Sabtu, 25 September 2021

KISI-KISI PAI PTS GANJIL 2021 KELAS 8 SMP WINDIAN NUGRAHA

 


Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala ali Sayyidina Muhammad
Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

Kompetensi Dasar 1 :
Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt
Materi 1 :
Iman Kepada Kitab-kitab Allah.
Indikator Soal 1 :
Peserta didik dapat menentukan pengertian iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Peserta didik dapat menentukan Rasul yang menerima Kitab Allah Swt.
Peserta didik dapat menentukan Nabi yang menerima Shuhuf.
Disajikan Q.S. al-Baqarah/2: 2, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan ayat tersebut.
Peserta didik dapat menentukan wahyu pertama yang diterima Rasulullah Saw
Peserta didik dapat menentukan keutamaan Al-Qur’an dibandingkan dengan kitab-kitab sebelumnya.
Peserta didik dapat menentukan fungsi dan manfaat Al-Qur’an.
Peserta didik dapat menentukan bukti mukjizat Al-Qur’an dalam bidang sains/ilmu pengetahuan
Disajikan hadits tentang keutamaan orang yang belajar Al-Qur’an, peserta didik memutuskan perilaku yang sesuai dengan kandungan hadits tersebut.
Peserta didik dapat menentukan sikap kita sebagai muslim terhadap Al-Qur’an
Disajikan potongan ayat dari Q.S. al-Baqarah/2: 2, peserta didik dapat memutuskan perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
Peserta dapat menjelaskan manfaat Al-Qur’an sebagai obat, yaitu dengan cara Ruqyah Syar’iyah
Peserta didik dapat menentukan hikmah iman kepada Kitab-kitab Allah Swt

Kompetensi Dasar 2 :
Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran
Materi 2 :
Bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran
Indikator Soal 2 :
Peserta didik dapat menentukan pengertian khomr.
Peserta didik dapat menentukan pengertian maysir.
Disajikan potongan ayat dari QS. Al-Maidah (5): 90, peserta didik dapat memutuskan perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
Disajikan QS. Al-Maidah (5): 91, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan ayat tersebut.
Disajikan hadits tentang keharaman khomr, peserta didik dapat menerjemahkannya
Peserta didik dapat menentukan dampak negatif dan bahaya dari khomr.
Disajikan kasus overdosis miras, peserta didik dapat menilai penyebab perbuatan maksiat tersebut.
Peserta didik dapat menentukan dampak negatif dan bahaya dari maysir.
Disajikan kasus tawuran pelajar yang berujung kematian, peserta didik dapat memutuskan solusi agar tidak terjadi kasus tersebut.
Disajikan tabel Syariat Islam dan Maqasid Syari’ah, peserta didik dapat membandingkan macam-macam Maqasid Syari’ah beserta pengertiannya dengan tepat.

#PTS
#JujurDalam Pengerjaan
#GuruBerkah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar