Minggu, 11 Oktober 2020

MENJAGA POLA/GAYA HIDUP SEHAT DENGAN CARA ISLAM

 

Bismillahirrahmanirrahim.

“Allahuma sholli’ala Muhammad wa’ala ali Muhammad

Ya Allah,berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.

Sehat atau Al-shihah bukan hanya sesuatu yang berhubungan dengan fisik/ jasmani namun juga menyangkut dengan jiwa/ ruhani.Sehingga dalam konsep Islam disebut dengan al-shihah wa al-afiyat .Hidup sehat tentunya akan menjadi dambaan bagi kita semua.Hidup sehat akan memberikan rasa bahagia bagi mereka yang menjalaninya. Prinsip mendapatkan impian hidup sehat adalah Dari Kita, Oleh Kita dan Untuk Kita. Artinya hidup sehat harus menjadi cita-cita yang tumbuh dari niatan kita, selanjutnya untuk meraih hidup sehat harus ada ikhtiar perjuangan yang diwujudkan oleh kita seraya selalu berdoa akan rahman da rahimnya Allah SWT dan selanjutnya hidup sehat akan dinikmati dan dirasakan oleh kita.

Apa itu hidup sehat ? adalah suatu kondisi sehat dimana seseorang merasakan kondisi kesehatan yang paripurna jasmani dan ruhaninya . Hidup yang bebas dari semua masalah ruhani dan juga mental atau bisa diartikan sebagai kondisi seseorang yang hidup secara fisik dan psikis tanpa ada gejala masalah kesehatan .Di tengah mewabahnya Pandemi Covid-19 yang kita rasakansekarang  ini tentunya  semangat untuk menciptakan dan menikmati hidup sehat harus menjadi skala prioritas yang diagendakan. Kini saatnya untuk mengambil hikmah pembelajaran dari wabah Pandemi Covid-19 ini sebagai Momentum Perubahan Gaya Hidup yang tadinya tidak begitu peduli dengan kesehatan kini  menjadi gaya hidup yang amat sangat peduli dengan kesehatn untuk mewujudkan kehidupan yang bahagia. Man jadda wa jadda.Insha Allah terwujud. Aamiin

Apa manfaatnya hidup sehat ? Sudah tentu amat sangat bermanfaat untu kita. Memiliki tubuh yang sehat akan banyak mendukung segala aktifitas kita sehari-hari. Hidup sehat harus dimulai dari diri kita sendiri yakni dengan mulai mengurangi secara berangsur angsur kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatan dan mulai mewujudkan impian hidup sehat . Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari manfaat menjalankan hidup sehat :

  • Lebih bahagia
    Selain bermanfaat untuk kesehatan, menjalankan hidup sehat jugaakan mampu meningkatkan suasana hati. Sebab menjalankan hidup sehat mampu membuat percaya diri dan meningkatkan suasana hati. Hal tersebut karena hidup sehat dengan berolahraga dan pola makan sehat mampu menstimulasi produksi hormon endorphin yang ada dalam tubuh. Hal ini yang membuat kita merasa lebih bahagia dan lebih rileks.

  • Meningkatkan energi tubuh
    Manfaat Hidup sehat  selanjutnya adalah mampu meningkatkan pasokan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menunjang aktivitas sehari hari. Misalnya dengan menjalankan pola makan sehat yakni dengan mengkonsumsi buah dan sayur dan makanan yang tinggi protein mampu memberikan banyak energi untuk tubuh kita.

  • Mengurangi risiko penyakit
    Menjalankan hidup sehat tentu kita akan sedikit terhindar dari masalah penyakit. Menjalankan hidup sehat dengan melakukan aktifitas fisik secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika menjalankan hidup sehat tentu asupan protein, vitamin hingga nutrisi akan terpenuhi hal ini yang membuat kita terhindar dari risiko penyakit.

 

Pandemi Covid-19 yang masih mewabah ini harus menjadi momentum perubahan untuk menciptakan pola/gaya  hidup yang sehat. Banyak diantara kita yang masih menunggu momentum yang tepat untuk menerapkan pola/gaya hidup sehat. Yang paling tepat adalah sesegera mungkin ,tidak menunggu lama/jangan sampai terlambat. Pola/gaya hidup sehat secara individu dan juga secara bermasyarakat dan  ini semua menjadi tugas kita  untuk menciptakan suasana kehidupan yang sehat. Kehidupan yang sehat harus dilakukan terus menerus dan tidak berjeda/berhenti, semisal hanya karena kasus Pandemi Covid-19 saja. Ini semua dilakukan agar kita semua bisa menikmati kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan. Ingatlah selalu motto hidup sehat bersama : Dari Kita, Oleh Kita dan Untuk Kita..

Pola/Gaya Hidup Sehat ? adalah cara kita dalam menjalani hidup dengan selalu menerapkan protokoler kesehatan guna menurunkan resiko terkena penyakit ..Memang betul tidak semua penyakit dapat dicegah, tetapi sebagian besar dengan melakukan gaya hidup yang sehat penyakit kronis seperti jantung koroner dan kanker bisa kita hindari.Namun perlu diingat bahwa menjalani pola/gaya hidup sehat bukan hanya sekedar untuk mencegah penyakit saja tetapi juga untuk menjaga kesehatan fisik, mental dan kehidupan sosial kita.Jika sudah dibiasakan maka akan menjadi budaya hidup yang sehat untuk setiap individu juga kehidupan sosial kemasyarakatan.

Apalagi jika dilihat dari sudut pandang agama” Islam”.  Ajaran  Islam sangat menganjurkan  agar umatnya senantiasa menjalani pola/gaya hidup yang sehat karena setiap aktifitas kehidupan yang dilakukan begitupun dengan kegiatan ibadah akan lebih baik hasilnya jika dilakukan dalam kondisi yang sehat daripada ketika dikerjakan dalam kondisi yang sakit.Karena agama jelas sangat memiliki visi yang luas yaitu menegakan kebenaran dan terwujudnya kehidupan yang bahagia, bermanfaat dan sejahtera..

Aktifitas harian penerapan pola/gaya hidup sehat sesuai tuntunan ajaran Islam?adalah Tindakan nyata yang sederhana ini kalau sudah menjadi kebiasaan maka akan memberikan dampak positif terhadap kesehatan kita yang sudah tentu juga akan menciptakan suasana kesehatan yang dinikmati oleh banyak orang. Berikut beberapa langkah pola hidup sehat yang bisa kita laksanakan secara rutin dalam kehidupan sehari hari sesuai dengan tuntunan ajaran Islam :

1.      Senantiasa memelihara kebersihan jasmani dan ruhani kita. Ingat sabda Nabi Muhammad SAW “ Kebersihan adalah sebagian dari Iman (HR.Muslim)

2.      Senantiasa menghindari dari perbuatan-perbuatan yang membahayakan kesehatan.

3.      Senantiasa melakukan kegiatan-kgiatan yang bermanfaat bagi kesehatan.1.       

2.   Senantiasa melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menghindarkan  diri dari kegelisahan, stres dan sumber penyakit.

Contoh kegiatan dari 4 point di atas misalnya : Membiasakan makanan yang 4 sehat 5 sempurna, Rutin mngadakan chek kesehatan tubuh,Membiasakan minum air putih, Hindari stres, Istirahat yang cukup dan teratur dalam berolahraga

Semua aktifitas harian tersebut diatas sudah sangat jelas dan detail sesuai dengan apa yang difirmankan oleh Allah SWT pada Al-Qur’an surah al-Araf : 31 yang artinya :

 “ Wahai anak Adam !.Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah kalian ,dan janganlah berlebih-lebihan . Sesungguhnya Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang berlebihan”

Marilah kita jaga kesehatan kita dengan niatan lurus yakni dengan terus istiqomah melakukan aktifitas penerapan hidup sehat. Ikhtiar lahir harus tetap semangat untuk menumbuhkan jasmani yang sehat dan ikhtiar bathinpun harus menjadi penyemangat untuk menumbuhkan ruhani yang sehat. Pada akhirnya jika semuanya terwujud maka kebahagianpun akan terwujud. Alhamdulillah.

Motto : Dengan bersyukur kebahagiaan sehat jasmani dan ruhani akan kita dapatkan. Tawakaltu’alallah.

#Guru Berkah

Bogor,11 Oktober 2020 Pk.20.15.

Membersihkan area lingkungan sekolah pada masa Pandemi Covid-19

MenjagakKebersihan menjadi tanggungjawab kita bersama


 

 




52 komentar:

  1. Di tengah pandemi saat ini, sehat adalah tujuan semua orang. Sehat juga adalah nikmat yang diberikan allah swt kepada kita maka dari itu kita harus menjaga sebaik-baiknya dengan cara pola hidup yang teratur seperti olahraga, minum dan makan makanan yang bergizi,istirahat yang cukup, dan selalu menkomsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh. Dengan hidup yang sehat dan pola hidup yang teratur kita bisa sedikitnya membantu agar pasien covid 19 tidak bertambah.

    (Firda 12 aph 2)

    BalasHapus
  2. Siti Rodiah XII Aph 1

    Bismillahirrahmanirrahin

    Seperti yang telah dijelaskan di atas sehat atau al-shihah bukan hanya sesuatu yang berhubungan dengan fisik/jasmani namun juga menyangkut dengan jiwa/ruhani. Sehingga dalam konsep islam disebut dengan al-shihah wa al-afiyat. Prinsip mendapatkan impian hidup sehat adalah Dari kita, Oleh kita dan Untuk kita.
    Pandemi Covid-19 yang masih mewabah ini harus menjadi momentum perubahan untuk menciptakan pola/gaya hidup yang sehat. Mengikuti pola hidup yang sehat dan bersih juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Selain itu dalam ajaran islam sangat menganjurkan agar umatnya senantiasa menjalani pola/gaya hidup yang sehat karena setiap aktifitas kehidupan yang dilakukan begitupun dengan kegiatan ibadah akan lebih baik hasilnya jika dilakukan dalam kondisi yang sehat daripada ketika dikerjakan dalam kondisi yang sakit. Untuk itu kita tentunya harus terus semangat untuk menciptakan dan menjadikan hidup sehat menjadi skala prioritas. Makan dengan sehat, tidur dengan baik, bernapas dengan dalam, bergerak dengan harmoni. Maka inshaallah kebahagiaan pun akan mengikuti.

    BalasHapus
  3. Di tengah pandemi ini, sebaiknya kita melaksanakan kehidupan bersih.
    Karna jika kita bersih dan sekeliling pun bersih kemungkinan kecil penyakit tidak datang pada tubuh kita, Pandemi Covid-19 yang masih mewabah ini harus menjadi momentum perubahan untuk menciptakan pola/gaya hidup yang bersih dan sehat.



    ( Amara Destiana XI aph 3 )

    BalasHapus
  4. Pada hari ini wabah covid19 masih terus berlangsung, entah kapan akan berakhir, menjaga kesehatan pada masa ini harus menjadi prioritas. Biasakan hidup pola sehat dengan menjaga makanan x minuman, serta rajin berolahraga x beribadah juga penting agar kita terhindar dari penyakit covid ini. Tetap jaga jarak x gunakan masker jika keluar rumah 😉

    Doni Saputra 11 Aph 3

    BalasHapus
  5. Terima kasih ataskomentarnya. Semoga akan menjadi perbaikan buat kita semua. Aamiin

    BalasHapus
  6. Hidup sehat dan bersih itu harus selalu kita terapkan di kehidupan kita, apalagi dimasa pandemi saat ini, harus selalu menjaga kebersihan dan selalu memperhatikan kesehatan, tetap diam dirumah menggunakan maker jika keluar, menjaga jarak, dan mencuci tangan minimal selama 20 detik

    Astriana Rosmalia 11 Aph 2

    BalasHapus
  7. Saat ini pandemi masih berlangsung, sebaik nya kita harus lebih protektif kepada tubuh kita. Dengan melakukan pola hidup sehat kita dapat meminimalisir terpapar covid 19. Pola hidup seperti makan teratur, berolahraga,tidak lupa ibadah dan selalu mengikuti protokol protokol yang dianjurkan pemerintah serta selalu berdoa agar covid 19 segera berakhir


    Nama : Ahmad Bawazair
    Kelas : XI aph 1

    BalasHapus
  8. Sampai saat ini covid 19 belum juga mereda, maka dari itu kita harus menjaga tubuh kita dan menjaga kesehatan seperti berolahraga, makan dengan teratur, dan tak lupa beribadah agar selalu dilindungi oleh Allah SWT.

    RAFLY VALENCIA
    XI APH 1

    BalasHapus
  9. Di tengah wabah cobid 19 ini hidup sehat tentu harus menjadi prioritas.Hidup sehat dimulai dari diri kita sendiri, misalnya berolahraga. Dengan tubuh yang sehat maka kemungkinan besar penyakit tidak akan datang menyerang tubuh kita.

    Melinda apriyani
    XI aph 1

    BalasHapus
  10. Di tengah pandemi ini kita harus menjaga jarak, menjaga kesehatan dengan cara hidup bersih. Karena akan menjadi dambaan bagi kita semua, dengan menjalankan hidup yang sehat akan memberikan rasa aman untuk semuanya.
    Adanya virus covid-19 ini kita juga dapat mengambil hikmah pembelajaran yang tadinya tidak begitu peduli akan kebersihan/kesehatan, kini menjadi gaya hidup yang amat peduli dengan kebersihan dan kesehatan.
    .
    .
    (MULYANI SOLIHAT kelas 11 APH 1)

    BalasHapus
  11. Ditengah mewabahnya virus covid-19, sudah sepatutnya kita menjalankan pola hidup sehat sesuai dengan ajaran Islam, menjaga kebersihan juga merupakan kewajiban bagi umat muslim sebagaimana yang dikatakan dalam hadist bahwa "Kebersihan sebagian dari iman", apabila kita menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, insyaallah kita akan dijauhkan dari berbagai penyakit, olahraga juga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar kita tidak mudah terserang penyakit. Sehat atau Al-shihah bukan hanya sesuatu yang berhubungan dengan fisik/ jasmani namun juga menyangkut dengan jiwa/ rohani.

    ICHSAN RICO WIJAYA
    XI aph 2

    BalasHapus
  12. Sampai saat ini wabah covid 19 masih tetap bertambah , maka dari itu kita harus selalu menjaga pola hidup dan menjaga kelestarian lingkungan masyarakat agar tetap bersih dan nyaman untuk di hirup.dan seperti kalimat diatas kita diajurkan untuk selalu makan yang teratur,selalu mencuci tangan bila sudah berpergian,menaati protokol kesehatan , selalu beribadah kepada allah swt dan berdoa semoga wabah covid 19 cepat hilang amin.

    Yandi radika
    Xl aph 3

    BalasHapus
  13. Hidup sehat harus dimulai dari diri kita sendiri yakni dengan mulai mengurangi kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatan dan mulai mewujudkan impian hidup sehat. Pandemi Covid-19 yang masih mewabah ini harus menjadi momentum perubahan untuk menciptakan pola/gaya hidup yang sehat. Pola/Gaya Hidup Sehat adalah selalu menerapkan protokoler kesehatan guna menurunkan resiko terpapar penyakit covid-19, dengan melakukan pola hidup sehat serta beribadah insya Allah kita akan terhindar dari wabah atau penyakit.


    SINTA CAHYA QORIAH
    XI Aph 2

    BalasHapus
  14. NAMA : FATHiR ABDiLLAH THARiQ
    kELAS: 11 APH 2

    BiSMiLLAHiROHMANiROHM

    Pada masa pandemi virus corona seperti ini kita harus senantasa tawakal kepada allah swt. Dengan cara selalu menjaga kebershan d manapun kta berada dan senantsa mengenaan APD sepert maser dan selalu mencuc tangan.dan juga selalu berolahraga secara teratur.Senantiasa memelihara kebersihan jasmani dan ruhani kita. Ingat sabda Nabi Muhammad SAW “ Kebersihan adalah sebagian dari Iman (HR.Muslim). dan juga makan makanan yang bergz. Dan juga selalu berbadah kepada allah swt dan berharap wabah vrus cepat berlalu agar kta bsa melasanaan kegtan dengan tanpa rasa hawatr.Termakash

    BalasHapus
  15. Seperti penjelasan di atas bahwa gaya hidup sehat sangat dianjurkan. Gaya hidup sehat dapat mengurangi resiko penyakit, apalagi disaat musim pandemi seperti ini setiap orang akan mudah terkena virus jika tidak menjaga gaya hidupnya.
    Banyak cara yang dapat dilakukan dengan gaya hidup sehat yaitu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, perbanyak minum air putih, rutin cek kesehatan tubuh, dan terakhir olahraga secara teratur.

    Anisa febriyani : XI aph 2

    BalasHapus
  16. Di tengah pandemi corona atau Covid-19, penting bagi kita untuk melakukan berbagai tindakan pencegahan, termasuk menjaga jarak sosial, tetap tinggal di rumah, dan tidak menyentuh wajah kita bila berada di luar rumah. Namun, pola hidup yang tidak sehat dapat berdampak negatif bagi tubuh kita. Tidak ada suatu wadah yang diisi penuh oleh anak Adam yang lebih jelek melebihi perutnya. Cukuplah baginya beberapa suapan kecil untuk menegakkan tulang belakangnya. Jika tidak mungkin, sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya.

    Zakia drajat :11 Aph 3

    BalasHapus
  17. Dimasa pandemi covid-19, sangat penting menjaga pola hidup sehat dimulai dari menjaga asupan nutrisi yang kita makan setiap harinya dan kebiasaan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menyarankan untuk melakukan kebiasaan rutin seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak, dan jangan lupa berolahraga.

    Cycilia Meyriesta Aroya
    11 Aph 3

    BalasHapus
  18. Wabah covid 19 masih tetap ada malah semakin banyak yang terjangkit virus itu. Karna itu kita harus biasakan hidup sehat di mulai dari diri kita sendiri. Biasakan mencuci tangan dengan sabun, memakai masker saat berada di luar rumah. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari pola hidup sehat dan bersih salah satunya kita tidak mudah jatuh sakit, jadi saat pandemi sekarang kita harus selalu mengutamakan pola hidup sehat. Tidak di saat pandemi saja kita harus menjaga pola hidup sehat tetapi di kehidupan sehari dan selalu menjaga pola hidup kita. Karena dalam Islam juga kita harus menjaga kesehatan dan kebersihan.



    Adinda Nur Rahma Yanti Xl Aph 2

    BalasHapus
  19. Menjaga kesehatan merupakan hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa hikmah yang dapat kita ambil dari wabah virus corona, bahwa kita tetap harus menjaga kesehatan dengan menjaga kebersihan (selalu mencuci tangan setelah melakukan kegiatan,melakukan etika ketika batuk,rajin membersihkan lingkungan disekitar), menjaga pola makan dan pola istirahat.

    BalasHapus
  20. Menjaga kesehatan merupakan hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa hikmah yang dapat kita ambil dari wabah virus corona, bahwa kita tetap harus menjaga kesehatan dengan menjaga kebersihan (selalu mencuci tangan setelah melakukan kegiatan,melakukan etika ketika batuk,rajin membersihkan lingkungan disekitar), menjaga pola makan dan pola istirahat.
    KAILA C.N
    XI APH 3

    BalasHapus
  21. Di tengah pandemi corona kita harus menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari corona maupun penyakit lain nya dan jangan lupa jika keluar rumah memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan


    Denis nuansa simponi
    XI Aph 3

    BalasHapus
  22. Menjaga kesehatan adalah hal terpenting untuk kita semua, karna di tahun ini kita mendapatkan ujian yang cukup berat yaitu menghadapi virus corona,,, kita harus menjaga kebersihan terutama pada tubuh kita,,,kita di saran kan untuk selalu menjaga kebersihan dimana pun kita berada dan kita harus memakai masker supaya terhindar dari virus tsb. ,,, ingat!! Selalu mencuci tangan sebelum makan agar terhindar dr covid-19

    Arvibia p.
    Xl aph 2

    BalasHapus
  23. Dengan adanya virus corona ini semua masyarakat menjadi lebih peduli Akan kebersihan diri maupun lingkungan, menjadikan masyarakat lebih mengedepankan kesehatan Dan menerapkan pola hidup sehatt agar bisa terhindar dari ancama virus tersebut. kesehatan diri baik jasmani Dan rohani harus Terus diperhatikan, tidak lupa jugaa Kita harus tetap meminta perlundungan terhadap allah swt Dan memohon semoga pandemic ini segera berakhir Dan semua aktifitas Dan kegiatan berjalan seperti semula
    *
    *
    *
    Ririn Aryanti 11 Aph 3

    BalasHapus
  24. Dengan adanya virus corona ini semua masyarakat menjadi lebih peduli Akan kebersihan diri maupun lingkungan, menjadikan masyarakat lebih mengedepankan kesehatan Dan menerapkan pola hidup sehatt agar bisa terhindar dari ancama virus tersebut. kesehatan diri baik jasmani Dan rohani harus Terus diperhatikan, tidak lupa jugaa Kita harus tetap meminta perlundungan terhadap allah swt Dan memohon semoga pandemic ini segera berakhir Dan semua aktifitas Dan kegiatan berjalan seperti semula
    *
    *
    *
    Ririn Aryanti 11 Aph 3

    BalasHapus
  25. Tidak semua yang positif itu baik. Corona contohnya.





    Salsa Nandita Alzahra
    11 Aph 1

    BalasHapus
  26. Dengan adanya virus coroan ini semua masyarakat menjadi lebih peduli akan kebersihan diri maupun lingkungan, menjadikan masyarakat lebih mengedepankan kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat agar bisa terhindar dari ancaman virus corona tersebut.kesehatan diri baik jasmani dan rohani harus terus di perhatikan, tidak lupa juga kita harus tetap meminta perlindungan terhadap allah swt dan memohon pendemic ini segera berakhir dan semua aktifitas dan kegiatan berjalan seperti semula
    *
    *
    *
    Fitriani zahra 11Aph 2

    BalasHapus
  27. Wabah ini belum terus berakhir,maka dari itu kita harus terus menjaga kebersihan, kesehatan, dan jangan lupa untuk berolahraga,semoga dengan cara kita hidup sehat dan mengikuti protokol kesehatan wabah ini cepat menghilang dari dunia,amin.bersih itu sehat.



    Cahya Alipia , 11 Aph 2

    BalasHapus
  28. Hidup sehat tentunya akan menjadi dambaan bagi kita semua.Hidup sehat akan memberikan rasa bahagia bagi mereka yang menjalaninya. Apa lagi ditengah pendemi saat ini, tentu saja hidup sehat itu sangat penting. Seperti yang sudah dijelaskan diatas manfaat hidup sehat ialah membuat kita lebih bahagia, meningkatkan energi tubuh, dan mengurangi resiko penyakit. Maka dari itu kita harus tetap menjaga pola hidup sehat kita agar terhindar dari segala penyakit khususnya pendemi COVID-19 saat ini.

    Siti Hosniyeh
    XII Aph 1

    BalasHapus
  29. Nama:Haerunnisa Apriyana
    Kelas:12 aph 2

    Ditengah pandemi saat ini sangat penting bagi kita semua untuk selalu menjaga gaya pola hidup agar kita terjaga dari wabah virus yang sedang melanda dunia ini,dan kita semua juga harus selalu menjaga kebersihan diri kita maupun lingkungan sekitar kita dengan cara selalu mencuci tangan,menggunakan masker dan membersihkan barang barang yang sering digunakan.untuk itu kita harus tetap semangat dan istiqomah dalam menjalankan gaya pola hidup sehat.

    BalasHapus
  30. Hidup sehat sehat itu penting terlebih lagi pada saat masa pandemi covid-19 ini tidak memandang tua dan muda dewasa dan anak²,semua bisa terkena virus berbahaya ini dan sebagaiknua kita mengikuti protokol²yang ada seperti menggunakan masker karna masker saya melindungimu daru virus dan maskermu melindungu saya dari virus.

    Sherlin robiatul A
    XI APH 1

    BalasHapus
  31. Dalam pandemi covid-19 yang masih mewabah ini, kita harus senantiasa menjalani pola hidup sehat. Hidup sehat adalah kunci utama yang harus kita laksanakan sekarang. Menjaga pola hidup sehat dimulai dari menjaga asupan nutrisi yang kita makan setiap harinya dan kebiasaan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dan jangan lupa untuk slalu berdo'a kepada Allah SWT dan juga melaksanakan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga Jarak)

    NASYWA SHABIRAH BALQIS
    XI APH 3

    BalasHapus
  32. Hablumminannas agak di renggangkan . Bukan berarti hubungannya yang di jaukan , tapi interaksi nya . Silaturahmi harus tetap harmonis .

    Kuatkan hablumminnallah , agar dekat dengan allah , Agar senantiasa melindungi kita dari covid maupun penyakit lainnya , berdoa agar di mudahkan rezeki nya . Dan berdoa agar DPR tidak jadi meng sahkan RUU Omnibus law .
    Dan semoga persepak bolaan indonesia tidak kembali di bekukan oleh FIFA . Karena sebentar lagi akan di adakan Piala Dunia 2021 .


    #StayAtHome
    #PengamatSepakBolaIndonesia
    #IndonesiaBisa
    #SepakbolaMaju
    #SalamSatuJiwa







    ~
    Muhamad Faisal Fadilla
    11 APh 2

    BalasHapus
  33. Di masa pandemi ini jadikanlah momentum untuk menjadi lebih maju dan berkembang.
    Teruslah memberi tanpa mengingat dan teruslah menerima tanpa melupakan.

    -Muhamad Naufal Najwan
    11 Aph 1

    BalasHapus
  34. Pandemi covid 11, memang membawa berbagai perubahan dalam hidup manusia. Mulai dari aktivitas seperti bekerja maupun kegiatan belajar yang dilakukan di rumah, sejumlah rencana yang akhirnya harus dibatalkan, hingga perubahan pola dan gaya hidup dengan lebih memprioritaskan kesehatan.
    Pola hidup sehat dan bersih sebenarnya sudah diimbau sejak lama, namun kebiasaan ini baru benar- benar diterapkan sejak pandemi Covid-19 terjadi.
    1. Perbanyak makanan asupan bergizi
    2. Cukupi kebutuhan air putih
    3. Olahraga rutin
    4. Istirahat cukup
    5. Bantu dengan multivitamin
    6. Gunakan masker ketika hendak keluar rumah
    7. Terapkan physical distancing
    8. Cuci tangan rutin
    9. Bersihkan permukaan benda dengan disenfektan

    (Annisa Nurwahyuni XI A.Ph 1

    BalasHapus
  35. gaya hidup sehat apalagi pola makan yang benar itu harus di terapkam dalam kehidupan sehari2 kita apalgi dimasa pandemi ini .



    -sari suryani
    11-2

    BalasHapus
  36. Di tengah wabah Yang sedang menjangkit seluruh dunia ini Kita selalu menjaga kebesrsihan dengan Cara yg sudah Di jelaskan Di atas ,Karna kebersihan juga sebagian Dari Iman .
    Siti nur Anisa 12 aph 2

    BalasHapus
  37. sehat atau al-shihah adalah salah satu hal yang penting untuk kita jaga dan jalankan.dimasa wabah covid-19 kita harus mengubah atau menerapkan pola/gaya hidup sehat dimana diatas telah dijelaskan gaya hidup sehat yaitu untuk menurunkan resiko terkena penyakit salah satunya dengan memakan makanan yg bergizi dan berorahraga,selain itu di ajaran islam kita sebagai umatnya sangat dianjurkan untuk senantiasa menjalani pola/gaya hidup sehat. dimasa seperti ini kita harus menjagaa dan menurutu protokol kesehatan, selalu menjaga kesehatan, karna sehat ibadah pun menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  38. Nama : Nugi.K
    Kelas: 12.Aph.2

    Bismillahirrahmannirrahim
    (Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang)
    ya rabb atas karuniamu dan rahmatmu lah kami selalu di berikan kesehatan serta umur panjang,bersyukur atas apa yang telah Allah berikan mudah mudahan pandemi ini segera berlalu amiiin. #staysafe

    BalasHapus
  39. Menjaga pola/gaya hidup sehat sangatlah penting untuk diri kita sendiri, apalagi jika kita menjaga pola/gaya hidup sehat itu dilakukan dengan benar, teratur, dan sungguh-sungguh serta sesuai dengan cara islam. sehingga fisik serta jiwa kita senantiasa sehat. dan tidak lupa kita selalu taat melakukan sholat 5 waktu, tadarus Al-Quran, berdzikir, dan selalu meminta perlindungan dan kesehatan serta dijauhkan dari segala penyakit kepada Allah SWT. karena jika fisik dan jiwa kita sehat maka dalam melakukan aktivitas sehari-hari pun akan terasa mudah dan bisa bermanfaat untuk orang lain.


    Annisa A Fatihah
    12 aph 1

    BalasHapus
  40. Nama : indria rahmawati
    Kelas: 12.Aph.2

    Assalamualaikum....
    Bismillah...
    Alhamdulillah atas segala nikmat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan dan kebahagiaan sampai saat ini,kita harus selalu bersyukur apa yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.
    Sehat itu mahal,maka dari itu kita harus selalu menjaga kesehatan baik secara jasmani dan rohani. Kebersihan merupakan dari kesehatan bagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda “Kebersihan sebagian dari iman” maka kita harus selalu menerapkan kebersihan secara lingkungan maupun fisik.untuk saat ini kita sedang menghadapi pandemi covid 19 kita tidak usah panik dengan adanya covid 19 akan tetapi kita harus selalu waspada dalam menghadapi covid 19 ini #staysafe

    BalasHapus
  41. Pola hidup sehat adalah upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup. Kebanyakan dari kita menganggap bahwa pola hidup sehat adalah pola hidup yang sulit untuk dijalani.
    Dengan pola hidup sehat kita dapat melawan pandemi yg sedang berlangsung ini. #healthylife #mositidakpercaya

    Revandy
    XII Aph 1

    BalasHapus
  42. mereka yang merasa tidak punya waktu untuk berolahraga, cepat atau lambat harus meluangkan waktu untuk merawat penyakitnya.
    berdamailah dengan diri sendiri, luangkan waktu untuk berolahraga.

    'panjang umur untuk mereka yang sedang berjuang~'

    MUHAMMAD FABIANSYAH
    11 APh 3

    BalasHapus
  43. Seperti yang disampaikai di atas, menjaga kesehatan dan melakukan pola gaya hidup sehat adalah sebuah prioritas. Terutama di tengah pandemi ini, menjaga kesehatan adalah suatu yang harus dilakukan. Dengan cara berolahraga, makan makanaj sehat, dan melalukan hal-hal yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti yang di cantumkan dalam Al-Qur’an surah al-Araf : 31 yang artinya :

    “ Wahai anak Adam !.Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah kalian ,dan janganlah berlebih-lebihan . Sesungguhnya Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang berlebihan”




    Defika zahra oktari 12 aph 1

    BalasHapus
  44. Hadits yang ditulis berdasarkan perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW, telah menyarankan umat Islam rajin cuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas. Ilmu pengetahuan membuktikan, cuci tangan pakai sabun adalah cara efektif mencegah infeksi virus corona atau COVID-19.

    Berikut haditsnya,

    A. Hadits yang dinarasikan Salman
    عَنْ سَلْمَانَ، قَالَ قَرَأْتُ فِي التَّوْرَاةِ أَنَّ بَرَكَةَ الطَّعَامِ الْوُضُوءُ بَعْدَهُ فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَأَخْبَرْتُهُ بِمَا قَرَأْتُ فِي التَّوْرَاةِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ "‏ بَرَكَةُ الطَّعَامِ الْوُضُوءُ قَبْلَهُ وَالْوُضُوءُ بَعْدَهُ ‏"

    Artinya: Dinarasikan Salman: Saya membaca di Taurat, berkah makanan ada di wudhu setelah menyantapnya. Lalu aku mengatakannya pada Nabi Muhammad SAW yang aku baca di Taurat. Setelah itu Rasulullah SAW mengatakan, "Berkah pada makanan ada di dalam wudhu sebelum dan setelah menyantap hidangan." (HR Tirmidzi).

    Wudhu yang bertujuan mensucikan diri sebelum sholat, diawali cuci tangan sebelum membersihkan bagian tubuh yang lain. Hadits ini memang punya peringkat da'if atau darussalam, bukan shahih yang merupakan derajat tertinggi. Namun dengan kondisi saat ini, tak ada salahnya rajin cuci tangan sebelum atau setelah beraktivitas. Apalagi manfaat cuci tangan telah terbukti dalam berbagai riset ilmu pengetahuan.

    B. Hadits yang dinarasikan Abu Huraira
    عَنْ جَابِرٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّهُ أَخْبَرَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ إِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْرِغْ عَلَى يَدِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ قَبْلَ أَنْ يُدْخِلَ يَدَهُ فِي إِنَائِهِ فَإِنَّهُ لاَ يَدْرِي فِيمَ بَاتَتْ يَدُهُ ‏"‏ ‏.‏

    Artinya: Rasulullah SAW mengatakan, "Ketika kamu bangun tidur, dia seharusnya cuci tangan tiga kali sebelum beraktivitas karena dia tidak tahu kondisi tangannya saat malam hari." (HR Muslim).

    Hadits berderajat shahih ini kembali mengingatkan pentingnya cuci tangan sebelum melakukan aktivitas. Cuci tangan memastikan tidak ada virus dan bakteri yang berisiko menginfeksi tubuh Wabah ini belum terus berakhir,maka dari itu kita harus terus menjaga kebersihan, kesehatan, dan jangan lupa untuk berolahraga,semoga dengan cara kita hidup sehat dan mengikuti protokol kesehatan wabah ini cepat menghilang dari dunia,amin.bersih itu sehat.






    Zidan Maulana X-Ap2

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum wr wb
    Dimasa pandemi saat ini Kita diharuskan untuk menjalani hidup bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih merupakan dambaan semua orang apalagi dimasa pandemi saat ini oleh karna itu, Kita diwajibkan untuk #Dirumahaja, Jika ingin keluar rumah kita wajib menggunakan masker dan menjaga jarak / sosial distancing. Semoga dengan adanya wabah virus ini Kita bisa lebih dekat kepada sang pencipta dan memohon keselamatan kepadanya. Semoga dengan kuasa Allah wabah pandemi covid-19 Ini bisa berakhir agar Kita semua bisa menjalani kehidupan secara normal (New Normal) Aamiin... :)
    Wassalamu'alaikum wr wb

    Muhammad Bandi Muliyawan
    XAPH-1

    BalasHapus
  46. Sampai saat ini wabah covid 19 masih tetap bertambah , maka dari itu kita harus menjalankan pola hidup sehat dan bersih. Kehidupan yang sehat harus dilakukan terus menerus dan tidak berjeda/berhenti, semisal hanya karena kasus Pandemi Covid-19 saja.Ini semua dilakukan agar kita semua bisa menikmati kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan.


    Rura Azahra Pratama(X-AP2)

    BalasHapus
  47. Kita harus berikhtiar dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, tidak lupa selalu mengikuti protokol kesehatan agar terhindar dari covid-19. Biasa bangun pagi berolahraga dan makan makanan yang sehat, cuci tangan sebelum dan sesudah makan ataupun saat buang air besar dan buang air kecil. Membersihkan diri setelah keluar dari rumah. Selain itu kitapun harus terus berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar wabah ini bisa cepat berlalu dan semuanya kembali normal lagi. Aminnn

    mulailah menjadi pribadi yang lebih baik lagi, karena kesadaran diri akan kebersihan sangat penting untuk diri kita dan lingkungan.






    Zepanja Ramadhanti Juniar X-APH1

    BalasHapus
  48. Selama pandemj covid ini ada pelajaran dan hikmahnya.setiap manusia pasti akan ada rasa khawatir, cemas karena wabah jnj oleh karena itu kita sebagai manusia seharusnya kita mendekat kan diri kita kepada Allah SWT meminta perlindungan nya dan meminta agar covid ini cepat selesai.kita juga harus seluruh berikhtiar tawakal,optimis karena orang yang percaya akan keselamatan di dunia dan di akhirat.bagi seseorang pelajar kita harus lawan ego malas Kita walaupun kita tidak bisa tatap muka dibalik ini semua pasti akan ada keindahan setelah nya untuk itulah kita harus rajin dalam menuntut ilmu demj masa depan kita yang cemerlang

    Let's fight🤗

    Nama:Ainun Mardiah
    Kelas:10 Aph1

    BalasHapus
  49. Pandemi Covid-19 yang masih mewabah ini harus menjadi momentum perubahan untuk menciptakan pola/gaya hidup yang sehat. Banyak diantara kita yang masih menunggu momentum yang tepat untuk menerapkan pola/gaya hidup sehat. Yang paling tepat adalah sesegera mungkin ,tidak menunggu lama/jangan sampai terlambat. Pola/gaya hidup sehat secara individu dan juga secara bermasyarakat dan ini semua menjadi tugas kita untuk menciptakan suasana kehidupan yang sehat. Kehidupan yang sehat harus dilakukan terus menerus dan tidak berjeda/berhenti, semisal hanya karena kasus Pandemi Covid-19 saja. Ini semua dilakukan agar kita semua bisa menikmati kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan. Ingatlah selalu motto hidup sehat bersama : Dari Kita, Oleh Kita dan Untuk Kita..


    NURUL AINI FADILAH
    X-APh.1

    BalasHapus