Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala ali Sayyidina Muhammad
Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.
Kompetensi Dasar 1 :
Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
Swt
Materi 1 :
Iman Kepada Kitab-kitab Allah.
Indikator Soal 1 :
Peserta didik dapat menentukan pengertian iman
kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Peserta didik dapat menentukan Rasul yang
menerima Kitab Allah Swt.
Peserta didik dapat menentukan Nabi yang
menerima Shuhuf.
Disajikan Q.S. al-Baqarah/2: 2, peserta didik dapat
menyimpulkan kandungan ayat tersebut.
Peserta didik dapat menentukan wahyu pertama
yang diterima Rasulullah Saw
Peserta didik dapat menentukan keutamaan
Al-Qur’an dibandingkan dengan kitab-kitab sebelumnya.
Peserta didik dapat menentukan fungsi dan
manfaat Al-Qur’an.
Peserta didik dapat menentukan bukti mukjizat
Al-Qur’an dalam bidang sains/ilmu pengetahuan
Disajikan hadits tentang keutamaan orang yang belajar
Al-Qur’an,
peserta didik memutuskan perilaku yang sesuai dengan kandungan hadits tersebut.
Peserta didik dapat menentukan sikap kita
sebagai muslim terhadap Al-Qur’an
Disajikan potongan ayat dari Q.S. al-Baqarah/2: 2, peserta didik dapat memutuskan perilaku yang sesuai
dengan kandungan ayat tersebut.
Peserta dapat menjelaskan manfaat Al-Qur’an
sebagai obat, yaitu dengan cara Ruqyah Syar’iyah
Peserta didik
dapat menentukan hikmah iman kepada Kitab-kitab Allah Swt
Kompetensi Dasar 2 :
Memahami
bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran
Materi 2 :
Bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan
pertengkaran
Indikator Soal 2 :
Peserta didik dapat menentukan pengertian
khomr.
Peserta didik dapat menentukan pengertian
maysir.
Disajikan potongan ayat dari QS. Al-Maidah (5):
90, peserta didik dapat memutuskan perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat
tersebut.
Disajikan QS. Al-Maidah (5): 91, peserta didik
dapat menyimpulkan kandungan ayat tersebut.
Disajikan hadits tentang keharaman khomr, peserta didik dapat menerjemahkannya
Peserta didik dapat menentukan dampak negatif dan
bahaya dari khomr.
Disajikan kasus overdosis miras, peserta didik
dapat menilai penyebab perbuatan maksiat tersebut.
Peserta didik dapat menentukan dampak negatif
dan bahaya dari maysir.
Disajikan kasus tawuran pelajar yang berujung
kematian, peserta didik dapat memutuskan solusi agar tidak terjadi kasus
tersebut.
Disajikan tabel
Syariat Islam dan Maqasid Syari’ah, peserta didik dapat membandingkan macam-macam
Maqasid Syari’ah beserta
pengertiannya dengan tepat.
#PTS
#JujurDalam Pengerjaan
#GuruBerkah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar