Selasa, 09 Juli 2019

IN HOUSE TRAINING SMP WINDIAN NUGRAHA (HARI PERTAMA)

IN HOUSE TRAINING SMP  WINDIAN NUGRAHA (HARI PERTAMA)

Selasa, 9 Juli 2019 tepat Pk. 08.00 Wib bertempat di Ruang Pusat Data dan Informasi kegiatan Workshop atau IHT SMP Windian Nugraha dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Windian Nugraha yaitu Bapak Winarko Hadimitono Setioharto,SE,M.Si yang didampingi oleh Ibu Pengawas Pembina yaitu Ibu Ellya juga dihadiri oleh peserta yang notabene adalah guru-guru SMP Windian Nugraha.

Guru Berkah/ KS sedang memberikan Pengaeahan kepada peserta IHT

Kegiatan IHT, menjadi kegiatan wajib atau rutin yang biasa dilakukan di lingkungan Yayasan Windian Nugraha baik SMP maupun SMK.
Kegiatan kali ini akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu dari Pk. 08.00 s/d Pk. 16.00.
Adapun materi utama yang disampaikan oleh Ibu Pengawas Pembina tentang Administrasi Guru yang meliputi ; Pentuan kalender Pendidikan sekolah, Prota dan Promes, Pemetaan KI dan KD, Penghitungan KKM pada Mapel yang diampu, Penilaian dan lain-lain.

Guru Berkah/ Peserta IHT Fokus menyimak penjelasan nara sumber

Pada hari pertama, materi yang disampaikan tentang penentuan kalender Pendidikan sekolah . Di dalamnya berisi tentang penetapan waktu-waktu yang berkaitan dengan kegiatan sekolah selama 1 tahun ke depan yakni dimulai dari awal tahun ajaran sampai dengan libur akhir semester genap.Penghitungan minggu efektif dan hari efektif. kalender Akademik sekolah akan menjadi runut perjalanan sekolah yang wajib disosialisasikan kepada dewan guru, orangtua dan juga siswa. Dengan demikian semua yang mendapatkan informasi dari kalender Akademik dapat mempersiapkan diri.

Guru Berkah / Always Semangat mengikuti IHT

Pada materi pemetaan, Ibu Pengawas Pembina mengajarkan tentang KI dan KD, Inipun harus dapat dipetakan oleh Dewan Guru dalam rencana penyampaian materi yang akan disampaikan. Pemetaan ini dikaitkan juga dengan persiapan evaluasi pada setiap semester. Dimaksudkan agar jangan sampai pada saat evaluasi ada materi yang belum disampaikan.

Guru Berkah / Pengawas Pembina sedang menjelaskan materi 

Alhamdulillah respon dari guru-guru yang hadir sangat luar biasa. Mereka fokus mendengarkan dan fokus dalam pengerjaan tugas yang diberikan.Guru-guru baru mampu mengikuti kegiatan dengan baik.

Guru Berkah / Peserta semangat mendengarkan penjelasan nara sumber

Pada materi KKM, Ibu Pengawas mengajarkan bahwa KKM muncul harus ada yang melatarbelakangi.Jangan sampai ada KKM asal-asalan. Adapun yang menjadi dasar penetapan KKM bagi tiap mapel yaitu meliputi Kompleksitas, Intake dan Daya Dukung. Setelah direkap maka akan muncul nilai KKM utnuk tiap KD dan KKM untuk Mapel yang diampu.

Guru Berkah / Ibu Pengaeas ( Nara Sumber) sedang menjelaskan materi

Semoga IHT yang sudah dijalani dan yang akan dijalani kembali menjadi modal awal bagi para guru dalam memulai kegiatan mengajarnya, yakni menjadi sosok guru yang siap.

# Salam Guru Berkah
#IHT SMP Windian Nugraha
#Always Together

Bogor, 9 Juli 2019// Bambang Susilo//Guru Berkah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar