Minggu, 11 Oktober 2020

MUSEUM SEBAGAI MEDIA BELAJAR

 

Bismillahirrahmanirrahim.

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.

Ya Allah ,berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad.

Sahabat Literasi semua. Hari ini tepat tanggal 12 Oktobe 2020. Ada hari yang mungkin belum kita ketahui sebagai diperingati hari apa?Langsung saja saya sampaikan. Hari ini diperingati sebagai Hari Museum Nasional. Mudah-mudahan informasi ini akan menambah wawasan pengetahuan untuk kita semua.

Saya mencoba untuk sedikit membuka wawasan kita tentang Museum. Selamat berliterasi di media blog “Guru Berkah”

Apa itu Museum?

Museum adalah institusi permanen yang melayani kebutuhan public dengan sifat terbuka dengan cara melakukan usaha pengoleksian, meriset, mengkomunikasikan dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi pendidikan dan kesenangan (Wikipedia Bahasa Indonesia).

Keberadaan Museum dapat digunakan sebagai media tempat belajar. Sebagai referensi data dari informasi yang sudah ada. Pembelajaran langsung di Museum akan sangat menarik bagi siswa terutama dan bagi kita semua yang memang ingin belajar di Museum.Jadwal kunjungan pembelajaran bisa diagendakan dan juga dikoordinasikan dengan maple lainnya, agar dalam 1 kegian belajar di lingkungan sekolah bisa didapatkan beragam kegiatan.

Seberapa pentingnya keberadan Museum itu?

Keberadaan museum sangat penting karena memiliki tanggung jawab dan fungsi untuk melestarikan, membina, sekaligus mengembangkan budaya masyarakat baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud. Melalui pesan-pesan yang dirangkai lewat display dan ruang pameran, museum di Indonesia berfungsi sebagai sarana komunikasi dan jembatan penghubung yang dapat memicu kesadaran dan pengetahuan bagi masyarakat. Museum tidak hanya memiliki fungsi sebagai pelindung benda cagar budaya, melainkan juga sebagai tempat pembentukan ideologi, disiplin, dan pengembangan pengetahuan bagi publik. Hal itu juga ditegaskan dalam kode etik ICOM yaitu International Council of Museums atau Dewan Museum Internasional .Museum memiliki tugas penting untuk mengembangkan peran pendidikan dan menarik pengunjung lebih luas dari kalangan masyarakat, lokalitas, atau kelompok yang dilayaninya. Interaksi dengan masyarakat pendukung dan pembinaan serta promosi warisan yang diampunya merupakan bagian integral dari pendidikan yang harus dilaksanakan oleh museum.

Tipe Museum ?

Museum memiliki keberagaman tipe, dari  yang besar dan mencakup banyak kategori, hingga yang  kecil yang memusatkan diri kepada subjek tertentu, lokasi, atau seseorang. Tipe dan ukuran museum tercermin dalam koleksinya. Sebuah museum biasanya memiliki koleksi inti yang merupakan benda terpenting di bidangnya. Kategori museum-museum tersebut di antaranya:

1.      Museum Arkeologi

2.      Museum Seni

3.      Museum Biografi

4.      Museum Anak

5.      Museum Universal

6.      Museum Etnologi

7.      Museum Rumah Bersejarah

8.      Museum Sejarah

9.      Museum Maritim

10.  Museum Militer dan Perang

11.  Museum Hidup

Manfaat Belajar di Museum?

Museum dan Monumen Peta di Bogor

Akan banyak manfaat yang kita dapatkan manakala proses pembelajaran siswa dilakukan di Museum langsung. Beberapa diantaranya adalah :

1.      Menambah wawasan pengetahuan dan referensi

2.      Menjadi referensi visual

3.      Menumbuhkan imajinasi siswa

4.      Menumbuhkan minat siswa

5.      Menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme

6.      Belajar berinteraksi dengan banyak orang

7.      Menciptakan suasana belajar baru

Daftar Museum di Indonesia ?

Menurut data dari Kemendagri terdapat 436 Museum dan berdasarkan data dari Asosiasi Museum Indonesia terdapat 428 Museum ( per Januari 2016). Perbedaan tersebut karena berdasakan standar atau kode etik museum dan cagar budaya oleh Kemendikbud . Daftar dibuat berdasarkan daftar anggota Asosiasi Museum Indonesia dan data master budaya benda Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (Data tersebut terbagi dalam masing-masing pulau dan provinsi .Lihat di Google).

Marilah mulai dari sekarang kita manfaatkan keberadaan Museum sebagai sumber informasi dan sumber pengetahuan. Sudah saatnya kita kondisikan untuk mengadakan kunjungan ke Museum. Agar keberadaannya selalu ramai dengan mereka yang berniat memperdalam wawasan keilmuannya.

Bambang Susilo

#Museum Media Belajar

#Selamat Memperingati Hari Museum Nasional

Bogor, 12 Oktober 2020. Bambang Susilo. Pk. 13.00 Wib

2 komentar: