadapi cobaan tersebut maka Allah memberikan hadiah yaitu dengan menaikkan derajat hambanya.

    Nama:Amelia Jasmine
    Kelas : 10-1

    BalasHapus
  70. menurut aku , virus covid-19 ini ga bakal pernah bisa masuk ke tubuh kita kalo imunisasi tubuh kita , terus cuci tangan dengan teratur,dan dirumah aja. Dan juga jangan terlalu panik dengan ada nya virus ini , Karena ya kalo panik imunisasi tubuh kita jdi turun dan gampang masuk virus itu. Dan tetap jaga kebersihan ..


    Sari Suryani
    10aph3

    BalasHapus
  71. Upaya pencegahan penyebaran virus corona yang dapat kita lakukan yaitu sering mencuci tangan, menjaga pola makan yang sehat, rajin berolah raga, dan istirahat yang cukup. Selain itu kita juga harus tawakal dan bersabar.

    Anisa febriyani, X Aph 3

    BalasHapus
  72. Jngn lupa bersyukur serta dekatkan diri kepada Allah jaga kesehatan

    Anisadeaamalia xap1

    BalasHapus
  73. Sebagai manusia kita harus perbanyak mengaji dan sholat mendekatkan diri kepada Allah swt. Lalu sabar dan tawakal dalam menghadapi wabah ini.

    Nama : Mita Mardiyanti
    Kelas : X aph III

    BalasHapus
  74. Saya Adinda Nur Rahma yanti kls 10 aph 1 berpendapat bahwa dari virus yang sekarang terjadi ada banyak membawa manfaat salah satunya yaitu selalu menjaga kesehatan dan selalu mencuci tangan dan menyadarkan para masyarakat bahwa ini adalah teguran dari allah bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Sudah di jelaskan dari hadist Bukhari "Tidaklah allah menurunkan penyakit kecuali dia juga menurunkan penawarnya" ,penawarnya adalah alquran. Salah satu hal yang dilakukan nabi adalah Sabar, tawakal, dan optimis. Dengan kita selalu menjaga kebersihan kita bisa mencegah penularan rantai virus Corona ini.

    BalasHapus

  75. Harus berusaha dan berdoa supaya wabah virus ini supaya cepat berlalu dan ikuti himbauan dirumah saja agar kita bisa membantu dengan tidak meluasnya penularan wabah virus corona ini -Rizka la mawardina Xi2

    BalasHapus
  76. Cara menghadapinya jangan panik, jaga kesehatan, lebih mendekatkan diri kepada Allah, sabar, berdoa,stay at home dan jangan barbar :)

    -Muhammad Fabiansyah
    X aph 3

    BalasHapus
  77. Assalamulaikum wr. Wb
    Saya rifki ramadhan dari aph 1

    Dalam menghadapi musibah(virus corona) kita harus banyak berdoa, trs berbanyak hidup sehat, cuci tangan sebelum makan, berbanyak sabar supaya virus corona cepat hilang d muka bumi ini
    Terima masih

    BalasHapus
  78. Reja kurniawan
    X aph 3

    sesuatu yang menimpa kehidupan umat manusia, terutama musibah hakikatnya telah Allah tentukan. Dan, karena itu harus disikapi dengan sabar dan lapang dada. Jangan ada ungkapan yang semakin menjerumuskan diri pada kehinaan dan kemurkaan Allah Ta’ala.

    BalasHapus
  79. Menurut saya, mencegah lebih baik daripada mengobati jadi seharusnya kita pun mengurangi atau membatasi kegiatan di luar rumah harusnya #dirumahaja agar mengurangi penyebaran wabah ini. Lebih baik dirumah mengisi waktu dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    -Naufall 10 Aph 3

    BalasHapus
  80. Kita lebih sadar, dan bersyukur atas rantai kompleks dari produksi, pasokan, pemeliharaan, dan perawatan yang tanpanya masyarakat kita tidak bisa hidup. Yang paling penting, kita sekarang diingatkan bahwa kita memiliki, dan bahwa kita adalah, masyarakat global. Menjaga satu sama lain adalah hal yang memungkinkan spesies kita untuk bertahan hidup dan berkembang melawan segala rintangan.

    Cycilia Meyriesta Aroya
    X Aph 1

    BalasHapus
  81. Dengan adanya penyakit Covid-19 allah menunjukan bahwa tidak ada yang mustahil bagi allah jika allah berkehendak maka terjadi lah namun di balik semua ini pasti ada hikmahnya yaitu mendekatkan diri kepada allah,allah memberitahukan kepada semua umat manusia Harusss bersih

    Efren Wijaya Ganteng
    X-Aph 1

    BalasHapus
  82. Virus corona ini sangat cepat menyebar luas kepada semua manusia, dan dengan adanya virus ini kita bisa ambil hikmahnya karna dibalik semua virus ini yang sangat mendunia pasti ada hikmah dibalik semuanya,dan kita wajib menjalani apa yang di perintahkan oleh pemerintah agar berdiam diri dirumah selama virus ini,dan dengan virus ini kita harus lebih memperbanyak sholat dan berdoa agar bumi ini cepat pulih kembali dan kembali normal seperti dulu

    Zahra maulidya s
    XI aph 1

    BalasHapus
  83. dengan adanya wabah virus corona ini kita jadi lebih perbanyak lagi tawakal dan lebih perbanyak berdoa agar wabah virus corona ini cepat usai.

    Imelda Noviyanti
    XI aph 1

    BalasHapus
  84. Dengan terjadinya wabah penyakit Covid-19 ini kita bisa melihat secara nyata kebesaran Allah SWT, dan kita harus bersabar dan berserah diri Dalam menghadapinya, tidak lupa untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar kita.

    Fathir Abdillah Thariq
    X Aph 2

    BalasHapus
  85. Menurut saya, mencegah lebih baik daripada mengobati jadi seharusnya kita pun mengurangi atau membatasi kegiatan di luar rumah harusnya #dirumahaja agar mengurangi penyebaran wabah ini. Lebih baik dirumah mengisi waktu dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    Zakia Drajat
    X Aph 3

    BalasHapus
  86. Kaila C.N X APH 1
    Adanya virus corona ini membuat kita menjadi lebih menjaga kebersihan, lebih sabar dalam menghadapi masalah, lebih bersyukur karena dibalik sebuah masalah pasti akan ada manfaat yang diberikan Allah swt bagi para kaum nya.

    BalasHapus
  87. Untuk membuat orang rajin berdoa , memohon dan meminta ampunan dan meninggalkan dosa dan kesalahan Mereka


    Nur Azizah
    11aph2

    BalasHapus
  88. Karena virus Corona mengajarkan kita cara bersin, batuk dan menguap yang benar sebagaimana ajaran Rasulullah Saw.

    Sri Mulyani
    11aph2
    Numpang melalui teman ya pak

    BalasHapus