Senin, 05 Oktober 2020

Belajar Sukses di Masa Pandemik Covid-19 dengan Portal Rumah Belajar

 

“Portal Rumah Belajar"Sebagai  Solusi Belajar Dimasa Pandemik Covid-19

Penerapan pembelajaran  Belajar dari Rumah pada masa pandemik sekarang ini memberikan tantangan sendiri kepada para guru, kini telah hadir panduan Pemanfaatan Rumah Belajar yang dikeluarkan oleh Kemendikbud untuk Belajar Dari Rumah (BDR) dengan menerapkan Model Pembelajaran Inovatif yang tersedia dalam 2 materi. Semoga kehadirannya dapat menjadi solusi bagi kita semua.

Materi 1 : Panduan rumah dengan memanfaatkan rumah belajar

Panduan ini menyajikan ragam variasi model pembelajaran dan praktik baik kegiatan belajar dari rumah, panduan ini akan memberikan gambaran kepada pendidik dan orang tua bagaimana mengoptimalisasi skenario belajar yang dapat diterapkan.

Materi 2 : Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang memanfaatkan rumah belajar.

Panduan ini berisi panduan pemanfaatan Rumah Belajar dengan menerapkan model-model pembelajaran inovatif seperti Model Discovery-InquiryModel Flipped ClassroomModel Project Based LearningModel Blended Learning dengan Blog, Model Berbasis Game, dan Model Self Organized Learning Environment (SOLE) . Bagian ini lebih diperuntukkan bagi para pendidik untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik.

Mengenal Fortal Rumah Belajar

Portal yang menyediakan berbagai bahan ajar yang diperlukan oleh pesdik serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Portal rumah belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaan di era industry 4.0 yang keberadaannya dapat dimanfaatkan oleh pesdik dan juga guru untuk setiap jenjangpendidikan mulai dari Pendidikan Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD),Sekolah Menengah Pertama (SMP),Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Portal Rumah Belajar, kita dapat belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Portal Rumah Belajar dapat digunakan secara gratis.

Sampai dengan sekarang sudah terdaftar 266.045 dari kalangan guru dan 640.874 dari kalangan pesdik.

Fitur yang dapat kita gunakan :

1.    1.   Kelas Maya

Fitur LMS yaitu Learning  Management System yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau suatu proses pembelajaran tanpa tatap muka antara guru dan peserta didik. Fitur ini akan membantu pesdik dalam menerima bahan ajar yang diberikan oleh guru dalam bentuk digital kapan saja dan dimana saja.

2.      2. Sumber Belajar

Fitur yangmenyanjikan materi ajar bagi pesdik dan guru berdasarkan acuan Kurikulum . Dalam penyajiannya disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi dan games

3.    3.   Laboratorium

Fitur simulasi praktikum yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja pesdik dan teori praktikum

4.     4.  Bank Soal

Fitur yang berisi kumpulan soal dan materi evaluasi yang dikelompokan berdasarkan topic ajar. Disini tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan dan ujian.

 

       Adapun Fitur Pendukung yang ada di Rumah Belajar :

1.      1.  Peta Budaya

2.      2.  Buku Sekolah Elektronik

3.      3.  Wahana Jelajah Angkasa

4.      4.  Karya Bahasa dan Sastra

5.     5.   Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

6.     6.   Edugame

 

Sumber Tulisan :

rumahbelajar@kemdikbud.go.id ... Copyright 2020 © Rumah Belajar.

Guru Berkah.

Bambangguruberkah.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar