Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad, wa ala ali Sayyidina Muuhammad.
Alhamdulillah telah dilksanakan suatu kegiaatan penyeleksian kemaampuan membaca Al-Quran pada peserta didik SMK Windian Nugraha. Kegiatan penyeleksian direncanakan kepada semua peserta didik SMK Windian Nugraha.
Kegiatan ini dimaksudkan agar sekolah khususnya Guru Mapel memiliki data tentang kemampuan peserta didik dalam penguasaan membaca Al-Quran.
Data yang ada akan ditindaklanjuti dengan kegiatan program sekolah yaitu pembinaan peserta didik dalam hal penguasaan membaca Al-Quran.
SMK Windian Nugraha berkomitmen agar semua peserta didik memiliki kemaampuan standar dalam hal membaca Al-Quran yaitu : Mengetahui ilmu tajwid, Benar dalam membacakan da menjadikan pembiasaan yang akan dilakukan di lingkungan SMK Windian Nugraha.
Adapun untuk proses pemberian pembelajarannya akan menggunkan Metode Tilawati. Metode pembelajaran membaca Al-Quran dengan metode berirama yang menyenangkan dan akan memberikan kemudahan bagi semua peserta yang belajar.
Berikut ini ada pengelompokan kemampuan peserta didik SMK Windin Nugraha berdasarkan seleksi penguasaan membaca Al-Quran yang menghasilkan kesimpulan kategori kelompok :
1. Belum Bisa membaca Al-Quran
2. Cukup Bisa membaca Al-Quran
3. Sudah Bisa membaca Al-Quran
Adapun rincian materi dan prioritas pembelajarannya sebagai berikut :
1. Peserta didik yang masuk kategori Belum Bisa membaca Al-Quran akan difokuskan pada pemberian materi dasar yaitu pengenalan bentuk huruf dan pengucapan huruf dengan baik dan benar sampai peserta berada dalam kondisi lancar dan mengenal huruf.
2. Pesert didik yang masuk kategori Cukup Bisa membaca Al-Quran akan difokuskan pada pemberian materi menegah yaitu memperlancar bacaan dan pemberian materi tajwid secara umum.
3. Peserta didik yang masuk ktegori Sudah Bisa membaca Al-Quran akan difokuskan pada pemberian materi Atas yaitu pemberian materi tajwid serta ilmu melatunkan Al-Quran dengan Irama Rost.
Pembelajaran membaca Al--Quran tanpa dikelompokan sesuai dengan kemampuannya maka akan menjadikan kondisi yang tidak menentu dan tidak menarik.
Pembelajaran materi dasar akan menjadi kebosananan bagi peserta didik yang sudah pada kondisi Bisa dan pembelajaran materi ilmu tajwid yang detail dengan penerapan irama akan menjadikan suasana belajar yang membuat peserta didik kategori Belum Bisa menjadi bingung dan berat.
Berikut daftar Kelompok kemampuan membaca Al-Quran kelas 12 :
SMK WINDIAN NUGRAHA
KELAS 12
KELOMPOK BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN
PENERAPAN METODE TILAWATI
NO |
NAMA |
KONDISI KEMAMPUAN |
KET BELUM TES/NON |
||
BELUM BISA |
CUKUP BISA |
UDAH BISA |
|||
1 |
ADINDA JULIANA SYAFEI |
|
|
|
1 |
2 |
ADZANY RAMADHINA P |
|
|
|
1 |
3 |
AINUN MARDIAH |
|
|
1 |
|
4 |
AJI ILHAMMUDIN |
|
|
1 |
|
5 |
AURAYNA BATISTA |
1 |
|
|
|
6 |
DESITA SALSABILA |
|
1 |
|
|
7 |
DIAN BUNGA LESTARI |
|
|
1 |
|
8 |
DWI RIANI PUTRI |
|
|
1 |
|
9 |
ELSA SRI KUSUMAH |
|
|
|
1 |
10 |
FAUZI RAMDANI |
|
|
1 |
|
11 |
IMAN BERKAT WARUWU |
|
|
|
NON |
12 |
MICKY RESTU D |
|
|
|
1 |
13 |
MUHAMAD RADEN D |
|
|
|
1 |
14 |
MUHAMMAD BANDI M |
|
|
1 |
|
15 |
MUHAMMAD FATHIR |
|
|
|
1 |
16 |
NAFISAH DEVIYANTI |
|
|
1 |
|
17 |
NOVAL ARDIANSYAH |
|
|
|
1 |
18 |
NURMALASARI |
|
|
|
1 |
19 |
NURUL AINI FADILAH |
|
|
1 |
|
20 |
REGINALD OCTAVIANUS R |
|
|
|
NON |
21 |
REZA SEVENTINA H |
|
|
|
NON |
22 |
RURA AZAHRA PRATAMA |
|
|
1 |
|
23 |
SHAZNA FARADILLA A |
|
|
|
1 |
24 |
SITI NUR ANANDA |
|
1 |
|
|
25 |
SOFIYATU SHOLIHAH |
|
1 |
|
|
26 |
ZEPANJA RAMADHANTI J |
|
1 |
|
|
27 |
ZIDAN MAULANA |
|
|
1 |
|
28 |
ADELIA REVINKA R |
|
|
1 |
|
29 |
AINAR IZHAR A |
1 |
|
|
|
30 |
ANDRIAN SUGIH P |
1 |
|
|
|
31 |
APRILLIA |
|
|
1 |
|
32 |
CALISTA ARSY AURELLIA |
|
|
|
1 |
33 |
CAROLIN TANIAS |
|
|
|
NON |
34 |
DEKKA SAPUTRA |
|
1 |
|
|
35 |
DINDA AULYA |
|
1 |
|
|
36 |
EKA OKTAVIANI |
|
|
1 |
|
37 |
FACHRELIA RAMADHANI |
|
1 |
|
|
38 |
GHINA NUR APRILA |
|
|
1 |
|
39 |
JOSHUA ATMAJAYA |
|
|
|
1 |
40 |
MAULANA SAPUTRA |
|
|
|
1 |
41 |
MUHAMAD RAFLI R |
|
1 |
|
|
42 |
MUHAMMAD RIZKY H |
1 |
|
|
|
43 |
NAJWAN NAUFAL HAKIM |
|
|
1 |
|
44 |
NAZWA PUTRI AMELIA |
|
|
1 |
|
45 |
PASTI ITOROTODO W |
|
|
|
NON |
46 |
PRISKILA RISTI Y |
|
|
|
NON |
47 |
RIA APRIYANTI |
|
|
1 |
|
48 |
RIZKY ARIVA |
|
|
|
1 |
49 |
SENDI SEPTIAN |
|
|
1 |
|
50 |
SILVA |
|
1 |
|
|
51 |
SITI MAHARANI ANJANNI |
1 |
|
|
|
52 |
STEFANI NABILAH |
|
1 |
|
|
53 |
YUNIFA TRIANA SARI |
|
1 |
|
|
JUMLAH |
5 |
11 |
18 |
19 |
Bogor, 02 Oktober 2022
Guru Mapel
Bambang Susilo,SS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar