Selasa, 13 Oktober 2020

KENDALA TEKNIS PADA PROGRAM GURU PENGGERAK, oleh : Bambang Susilo

 

Bismillahirrahmanirrahim

Allahuma sholi ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad

Sahabat Guru Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Untuk melengkapi informasi mengenai Program Guru Penggerak, berikut ini ingin saya sampaikan mengenai kendala-kendala Teknis yang mungkin akan dijumpai. Semoga bermanfaat. Aamiin

Apakah saya harus mempersiapkan laptop atau computer dan jaringan internet secara mandiri untuk mengikuti Program Guru Penggerak secara Daring ?

Ya, laptop/komputer dan ketersediaan akses internet disediakan secara mandiri oleh calon guru penggerak. Fasilitas ini sangat dibutuhkan selama Program Pendidikan Guru Penggerak.

Bagaimana jika saya tidak memiliki laptop atau computer danjaringan internet?

Calon guru penggerak wajib mengusahakan laptop/ komputer dan ketersediaan jaringan internet secara mandiri. Kemendikbud akan memberikan bantuan paket data internet untuk pelaksanaan pendidikan guru penggerak.

Bagaimana saya akan menerima informasi jika saya lulus pada tiap tahapan seleksi?

Tim seleksi PGP akan menginformasikan kelulusan pada tiap tahap seleksi melalui surel masing-masing peserta seleksi. Peserta diharapkan memasukkan alamat surel yang benar dan memeriksa kotak masuk surel secara berkala, ini termasuk memeriksa kotak SPAM. Setiap tahapan seleksi akan diberitahukan melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

Bagaimana jika saya lupa dengan Akun dan Kata Kunci (Password) SIM PKB?

Anda bisa menghubungi admin SIM-PKB Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang Pendidikan SMA dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk jenjang pendidikan TK, SD, dan SMP.

Bagaimana jika saya tidak punya Akun SIM PKB?

Pastikan Anda terdaftar aktif di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sekolah dan pastikan Dapodik Sekolah sudah sinkron dengan Dapodik Pusat. Jika Dapodik sekolah belum sinkron dengan Dapodik Pusat, silahkan hubungi operator Dapodik sekolah. Setelah Dapodik sekolah sinkron dengan Dapodik Pusat, tunggu 2x24 jam untuk mendapatkan akun SIM-PKB. Cari dan aktivasi akun SIM-PKB Anda melalui laman gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk.

Bagaimana jika saya tidak bisa mengunggah Surat Dukungan dari Kepala Sekolah dan Surat Referensi dari atasan atau teman sejawat atau komunitas atau organisasi?

Pastikan dokumen-dokumen yang diminta sesuai dengan format (pdf) dan ukuran yang dipersyaratkan sesuai informasi yang ada pada laman

Jika saya lolos seleksi Guru Penggerak, namun saat proses berjalan saya dipindah Pejabat Daerah untuk menjadi Kepala Sekolah atau Pengawas Sekolah atau Jabatan Struktural, apa yang harus saya lakukan? Bagaimana pelaksanaan proses Guru Penggerak saya?

Setiap calon peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi diharapkan berkomitmen penuh untuk melaksanakan seluruh rangkaian Pendidikan Guru Penggerak dan berkomitmen kuat menjalankan peran sebagai guru penggerak setelah program selesai. Namun jika karena sesuatu hal, Calon Guru Penggerak tidak dapat melanjutkan program dengan alasan yang mendasar dan tidak ada solusi yang dapat ditempuh kecuali mengundurkan diri dari program, maka yang bersangkutan dapat mengundurkan diri dengan membuat surat pernyataan pengunduran diri secara tertulis yang ditujukan kepada Direktur Jenderal Guru Tenaga Kependidikan dan ditembuskan Kepala Dinas Pendidikan terkait.

Apakah saya boleh mendaftar sebagai peserta dan sebagai pengajar praktik (pendamping) Program Guru Penggerak?

Guru hanya bisa mengambil satu peran dalam program Guru Penggerak. Guru harus memilih mendaftar sebagai peserta atau pengajar praktik (pendamping). Rekomendasi kami guru dapat melihat kriteria dan kompetensi yang diharapkan pada peserta atau pengajar praktik (pendamping)

Apakah ada contoh Surat Rekomendasi atau Dukungan kepada calon Guru Penggerak ?

Surat rekomendasi dan surat dukungan kepada calon guru penggerak dapat diunduh melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/unduhan/

Kapan informasi Tes Bakat Skolastik akan diinformasikan kepada para pendaftar yang sudah menyelesaikan tahapan CV dan Esai?

Informasi jadwal pelaksanaan Tes Bakat Skolastik akan dilaksanakan pada tanggal 20 – 23 November 2020. Informasi pelaksanaan TBS akan disampaikan melalui akun SIM PKB masing-masing sebelum tanggal pelaksanaan TBS dimulai. Anda diharapkan untuk membuka akun masing-masing untuk memperoleh informasi tersebut. Jika Anda tidak mendapatkan informasi terkait dengan jadwal pelaksanaan Tes Bakat Skolastik, Anda bisa menghubungi Tim Helpdesk melalui fitur form Guru Penggerak pada akun SIM PKB dan juga bisa melalui email guru.penggerak@kemdikbud.go.id

Apakah yang gagal melakukan proses pengisian CV harus mengulangi proses pengisian dari awal atau dapat melanjutkan data yang sudah dikerjakan ?

Anda dapat melanjutkan kembali data yang sudah dikerjakan pada proses sebelumnya. Jawaban Anda sebelumnya masih tersimpan dalam sistem. Setelah selesai melengkapi CV pastikan Anda mengirimkan CV tersebut dan melanjutkan proses pada tahap isi Esai.

Apakah dinas dapat diberikan akses data yang sudah melakukan pendaftaran Program Guru Penggerak?

Dinas sudah bisa melihat progres pendaftar dari kab/kota dan provinsi masing-masing melalui Admin/Operator Dinas Pendidikan dengan Login ke BI SIM PKB Guru penggerak pada laman https://laporan-gtk.belajar.kemdikbud.go.id menggunakan akun SIM PKB Dinas Pendidikan atau akun Group Operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi

Guru Berkah.Dok Kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru PAI

Untuk selanjutnya akan ditambahkan dengan informasi yang berkaitan dengan Program Guru Penggerak mengenai :

Tes bakat Skolastik dan lain-lain

# Guru Berkah

# Program guru Penggerak

Silahkan buka link terkait :

Blog : Guru Berkah

Youtube : Bamz Berkah

Email : bambang.susilo200470@gmail.com

Nb : Data pertanyaan dan jawaban diambil dari info Laman Kemendikbud.go.id

Bogor, 14 Oktober 2020

Bambang Susilo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar