EVADIR AKREDITASI SMK WINDIAN NUGRAHA
2021/2022
A.BUTIR KINERJA INTI
|
MUTU LULUSAN |
||
BUTIR INSTRUMEN |
PERTANYAAN INSTRUMEN |
SKOR YANG DICAPAI |
TOTAL NILAI |
1 |
Siswa menunjukkan perilaku disiplin dalam berbagai situasi. |
4 |
43 |
2 |
Siswa menunjukkan perilaku religius dalam aktivitas di sekolah/
madrasah. |
4 |
|
3 |
Siswa menunjukkan perilaku tangguh dan bertanggung jawab dalam
aktivitas di sekolah/madrasah. |
4 |
|
4 |
Siswa terbebas dari perundungan (bully) di sekolah/madrasah. |
4 |
|
5 |
Siswa menunjukkan keterampilan berkomunikasi sesuai karakteristik
keterampilan abad ke-2 |
4 |
|
6 |
Siswa menunjukkan keterampilan berkolaborasi sesuai karakteristik
keterampilan abad ke-21. |
4 |
|
7 |
Siswa menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah
sesuai karakteristik abad ke-21. |
4 |
|
8 |
Siswa menunjukkan keterampilan kreativitas dan inovasi sesuai
karakteristik keterampilan abad ke-21. |
4 |
|
9 |
Siswa menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri dan berkreasi dalam
kegiatan pengembangan minat dan bakat. |
4 |
|
10 |
Siswa menunjukkan peningkatan prestasi belajar. |
4 |
|
11 |
Pemangku kepentingan (stakeholders) puas terhadap mutu lulusan
sekolah/madrasah. |
3 |
|
|
|
|
|
|
PROSES PEMBELAJARAN |
||
BUTIR INSTRUMEN |
PERTANYAAN INSTRUMEN |
SKOR YANG DICAPAI |
TOTAL NILAI |
12 |
Proses pembelajaran berlangsung secara aktif dengan melibatkan
seluruh siswa dan mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga
terjadi proses pembelajaran yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran
pada satuan Pendidikan. LEVEL CAPAIAN KINERJA 4 Dalam proses pem |
4 |
28 |
13 |
Penilaian proses dan hasil belajar digunakan sebagai dasar untuk
perbaikan dan dilaksanakan secara sistemis. |
4 |
|
14 |
Program remedial dan/atau pengayaan diberikan kepada siswa yang
memerlukan. |
4 |
|
15 |
. Siswa berpartisipasi aktif dalam belajar dan suasana pembelajaran
di kelas menyenangkan. |
4 |
|
16 |
. Guru melakukan pembiasaan literasi membaca dan menulis. |
4 |
|
17 |
Guru menciptakan suasana belajar yang memperhatikan keamanan,
kenyamanan, kebersihan, dan memudahkan siswa untuk belajar. |
4 |
|
18 |
. Sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah/madrasah dimanfaatkan
dengan optimal dalam proses pembelajaran. |
4 |
|
|
|
|
|
|
MUTU GURU |
||
BUTIR INSTRUMEN |
PERTANYAAN INSTRUMEN |
SKOR YANG DICAPAI |
TOTAL NILAI |
19 |
Guru menyusun perencanaan pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif
dengan mengoptimalkan lingkungan dan memanfaatkan TIK atau cara lain yang
sesuai dengan konteksnya. |
4 |
16 |
20 |
Guru melakukan evaluasi diri, refleksi dan pengembangan kompetensi
untuk perbaikan kinerja secara berkala. |
4 |
|
21 |
Guru melakukan pengembangan profesi berkelanjutan untuk meningkatkan
pengetahuan, keterampilan, dan wawasan. |
4 |
|
22 |
Guru mengembangkan strategi, model, metode, teknik, dan media
pembelajaran yang kreatif dan inovatif |
4 |
|
|
|
|
|
|
MANAJEMEN SEKOLAH |
||
BUTIR INSTRUMEN |
PERTANYAAN INSTRUMEN |
SKOR YANG DICAPAI |
TOTAL NILAI |
23 |
Sekolah/madrasah mengembangkan, menyosialisasikan,
mengimplementasikan, dan mengevaluasi visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah |
3 |
49 |
24 |
. Kepala sekolah/madrasah menunjukkan kompetensi supervisi akademik
untuk membantu guru mewujudkan pembelajaran yang bermutu. |
4 |
|
25 |
Kepala sekolah/madrasah secara konsisten, partisipatif, kolaboratif,
transformatif, dan efektif memimpin guru, tenaga kependidikan, dan siswa
untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam usaha pengembangan
kegiatan/program sekolah/madrasah untuk mencapai visi, misi, dan tujuan yang
telah ditetapkan. |
4 |
|
26 |
. Sekolah/madrasah membangun komunikasi dan interaksi antara warga
sekolah/madrasah (siswa, guru, kepala sekolah/madrasah, tenaga kependidikan),
orang tua, dan masyarakat untuk mewujudkan keharmonisan internal dan
eksternal sekolah/madrasah |
4 |
|
27 |
Sekolah/madrasah melakukan pembiasaan; aman, tertib, bersih, dan
nyaman untuk menciptakan lingkungan sekolah/madrasah yang kondusif. |
4 |
|
28 |
. Sekolah/madrasah melibatkan orang tua siswa dan masyarakat dari
berbagai kalangan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program,
serta kegiatan sekolah/madrasah. |
4 |
|
29 |
Sekolah/madrasah mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi
pelaksanaan kurikulum secara sistematis, kreatif, inovatif, dan efektif. |
4 |
|
30 |
Sekolah/madrasah menerapkan pengelolaan guru dan tenaga kependidikan
secara efektif, efisien, dan akuntabel pada kegiatan rekrutmen, seleksi,
penugasan, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja, kompensasi, dan
penghargaan/sanksi. |
3 |
|
31 |
Sekolah/madrasah melaksanakan pengelolaan sarana dan prasarana dengan
baik untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas. |
4 |
|
32 |
Sekolah/madrasah mengelola anggaran pendapatan dan belanja secara
transparan dan akuntabel sesuai perencanaan. |
4 |
|
33 |
Sekolah/madrasah menyelenggarakan pembinaan kegiatan kesiswaan untuk
mengembangkan minat dan bakat siswa. |
4 |
|
34 |
. Sekolah/madrasah memberikan layanan bimbingan dan konseling siswa
dalam bidang pribadi, sosial, akademik, pendidikan lanjut, dan karier untuk
mendukung pencapaian dan pengembangan prestasi. |
4 |
|
35 |
Sekolah/madrasah melaksanakan Penjaminan Mutu Internal
Sekolah/Madrasah setiap tahun terkait pencapaian standar nasional pendidikan,
yang meliputi kegiatan: pelaksanaan evaluasi diri sekolah/madrasah (EDS/M),
penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-S/M) yang merujuk
pada rapor mutu. |
3 |
|
|
TOTAL NILAI |
136 |
|
|
|
|
|
Dok. Litbang
Windian Nugraha// Minggu, 04 Juni 2021 Pk. 12.00
EVADIR
AKREDITASI SMK WINDIAN NUGRAHA
2021/2022
B. BUTIR PEMENUHAN RELATIF
|
|
||
BUTIR INSTRUMEN |
PERTANYAAN INSTRUMEN |
SKOR YANG DICAPAI |
TOTAL NILAI |
1 |
Kualifikasi akademik guru minimum sarjana (S1) atau diploma empat (D4). |
3 |
27 |
2 |
Guru yang memiliki sertifikat pendidik. |
2 |
|
3 |
Guru yang mengajar sesuai latar belakang pendidikan. |
|
|
4 |
Sekolah/madrasah memiliki kepala tenaga administrasi yang memenuhi
syarat sesuai ketentuan. |
2 |
|
5 |
Sekolah/madrasah memiliki kepala perpustakaan yang memenuhi syarat
sesuai ketentuan. |
2 |
|
6 |
Jumlah rombongan belajar. |
4 |
|
7 |
Bangunan sekolah/madrasah memiliki instalasi listrik dengan daya yang
mencukupi kebutuhan. |
4 |
|
8 |
Ruangan penunjang yang cukup. |
4 |
|
9 |
Sekolah/madrasah memiliki WC/jamban. |
2 |
|
|
TOTAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
EVADIR
AKREDITASI SMK WINDIAN NUGRAHA
2021/2022
PR0SES
PENGHITUNGAN HASIL AKREDITASI
SMK WINDIAN NUGRAH
A. BUTIR
KINERJA INTI
(136 /140 ) X
100 = 97,14
B. BUTIR
PEMENUHAN RELATIF
( 27 / 36 ) X
100 = 75,00
C.
NILAI AKHIR AKREDITASI
( 0,85 X NILAI BUTIR INTI) + ( 0,15 x NILAI PEMENUHAN RELATIF )
82, 56 + 11,25
93,81
PEMERINGKATAN HASIL AKREDITASI
Sekolah/madrasah memperoleh peringkat akreditasi sebagai berikut:
Peringkat akreditasi A (Unggul) jika sekolah/madrasah memperoleh nilai akhir akreditasi sebesar 91 sampai dengan 100 (91< NA < 100).
Peringkat akreditasi B (Baik) jika sekolah/madrasah memperoleh nilai akhir akreditasi sebesar 81 sampai dengan 90 (81 < NA < 90).
Peringkat akreditasi C (Cukup) jika
sekolah/madrasah memperoleh nilai akhir akreditasi sebesar 71 sampai dengan 80
(71 < NA < 80).
Tidak Terakreditasi (TT) jika sekolah/madrasah memperoleh nilai akhir akreditasi di bawah 71.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar