Minggu, 08 November 2020

MOTIVASI BAKTI ANAK UNTUK ORANGTUA

Seorang anak memiliki tanggungjawab kepada orangtuannya. Brrbuat baiklah kepada mereka tatkala masih hidup juga ketika mereka sudah meninggal. Menjadi harapan yang didambakan oleh setiap orangtua memiliki anak yang sholeh dan sholehah yakni anak yang berbakti kepada kedua orangtuanya.

Banyak cerita yang menggambarkan sikap dan perilaku anak yang tidak terpuji kepada orangtuanya yang pada akhirnya kehidupan yang dijalaninya tidak mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, begitupun sebaliknya banyak cerita tentang perilaku anak yang amat sangat mencintai dan menyayangi orangtuanya maka kehidupannya menjadi berkah yang diridhai oleh Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa motivasi yang bisa diambil sebagai rujukan agar di dalam jiwa anak senantiasa akan tumbuh semangat iklas untuk berbakti kepada kedua orangtuanya.

1. Ridha Allah itu karena ridha dari orangtuanya.

2. Sudah sekian lama kita merasakan buah dari tenaga, keringat dan air mata dari orangtua . Pengorbanan mereka hanyalah untuk kita.

3. Pada diri anak kadang terdapat air mata tanpa adanya kesedihan namun pada orangtua ada kesedihan tanpa air mata.

4. Buah itu jatuh tidak jauh dari pohonnya. Cara mudah menemukan apa bakat dan talentamu adalah dari  orang tua. Temukan apa yang mereka wariskan padamu

5. Tidak ada orangtua yang tidak merindukan anaknya ketika mereka jauh.

6. Pernahkah kita bertanya " Siapakah yang paling setia mendoakan kita dan paling tulus mencintai kebaikan untuk kita?" . Jawabanya  adalah Orang tua kita.

7. Jangan pernah menyakiti hati orangtuamu!

8. Jangan sia siakan kesempatan bersama dengan orangtua selagi mereka masih ada. berbuat baiklah kepada mereka.

9. Berbuat baiklah dengan tulus dan ikhlas kepada orangtua.

10. Berhati-hatilah ketika berbicara dengan orangtuamu. jaga lisan.

Mudah-mudahan bermanfaat. 

Selalu berdoa untuk orangtua. Moga dimudahkan jalan hidup kita. Aamiin.

# Guru Berkah

# Bamz Berkah

# Bakti Kepada Orangtua.

Bamz Berkah. Kebersamaan Keluargaku


71 komentar:

  1. Berbakti kpd orng tua sudah menjadi kewajiban kita sebagi anak, karna tanpa mereka kita tdk akn lahir kedunia ini, merekalah yg menyayangi, memberikan kasih sayang yg tdk akn pernah tergantikan, dlm Al Qur'an Allah ta'ala berfirman yang artinya "Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kalian kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Ku lah kalian kembali” [Luqman : 14]
    berbuat baik serta berbakti lah kpd orang tua, krna jka mereka sudah tdk ada, hidup ini bagaikan ruang yang hampa

    BalasHapus
  2. Doni Saputra 11 Aph 3

    BalasHapus
  3. Siti Rodiah XII Aph 1

    Bismillahirrahmanirrahin

    And your Lord has decreed that you not worship except Him, and to parents, good treatment. Whether one or both of them reach old age while with you, say not to them so much as, “uff” and do not repel them but speak to them a noble word. – (Q.S Al-Isra’: 23)

    Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain-Nya dan hendaklah kamu berbuat baik pada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya mencapai umur lanjut dalam penjagaanmu, maka sekali-kali jangan kamu katakan kepada keduanya perkataan “ah” dan jangan kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. – (Q.S Al-Isra’: 23)

    Love your parents. We are so busy growing up, we often forget they are also growing old.

    Cintai kedua orang tuamu. Kita begitu sibuk tumbuh dewasa, tapi kita sering lupa bahwa mereka juga bertambah tua.

    BalasHapus
  4. Ketika kita semua kecil, segala keperluan ditanggung oleh orangtua. Mulai dari harta yang dikeluarkan orangtua hingga rasa lelah yang tiada tara, jasanya tak dapat diukur dengan apa pun. Di Zaman sekarang banyak sekali orang tua yang diterlantarkan oleh anaknya.
    Maka dari itu, jika kita telah memiliki rezeki yang lebih, wajib untuk berbagi pada orangtua dan memberi kehidupan yang layak serta menafkahi orangtua walaupun setelah menikah.


    Melinda Apriyani
    XI aph 1

    BalasHapus
  5. Saya setuju dengan apa yang telah disampaikan oleh pak Bambang, sebagai anak sudah keharusan kita untuk membahagiakan kedua orang tua kita, beliau juga selalu berusaha agar kebutuhan kita terpenuhi, oleh karena itu sebaiknya kita juga menjadi anak yang berguna untuk kedua orang tua kita dan harus membuatnya bahagia, jangan sampai kita menjadi beban dan tak peduli pada mereka.

