Senin, 08 Juli 2019

PEMBUKAAN PROGRAM BOARDING SCHOOL SMK WINDIAN NUGRAHA

PEMBUKAAN BOARDING SCHOOL SMK WINDIAN NUGRAHA
(sENIN, 8 jULI 2019)

Boarding School , kata yang sudah tidak asing lagi terdengar di lingkungan SMK Windian Nugraha, oleh karena program ini sudah melaksanakan proses kegiatannya kepada 10 angkatan. Boarding School dihadirkan untuk menangani peserta didik yang memiliki masalah. Program binaan yang dilaksanakan dengan melibatkan  semua komponen guru.

Senin, 8 Juli 2019, adalah hari pembukaan Boarding School Tahun Pelajaran 2019/2020. Boarding School kali ini sungguh luar biasa oleh karena harus menangani peserta didik dari kelas 10 dan kelas 11 yang berjumlah kurang lebih 30 orang.Prestasi yang baru terjadi. Slamat kepada semua pihak yang akan turut andil mensukseskan program Boarding School.

Guru Berkah / Pesrta sedang mendengarkan sambutan Kepala Sekolah


Hari ini, program Boarding diawali dengan mengumpulkan peserta didik di lapangan.Mereka diberikan informasi yang berkaitan dengan Tata Tertib dan materi yang akan diberikan.
Pada acara ini diawali dengan Motivasi pagi yang disampaikan oleh bAPAK Kepala Sekolah smk wINDIAN nUGRAHA. Pada kata sambutannya beliau menyampaikan harapan agar peserta mengikuti program ini dengan baik, dan menjadikan kegiatan Boarding School sebagai kegiatan solusi penanganan bagi peserta didik yang masih bermasalah. Mengajak kepada peserta untuk selalu menggali potensi yang ada. Menanamkan kemauan untuk selalu berbuat yang terbaik agar kelak memiliki kemampuan dan selanjutnya akan berjumpa dengan keberkahan.
Untuk ketiga puluh peserta mereka berasal dari latar belakang yang berbeda yakni :1. Latar belakang akademik
 2. Latar belakang Absensi
 3. Latar belakang sikap kepribadian
 4. Latar belakang Penugasan yang belum dituntaskan.

Guru Berkah /Kepala sekolah sedang memberikan Motivasi Pagi


Guru Berkah/ Harus ada Kemauan dan Kemampuan, Pesan dari Kepala Sekolah

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Paskibra yang dipimpin oleh seorang guru muda yang penuh semangat yaitu Bapak Billy. Kegiatan Paskibra yang berkaitan dengan pemahaman Sikap sempurna menjadi salah satu kegiatan andalan dalam program Boarding school.
Salah satu yang menjadi alasan hilangnya konsentrasi dalam belajar, mnjawab yang tidak elegant, bertanya yang masih malu-malu serta kegiatan lainnya adalah karena disebabkan oleh hilangnya sikap sempurna. Wasilahnya melalui gerakan-gerakan yang dikomandai dalam sikap sempurna maka akan dihasilkan peserta didik yang selalu mengaplikasikan sikap sempurna .
Pserta didik harus mampu fokus dan siap mendengarkan intruksi yang diperintahkan.

Guru Berkah / Pak Billy menyampaikan pemahaman tentang paskibra


Guru Berkah / Proses menanamkan sikap sempurna

Nampak terlihat hasil yang didapat, Before dan afternyanya nampak jelas. Pserta didik sudah terlihat mampu menatap ke depan, Berkonsentrasi dalam pendengaran dan sigap dalam tindakan perpindahan.

Kegiatan berikutnya adalah mengikuti program motivasi dalam penjabaran angka matematika. Mereka diperkenalkan dengan cara-cara mudah dalam hal penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Angka-angka yang ternyata punya saudaranya. Begitu kata ahlinya.Peserta nampak antusias dan mau mencoba soal yang diberikan. Kegiatan diberikan di Ruang Edutel SMK Windian Nugraha.

Sesi selanjutnya peserta diajak untuk sejenak mengenal dunia seni. Yang diajarkan adalah tentang Seni suara. Kolaborasi yang bagus antara Guru Seni budaya dengan Bapak Putu yang mengiringinya dengan Keyboard.

Beberapa guru yang berkesempatan hadir dan mengisi kegiatan meskipun hanya sekilas adalah : Ibu Pengajar BP BK, Ibu pengajar PPKn dan Ibu pengajar Seni Budaya, Ibu Risa Mirasari selaku Waka Kesiswaan.

Pada kegiatan hari ini peserta sudah dibentuk dalam team atau kelompok. Mereka harus dapat berinteraksi dalam jalinan dan bekerja dalam kelompok yang selanjutnya akan digunakan pada setiap kegiatan.

Pada akhir kegiatan disimpulkan oleh Bapak Bambang Susilo dan ditutup dengan doa singkat. Salah satu kesimpulannya adalah :
Siswa harus mandiri dan mau berkreasi, Menanamkan dan menyemangati kemauan untuk meraih kemampuan.
Menjadi insan yang berkepribadian baik dan dapat menebar manfaat dari apa yang dimiliki untuk lingkungan di sekitarnya.

Semoga dalam harapan kita semua. Peserta dapat memahami akan pentingnya evaluasi diri untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki.

# Salam Guru Berkah
# Boarding Hari Perama
# Team Soulmate yang Sehati

Bambang Susilo,SS/ Bogor, 8 Juli 2019


Tidak ada komentar:

Posting Komentar