    BalasHapus
  6. Saya setuju dengan apa yang telah disampaikan oleh pak Bambang, sebagai anak sudah keharusan kita untuk membahagiakan kedua orang tua kita, beliau juga selalu berusaha agar kebutuhan kita terpenuhi, oleh karena itu sebaiknya kita juga menjadi anak yang berguna untuk kedua orang tua kita dan harus membuatnya bahagia, jangan sampai kita menjadi beban dan tak peduli pada mereka.

    Nama
    RAFLY VALENCIA

    Kelas
    XI APH 1

    BalasHapus
  7. Amara Destiana XI aph 3


    Kewajiban anak ialah menaati dan mematuhi kedua orang tuanya, karna jika seorang anak slalu patuh terhadap orang tuanya InsyaAllah Ridho Allah akan selalu turun kepadanya. Dan sebaliknya jika anak itu melawan atau tidak patuh pada orang tuanya Allah pun tidak akan memberikan jalan ridho kepada anak tersebut.

    BalasHapus
  8. Amara Destiana XI aph 3


    Kewajiban anak ialah menaati dan mematuhi kedua orang tuanya, karna jika seorang anak slalu patuh terhadap orang tuanya InsyaAllah Ridho Allah akan selalu turun kepadanya. Dan sebaliknya jika anak itu melawan atau tidak patuh pada orang tuanya Allah pun tidak akan memberikan jalan ridho kepada anak tersebut.

    BalasHapus
  9. Berbakti kepada orang tua bukanlah hal berat seperti yang dilakukan oleh orang tua kita. Kita hanya perlu untuk selalu bertutur kata dengan lemah lembut serta hormat kepada mereka. Berbakti juga tidak hanya dengan perkataan, namun juga dengan perbuatan yakni dengan membantu dan mempermudah urusan orang tua serta tak pernah membantah apabila disuruh oleh mereka

    Alya shalsa bila
    XI Aph 1

    BalasHapus
  10. Kewajiban anak ialah menaati dan mematuhi kedua orang tuanya, karna jika seorang anak slalu patuh terhadap orang tuanya InsyaAllah Ridho Allah akan selalu turun kepadanya. Di Zaman sekarang banyak sekali orang tua yang diterlantarkan oleh anaknya.
    Maka dari itu, jika kita telah memiliki rezeki yang lebih, wajib untuk berbagi pada orangtua dan memberi kehidupan yang layak serta menafkahi orangtua walaupun setelah menikah

    Nama: zakia drajat
    kelas: XI aph 3

    BalasHapus
  11. Seorang anak memang wajib berbakti kepada orang tua, karena orang tua sudah berjuang agar kebutuhan kita terpenuhi dan sebagai anak kita tidak boleh membantah dan membentak orang tua.


    Denis Nuansa Simponi
    XI Aph 3

    BalasHapus
  12. Orang tua adalah pintu surga yang paling baik. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya” (HR. Tirmidzi). Penegasan kata ‘paling baik’ di atas seakan-akan ingin menunjukkan kepada kita akan pentingnya berbuat baik dan berbakti kepada orang tua. Al-Qâdhi dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi bi Syarhi Jâmi’ at-

    XI aph 1
    Sherlin R.A

    BalasHapus
  13. Orang tua adalah guru terbaik seumur hidup. Kita bisa sukses, karena doa dari orang tua. Jadi kita harus menjadi anak yang baik untuk mereka, kita harus bisa membanggakan, dan jangan pernah membantah atau menyakitinya. Semua artikel yang di tulis pak bams saya setuju. Semoga allah mengampuni dosa orang tua saya


    Nama : Ahmad Bawazair
    Kelas : XI aph I

    BalasHapus
  14. Saya setuju dengan apa yang Pak bambang sampaikan, dengan kita berbakti kepada kedua orang tua Kita maka ridha allah selalu menyertai Kita, jangan pernah sekali sekali membuat orang tua Kita menangis sungguh jika terjadi maka Kita dalam dosa yang besar, buatlah kedua orang tua Kita bangga, orang tua tidak pernah meminta imbalan apapun kepada anaknya ia hanya ingin melihat anaknya sukses didunia maupun diakhirt kelak

    Ririn Aryanti 11 Aph 3

    BalasHapus
  15. Nama : MULYANI SOLIHAT
    Kelas : 11 aph 1

    Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban sebagai anak, jadi kita sebagai anaknya haru menghormati dan menyayangi kedua orang tua, meskipun seandainya kedua orang tuanya adalah non muslim. Setiap muslim wajib mentaati setiap perintah dari keduanya selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan perintah Allah.

    BalasHapus
  16. Nama : MULYANI SOLIHAT
    Kelas : 11 aph 1

    Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban sebagai anak, jadi kita sebagai anaknya haru menghormati dan menyayangi kedua orang tua, meskipun seandainya kedua orang tuanya adalah non muslim. Setiap muslim wajib mentaati setiap perintah dari keduanya selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan perintah Allah.

    BalasHapus
  17. Revandy
    XII Aph 1

    Berbakti kepada kedua orang tua (birrul walidain) merupakan naluri dan fitrah setiap manusia. Sebab dalam jiwa dan setiap orang tertanam sifat cinta dan hormat kepada kedua orang tuanya atau ayah ibunya. Sebab kedua ibu bapaknyalah yang menjadi sebab kehadiran setiap orang ke dunia ini.

    BalasHapus
  18. Berbaktilah kepada orang tua karena kewajiaban sebagai anak dan Kebahagiaan kedua orang tua merupakan tolak ukur kesuksesan anda sebagai seorang anak

    Padia pitri anurahmawati 12 aph 1

    BalasHapus
  19. Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban bagi setiap anak. Seorang anak, meskipun telah berkeluarga, tetap wajib berbakti kepada kedua orang tuanya. Kewajiban ini tidaklah gugur bila seseorang telah berkeluarga. Namun sekarang banyak anak yang sudah berkeluarga lalu mereka meninggalkan kedua orang tuanya dalam keadaan susah. Kita sebagai anak seharusnya Selalu taat kepada semua perintah orang tua misalnya membantu pekerjaannya,Berusaha sebisa mungkin agar jangan membantah,jangan mengucapkan kata 'ah', Berkata kepada keduanya dengan perkataan yang lemah lembut,selalu menghormatinya serta doakan mereka saat masih hidup maupun saat sudah meninggal. Karena Ridha Allah bergantung kepada keridhaan orang tua dan murka Allah bergantung kepada kemurkaan orang tua.


    Sinta Cahya Qoriah
    XI Aph y

    BalasHapus
  20. siti soviah,12-1
    Allah tlh menyertakan kewajiban berbakti kpd orang tua setelah penyebutan kewajiban ibadah kepadanya semata, tanpa kpd yang selainnya. Sgt banyak ayat-ayat yg menerangkan utk berbakti kpd kedua orang tua yang berarti menghormati kedua orang tua sangatlah utama, begitu juga dengan hadits sangatlah banyak riwayat yang menjelaskan tentang keutamaan birrul walidain. Makna birul walidan itu sendiri merupakan berbuat baik kpd kedua orang tua, dgn melaksanakan semua perintahnya.

    BalasHapus
  21. Berbakti kepada orang tua itu sudah kewajiban kita sebagai anak.jadi kita harus ingat perjuangan orang tua jangan mengecewakan mereka,harus selalu menyayangi dan menghormati orang tua jangan melawan kepada orang tua,selalu taat dan patuh terhadap apa yang telah diberikan kepada kita, ridha allah bergantung kepada ridhanya orang tua,jika tidak ada orang tua maka tidak ada kita dan semoga saya dan kedua orang selalu di beri semangat itu beribadah kepada allah swt.


    Nama:yandi radika
    Kelas:XI aph 3

    BalasHapus
  22. sebagai seorang anak harus berbakti kepada kedua orang tua dan harus menghormati mereka karena itu adalah kewajiban seorang anak

    ERSA PUTRI V
    XI APh 1

    BalasHapus
  23. Fathir ABDILLAH THARIQ
    Xi Aph 2




    Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua kita harus selalu hormat dan berbakti kepada orang tua dan juga selalu menjunjung tinggi derajat orang tua.
    "Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri." QS an-Nisa’ : 36

    BalasHapus
  24. Kaila Cahyati Nursasanti
    XI APH 3
    Berbaktilah kepada ke dua orang tua karena doa orang tua akan selalu mengiringi setiap perjalanan hidup anaknya.

    BalasHapus
  25. Berbaktilah kepada ke dua orang tua karena doa orang tua akan selalu mengiringi setiap perjalanan hidup anaknya.
    Kaila Cahyati N.
    XI APH 3

    BalasHapus
  26. Sebagai anak, kita harus selalu berbuat baik kepada kedua orangtua, karena kelak di balik kesuksesan seseorang terdapat ridha orangtua...
    ICHSAN RICO WIJAYA (XI-2)

    BalasHapus
  27. Sebagai anak, kita harus selalu berbuat baik kepada kedua orangtua, karena kelak di balik kesuksesan seseorang terdapat ridha orangtua...
    ICHSAN RICO WIJAYA (XI-2)

    BalasHapus
  28. Cintai kedua orang tuamu. Kita begitu sibuk tumbuh dewasa, tapi kita sering lupa bahwa mereka juga bertambah tua.

    Hal terindah di dunia ini adalah ketika melihat kedua orang tuamu tersenyum dan mengetahui bahwa kamu adalah alasan di balik senyuman itu.

    Tidak ada manusia di bumi yang bisa mencintaimu lebih dari kedua orang tuamu.
    -Cycilia Meyriesta Aroya XI Aph 3

    BalasHapus
  29. Berbakti lah kepada orang tua karena tanpa orang tua kita tidak akan pernah lahir di dunia ini dan di setiap langkah orang tua itu adalah doa untuk kita.
    -Cahya Alipia , 11-2

    BalasHapus
  30. Berbakti kepada orang tua itu wajib, kita bisa mendapatkan pahala dan ridha Allah, meskipun orang tua kita sudah tidak ada kita harus tetap berbakti kepadanya yaitu dengan cara mendoakan nya, seperti yang sudah dijelaskan banyak motivasi untuk berbakti kepada orang tua, untuk itu kita harus tetap dan selalu berbakti kepada orang tua dan selalu menyayangi mereka.



    Siti Hosniyeh
    XII Aph 1

    BalasHapus
  31. Berbakti kepada orang tua itu wajib, kita bisa mendapatkan pahala dan ridha Allah, meskipun orang tua kita sudah tidak ada kita harus tetap berbakti kepadanya yaitu dengan cara mendoakan nya, seperti yang sudah dijelaskan banyak motivasi untuk berbakti kepada orang tua, untuk itu kita harus tetap dan selalu berbakti kepada orang tua dan selalu menyayangi mereka.



    Siti Hosniyeh
    XII Aph 1

    BalasHapus
  32. “Ridha Rabb tergantung ridha orang tua, dan murka Allah tergantung murka orang tua”. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban, dishahihkan oleh Syekh Al-Albani).
    berbakti kepada orang tua adalah hal yang sangat penting kita utamakan, banyak sekali motivasi untuk slalu berbakti kepada orang tua, oleh karena itu kita harus bisa membahagiakan orang tua.

    Nasywa Shabirah Balqis
    XI Aph 3

    BalasHapus
  33. Sebagai anak seharusnya kita patuh dan berbakti kepada orang tua. Mereka tak kenal lelah untuk mencari nafkah untuk seorang anak dan keluarganya. Kedua orang tua kita pun rela melakukan apapun untuk anaknya demi melihat anaknya bahagia, meski pun jasa kedua orang tua tidak bisa kita balas. Setidaknya kita bisa menghormati dan menghargai atas kerja kerasnya. Jika seorang anak berbakti dan menghormati kedua orang tua. Hidup seorang anak akan di mudahkan karna ridanya seorang orang tua


    Adinda Nur Rahma Yanti
    XI APH 2

    BalasHapus
  34. Orang tua kita adalah tiket surga yang paling dekat dengan kita, yang paling murah, yang paling mudah.


    Salsa Nandita Alzahra (11 Aph 1)

    BalasHapus
  35. Mengingat banyak dan besarnya pengorbanan serta kebaikan orang tua terhadap anak dari kecil hingga dewasa, seorang anak memiliki kewajiban yaitu berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua dapat dilakukan dengan berbagai macam cara yaitu selalu mendoakan, bersikap sopan, dan tidak meninggikan suara saat berbicara dengan mereka.

    Anisa febriyani
    XI aph 2

    BalasHapus
  36. “Puluhan tahun sampai saat ini kita hisap tenaga, keringat, air mata orang tua. mereka sampai rela berkorban nyawa mempertaruhkan hidupnya, hanya untuk kita.”

    berbaktilah kepada orangtua, taatlah kepada orangtua, bahagiakan mereka. selagi mereka masi ada di dunia ini, sempatkanlah waktu untuk mereka. dan jangan terlalu sibuk dengan 'diri' kita sendiri.

    M U H A M M A D
    F A B I A N S Y A H
    11 APh 3

    BalasHapus
  37. Defika Zahra Oktari
    12 aph 1

    Berbakti kepada orang tua sudah semestinya dilakukan seorang anak. Keutamaan berbakti kepada orang tua dijelaskan dalam Tafsir Ibnu Katsir (2/298). Di situ disebutkan bahwa menghormati orang tua merupakan hal yang penting dilakukan. Sebab, anak bisa lahir ke dunia karena kedua orang tua.

    Allah SWT juga menempatkan kalimat kedua orang tua (walidain) setelah kata perintah keesaan kepada Allah, seperti Quran surat Luqman ayat 14 :

    Artinya: dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

    Bahagiakan kedua orang tua selagi kita masih bisa melihat senyuman di wajah mereka secara langsung. Karena hidup hanya sekali, maka jangan membuang waktumu untuk hal-hal yang dapat menyakiti mereka.

    BalasHapus
  38. Kewajiban seorang anak adalah menaati dan berbakti kepada orangtua,mentaati kedua orang tua dalam semua apa yang mereka perintahkan, selama tidak bermaksiat kepada Allah harus kita laksanakan.

    INDRI PUSPITA SARI
    XI APH 3

    BalasHapus
  39. berbakti kepada orangtua memang sudah menjadi kewajiban untuk seorang anak. karena disaat kita merasakan ketakutan, sudah berusaha tetapi gagal, merasa kesepian. disitulah peran orangtua yang selalu ikhlas menjadi rumah bagi anaknya, memberi pelukan hangat, menguatkan dan selalu mendengarkan keluh kesah kita. maka dari itu kita harus inisiatif sendiri untuk membantu orang tua, tidak boleh memaksakan orangtua untuk selalu menuruti keinginan kita, jadi doakan selalu orang tua, dan menjadi anak yang menyenangkan untuk orangtua, selalu berterimakasih kepada orang tua.


    -Annisa A Fatihah-
    12 aph 1

    BalasHapus
  40. Dalam suatu hadits shahih yang diriwayatkan sahabat Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut berbuat baik kepada kedua orang tua sebagai salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah. Oleh karna itu kita sebagai anak Sudah seharusnya selalu berbakti kpda orang tua kita, tidak boleh melawan tidak boleh Durhaka kepadanya.

    BalasHapus
  41. Kita sebagai anak yang baik, kita harus terus berbakti kepadanya,, karna apa? orang tua lah yang selalu banting tulang kerja demi kita sekolah dan juga makan sehari hari,,kita sebagai anak nya trus berdoa akan kesehatan orang tua, kita sebagai anak seharus nya lebih membantu beban orang tua,, karna orang tua kita juga bisa lelah,, kita sebagai anak nya wajib lah membantu, berkat mereka kita bisa sepintar ini, kita di sekolah kan oleh beliau, kita di ajarkan hal hal yang positif dan juga berkat dukungan mereka kita jadi rajin dan semangat sekolah,,,selagi masih ada mereka, sayangi lah mereka berbaktilah kepada mereka, dan juga turuti apa kata mereka selagi itu positif, buatlah mereka bahagia jadilah anak yang patut kepada orang tua sesungguh nya surga ada di telapak kaki ibu, jangan lah sesekali kamu durhaka kepada nya sesungguh nya allah benci orang yang durhaka kepada orang tua nya.

    -Arvibia p.
    -11 aph 2

    BalasHapus
  42. Kita sebagai anak yang baik, kita harus terus berbakti kepadanya,, karna apa? orang tua lah yang selalu banting tulang kerja demi kita sekolah dan juga makan sehari hari,,kita sebagai anak nya trus berdoa akan kesehatan orang tua, kita sebagai anak seharus nya lebih membantu beban orang tua,, karna orang tua kita juga bisa lelah,, kita sebagai anak nya wajib lah membantu, berkat mereka kita bisa sepintar ini, kita di sekolah kan oleh beliau, kita di ajarkan hal hal yang positif dan juga berkat dukungan mereka kita jadi rajin dan semangat sekolah,,,selagi masih ada mereka, sayangi lah mereka berbaktilah kepada mereka, dan juga turuti apa kata mereka selagi itu positif, buatlah mereka bahagia jadilah anak yang patut kepada orang tua sesungguh nya surga ada di telapak kaki ibu, jangan lah sesekali kamu durhaka kepada nya sesungguh nya allah benci orang yang durhaka kepada orang tua nya.

    -Arvibia p.
    -11 aph 2

    BalasHapus
  43. Berbakti kepada Orang Tua adalah suatu kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai seorang anak.

    Nama : M.Ghufran
    Kelas : XII Aph 1

    BalasHapus
  44. Berbakti kepada orangtua adalah kewajiban dan keharusan bagi setiap anak. Tidak hanya berbakti kitapun harus menghormati dan berbuat baik kepada orangtua dengan cara tidak boleh membantah apapun yang dikatakan orangtua selagi itu hal yang baik untuk kita, selalu meminta ridha orangtua untuk melakukan segala sesuatu karna ridha orangtua adalah ridhanya allah swt.

    -firda azzahrah 12 aph 2

    BalasHapus
  45. Kita sebagai anak harus berbakti kepada orang tua karna Ridha Allah terletak pada Ridha orang tua oleh sebab itu kita harus berbakti kepada orang tua kita agar Allah senantiasa meridhai kita.

    Siti nur anisa 12 aph 2

    BalasHapus
  46. Nama : Indria Rahmawati Aprillia
    Kelas : 12 aph 2

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

    وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَنْ أَصْبَحَ وَلَهُ أبَوَانِ رَاضِيَانِ عَنْهُ أَوْ أَحَدُهُمَا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الجَنَّةِ وَمَنْ أمْسَى وَلَهُ أَبَوَانِ سَاخِطَانِ عَلَيْهِ أَوْأحَدُهُمَا فُتِحَتْ لَهُ أبْوَابُ جَهَنَّمَ}.

    Nabi saw. bersabda, “Siapa yang dipagi hari kedua orang tuanya atau salah satunya ridha padanya maka pintu-pintu surga telah dibuka untuknya dan siapa yang di sore harinya kedua orang tuanya atau salah satunya marah (benci) padanya, maka pintu-pintu neraka jahannam telah dibuka untuknya.”

    Pelajaran yang dapat diambil dari ayat di atas:
    1. Allah berwasiat kepada manusia agar berbakti kepada kedua orang tua mereka dengan sebaik-baiknya khususnya kepada ibu.
    2. Berbuat baiklah kepada orang tua mu dalam segala bentuk apapun.
    3. Pengorbanan seorang ibu yang luar biasa kepada anak mulai dari mengandung, melahirkan dan menyusui.

    Menjaga adab-adab kepada kedua orang tua diantaranya adalah:
    1. Melaksanakan perintah keduanya selama tidak bertentangan dengan syariat islam
    2. Berbicara yang baik & sopan kepada mereka
    3. Menampakkan senyuman & ekspresi ceria di depan mereka
    4. Memandang mereka dengan penuh kasih sayang & hormat
    5. Segera memenuhi panggilan mereka.

    Sekian yang dapat saya simpulkan dari materi diatas,Wassalamualaikum.

    BalasHapus
  47. jika ingin hidup jadi berkah maka kita harus mendapatkan ridha dari orang tua, karna ridha allahh terletak pada ridha orang tua, maka dari itu kita sebagai anak harus menghormati dan berbakti pada orng tua jangan sampe hati orang tua tersakiti oleh sikap dan ucapan kita.

    iyul surnianti 12 aph2

    BalasHapus
  48. Nama : Nugi.K
    Kelas: XII.Aph.2

    Jerit, tangis, tenaga dari seorang ibu tidak akan bisa terbalaskan jasanya, ketika melahirkan anaknya yang merupakan buah hatinya penuh dengan pengorbanan hidup dan nyawa taruhannya.
    (Nugi.K) seperti halnya yang di tegaskan oleh baginda nabi sayyiduna Muhammad Saw (Rasulullah Saw).

    Rasulullah SAW dalam hadits nya yang berasal dari pertanyaan seorang sahabat. "Ya Rasul, siapakah orang yang harus aku hormati di dunia ini." Rasul menjawab, "Ibumu." Kemudian dia bertanya lagi, "Lalu siapa?" Rasul menjawab, "Ibumu." "Kemudian lagi, ya Rasul," tanya orang itu. "Rasul menjawab, "Ibumu." Lalu, laki-laki itu bertanya lagi; "Kemudian, setelah itu siapa, ya Rasul?" "Bapakmu," jawab Rasulullah.

    Dari hadits tersebut secara jelas, kita semua wajib menghormati lebih tinggi sosok ibu di dunia ini. itulah pentingnya setiap anak memberikan rasa hormat dan patuh ke pada kedua orang tuanya, terutama ibunya.

    BalasHapus
  49. Selalu taat kepada semua perintah orang tua. Selama mereka tidak memerintahkan hal-hal yang mengandung unsur dosa dan maksiat. Bila mereka memerintahkan berdosa, menolak pun harus dengan lemah lembut dan penuh pengertian. Bila memerintah hal yang baik harus segera dikerjakan meski sedang sibuk melakukan sesuatu. Sebagaimana dicontohkan oleh seorang ulama besar yang sedang memberikan ceramah di hadapan ribuan orang. Lalu ada seseorang datang dan berbisik bahwa ibunya memerintahkan ulama tersebut pulang sebentar untuk memberi makan ayam. Maka sang ulama meminta izin pada jama’ah untuk pulang memberi makan ayam seperti yang ibunya perintahkan. Setelah ibunya puas, ulama tadi kembali ke mimbar dan meneruskan ceramahnya.

    12 Aph 2

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Kita sebagai anak harus berbakti kepada kedua orang tua agar hidup kita menjadi berkah dan diridhai oleh Allah SWT,karena Ridha Allah itu dari orang tuanya.Kita juga harus menjaga lisan ketika berbicara,dan sikap yang sopan dengan orang tuanya

    Libela Agustine
    VIII B

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Berbakti kepada orang tua adalah sudah menjadi kewajiban kita sebagai anak nya,Karna jika seorang anak selalu berbakti kepada kedua orang tua nya insyaallah ridho Allah akan selalu turun kepada nya.kita sebagai anak harus berbakti kepada orng tua jangan sampai hati orang tua tersakiti oleh sikap dan ucapan kita.

    Keumala Fatiha
    VIII B

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh

    sudah sepantasnya bahwa kita berbakti kepada orang tua dan memberikan yg terbaik kepada mereka.Bakti seorang anak kepada kedua orang tuanya akan mengundang ridha kedua orang tua kepada anak. Sementara ridha kedua orang tua terhadap anak merupakan penuntun seorang anak mendapat ridha Allah SWT. Maka dari itu, sayangi dan hormatilah orang tua supaya mendapatkan keberkahan dari Allah dan dapat menjalani hidup dgn bahagia


    Frisca Kirana
    8C

    BalasHapus
  53. SalmaMaharani
    12 aph 2

    ' Berbakti kepada orang tua sudah menjadi kewajiban kita sebagai anak, kita tidak boleh durhaka kepada orangtua karena tanpa adanya orangtua kita mungkin tidak ada di dunia ini, kunci keberhasilan&kesuksesan itu berada didoa orangtua jadi jangan lah sesekali kurang ajar terhadap orang tua, sayangilah orangtua karena jika orangtua sudah tiada kita akan selalu merasa menyesal telah kehilangan

    BalasHapus

  54. Berbakti kepada orang tua adalah keeajiban Kita sebagai anak , Kita tidak boleh membantah dan bersikap tidak sopan terhadap orang tua .
    Orang tua Kita telah bersusah payah membesarkan kita dengan penuh kasihsayang jadi alangkah baiknha kalo kita dapat membalas kebaikan mereka , mungkin tidak/belom bisa dengan uang tapi kita bisa membalasnya dengan selalu menurut dan tidak membantah


    Aurayna Batista 10 APH 1

    BalasHapus
  55. Sebagai anak yang baik,berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban kita sebagai anak,ridho allah adalah ridho orang tuanya,sayangi dan hormatilah orang tua supaya mendapat keberkahan hidup


    GHINA NUR APRILA X APH 1

    BalasHapus
  56. Berbakti kepada orang tua emng sudah menjadi kewajiban sebagai anak karena dia sudah mengasuh kita dari kecil hingga besar(dewasa)oleh karena itu kita tidak boleh melawan orang tua karena ridhonya Allah ada pada ridhonya orang tua
    Najwan Naufal Hakim 10 aph2

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Berbakti kepada orang tua adalah sudah menjadi kewajiban kita sebagai anak nya,Karna jika seorang anak selalu berbakti kepada kedua orang tua nya insyaallah ridho Allah akan selalu turun kepada nya.kita sebagai anak harus berbakti kepada orng tua jangan sampai hati orang tua tersakiti oleh sikap dan ucapan kita karena murkanya orangtua adalah murkanya Allah SWT.
    Zidan Maulana X-Ap2

    BalasHapus
  58. Assalamualaikum wr.wb...cinta orang tua sangatlah besar terhadap anaknya. Cinta orang tua tidak akan Pernah terbalaskan dengan cara apapun itu.maka dari itu kita sebagai anak setidaknya kita harus selalu berusaha untuk terus bisa membahagiakan kedua orang tua kita, misalnya dengan cara yang tulus belajar hingga bekerja dan berhasil sukses.karena jasa yang sudah diberikan orang tua kepadamu akan selalu kamu kenang.hinga akhir hayat.hanya mereka orang yang akan selalu sayang kepadamu selamanya.tidak ada manusia yang sangat mencintai kita hingga saat ini kecuali kedua orang tua kita.begitupun doa orang tua adalah ridho dari Allah SWT.karena doa orang tua adalah kunci dari kesuksesan anak.ayah adalah cinta pertama anak perempuan nya yang takkan mengkhianati apalagi menyakiti anaknya.jgn pernah menyakiti hati seorang ibu juga karena apabila kita gores hati ibu kita, surga bukan milikmu.


    Janganlah engkau sia siakan kesempatan bersama orang tua selagi mereka masih ada di samping kita...



    Nama:Ainun Mardiah
    Kelas:10Aph 1

    BalasHapus
  59. Nama: MUHAMMAD RIZKY HIDAYAH
    kelas :

    BalasHapus
  60. Nama:Eka Oktaviani
    Kelas:X-Aph 2

    MOTIVASI BAKTI ANAK UNTUK ORANGTUA
    Sebagai seorang anak memiliki tanggung jawab kepada orang tuanya.menjadi anak yang sholeh dan sholehah serta selalu berbakti kepada orang tua adalah hal yang ingin/di harapkan oleh setiap orang tua.
    Jika kita ingin kehidupan ini menjadi berkah yang di ridhai oleh ALLAH SWT,maka cintai dan sayangilah orang tua ,karena ridha ALLAH itu karena ridha dari orang tua.

    BalasHapus
  61. Terima kasih kepada semuanya yang telah memberikan tanggapan komentarnya. Semoga tanggapankomentar yang kalian sampaikan adalah dilatarbelakangi oleh kecintaan dan rasa sayang kalian kepada orangtua. Aamiin

    BalasHapus
  62. Nama :MUHAMMAD RIZKY HIDAYAH
    kelas :x Aph-1

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

    وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَنْ أَصْبَحَ وَلَهُ أبَوَانِ رَاضِيَانِ عَنْهُ أَوْ أَحَدُهُمَا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الجَنَّةِ وَمَنْ أمْسَى وَلَهُ أَبَوَانِ سَاخِطَانِ عَلَيْهِ أَوْأحَدُهُمَا فُتِحَتْ لَهُ أبْوَابُ جَهَنَّمَ}.

    Nabi saw. bersabda, “Siapa yang dipagi hari kedua orang tuanya atau salah satunya ridha padanya maka pintu-pintu surga telah dibuka untuknya dan siapa yang di sore harinya kedua orang tuanya atau salah satunya marah (benci) padanya, maka pintu-pintu neraka jahannam telah dibuka untuknya.”

    Pelajaran yang dapat diambil dari ayat di atas:
    1. Allah berwasiat kepada manusia agar berbakti kepada kedua orang tua mereka dengan sebaik-baiknya khususnya kepada ibu.
    2. Berbuat baiklah kepada orang tua mu dalam segala bentuk apapun.
    3. Pengorbanan seorang ibu yang luar biasa kepada anak mulai dari mengandung, melahirkan dan menyusui.

    Menjaga adab-adab kepada kedua orang tua diantaranya adalah:
    1. Melaksanakan perintah keduanya selama tidak bertentangan dengan syariat islam
    2. Berbicara yang baik & sopan kepada mereka
    3. Menampakkan senyuman & ekspresi ceria di depan mereka
    4. Memandang mereka dengan penuh kasih sayang & hormat
    5. Segera memenuhi panggilan mereka.

    Sekian yang dapat saya simpulkan dari materi diatas,Wassalamualaikum.

    BalasHapus
  63. Seorang anak memiliki tanggung jawab kepada orangtuannya.Menjadi harapan yang didambakan oleh setiap orangtua memiliki anak yang sholeh dan sholehah yakni anak yang berbakti kepada kedua orangtuanya. Maka dari itu kita sebagai anak setidaknya kita harus selalu berusaha untuk terus bisa membahagiakan kedua orang tua kita.


    Nama:Rura Azahra Pratama
    Kelas:X-AP2

    BalasHapus
  64. Assalamualaikum wr wb
    Dihari Jumat yang berbahagia ini semoga Kita semua mendapatkan ridho dari Allah SWT
    Kita sebagai anak harus berbakti pada orang tua Kita karena orang tua kita telah membesarkan kita, merawat kita, mengajari kita, dan menyayangi kita. Seorang anak tidak boleh berperilaku tidak terpuji terhadap orang tua karena ridho Allah merupakan ridho orang tua juga. sayangilah kedua orang tua kita terutama untuk ibu karena surga berada ditelapak kaki Ibu cintai ibumu cintai bapakmu. Ibu adalah seorang bidadari Tak bersayap Ia akan melakukan apapun untuk anaknya. dan ayah, ayah memang tidak mengandung kita tapi ayah bekerja keras banting tulang mencari nafkah agar keluarganya menjadi sejahtera.

    Muhammad Bandi Muliyawan
    XAPH-1

    BalasHapus
  65. Saya sangat setuju dengan apa yg disampaikan oleh pak bambang,Kewajiban anak ialah menaati dan mematuhi kedua orang tuanya, karna jika seorang anak slalu patuh terhadap orang tuanya InsyaAllah Ridho Allah akan selalu turun kepadanya


    Nama: DIAN BUNGA LESTARI
    Kelas: X APH 2

    BalasHapus
  66. Kewajiban seorang anak yaitu memiliki tanggung jawab kepada orangtuannya.Menjadi harapan yang didambakan oleh setiap orangtua memiliki anak yang sholeh dan sholehah yakni anak yang berbakti kepada kedua orangtuanya. Maka dari itu kita sebagai anak setidaknya kita harus selalu berusaha untuk terus bisa membahagiakan kedua orang tua kita

    Desita salsabila
    X APH1

    BalasHapus
  67. Berbakti kepada kedua orang tua (birrul walidain) merupakan naluri dan fitrah setiap manusia. Sebab dalam jiwa dan setiap orang tertanam sifat cinta dan hormat kepada kedua orang tuanya atau ayah ibunya. Sebab kedua ibu bapaknyalah yang menjadi sebab kehadiran setiap orang ke dunia ini.

    Meskipun demikian dalam Islam berbakti kepada kedua orang tua memiliki kedudukan yang mulia. Banyak keterangan dari Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menunjukkan keutamaan berbakti kepada kedua orang tua.
    Siti maharani anjanni putri prama 10APH2

    BalasHapus
  68. Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu amalan yang paling utama yang diajarkan dalam islam.dan kita Seorang seorang anak memiliki tanggung jawab besar kepada orang tua kita. Salah satu bentuk bahwa kedua orang tua kita bangga kepada kita yaitu dengan kita berbakti kepada orang tua kita.
    Dinda Aulya
    10 Ap1

    BalasHapus
  69. assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh, Saya setuju dengan pak bambang. kita wajib berbakti kepada orang tua karena merupakan salah satu amalan paling utama yang diajarkan dalam islam, itupun merupakan salah satu kewajiban besar bagi seorang anak. kita harus menyayangi dan membanggakan kedua orang tua kita, ibu maupun ayah. karena tanpa mereka, kita tidak akan lahir ke dunia ini.

    Shazna Faradilla A
    X APH 2

    BalasHapus
  70. Berbakti kepada orang tua adalah sudah menjadi kewajiban kita sebagai anak nya,Karna jika seorang anak selalu berbakti kepada kedua orang tua nya insyaallah ridho Allah akan selalu turun kepada nya.kita sebagai anak harus berbakti kepada orng tua jangan sampai hati orang tua tersakiti oleh sikap dan ucapan kita karena murkanya orangtua adalah murkanya Allah SWT.
    Dwi Ryani Putri
    X Aph1

    BalasHapus
  71. Sebab berbakti kepada orang tua adalah yang paling utama apalagi berbakti kepada orang tua merupakan tiket menuju surga. Karena orang tua adalah paling pertengahan dari pintu-pintu surga. Sri Mulyani 12 aph 1.

    BalasHapus