Senin, 12 Oktober 2020

 

TANTANGAN PELAJAR ( 4 f ) YANG HARUS DIWASPADAI

Bismillahirrahmanirrahim.

“Allahuma sholli’ala Muhammad wa’ala ali Muhammad

Ya Allah,berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.

Tulisan ini dibuat dengan dilatar belakangi oleh kegelisahan yang dirasa dari sebuah fenomena aktifitas pelajar yang semakin menyimpang dari tujuannya. Tak sedikit kita mendengar prilaku pelajar yang anarkis, fandalisme, pergaulan bebas, narkoba, balapan liar  dan penyimpangan-penyimpangan lainnya.Tak sedikit orangtua yang harus berurusan dengan guru BP dan pihak sekolah hanya untuk menyelesaikan masalah kenakalan remaja. Tak sedikit juga pelajar yang harus mendekam di jeruji penjara akibat perbuatan yang telah dilakukannya. Miris benar pelajar sekarang ini. Namun kita juga bersyukur masih ada pelajar-pelajar unggul yang berhasil memberikan prestasi gemilang sebagai duta dari kompetensi bidang ilmunya. Inilah pelajar yang unggul yang wajib diikuti prestasinya.

Pelajar adalah seseorang yang terkait dengan proses pendidikan sepanjang hayat (arti luas). Pelajar adalah orang yang sedang belajar di sekolah(arti sempit).Melihat arti tersebut maka tugas seorang pelajar adalah belajar. Belajar untuk membekali dirinya dengan pondasi ilmu pengetahuan, skill kompetensi dan sikap budi pekerti yang baik agar kelak memiliki masa depan yang baik, bukan sebaliknya.

Cita-cita seorang pelajar harus menjadi impian. Untuk itu harus melekat dan menjadi penyemangat dalam belajar. Ikhtiar lahir dan bathin menjadi tumpuan untuk mewujudkan harapan kelak. Tanpa asa cita-cita maka perjalanan belajar seorang pelajar akan terlihat dan terasa hampa. Karena ia hanya akan melakukan tugasnya tanpa ada tujuan yang dicapai. Agama Islam sangat mengajarkan kepada umatnya agar setiap orang/setiap umat harus memiliki cita-cita yakni memiliki keinginan yang terbaik dalam hidupnya.Tugasnya sebagai seorang Khalifah harus membawa keberkahan dan menjadi rahmat bagi seluruh alam. Aamiin.

Tantangan kedepan yang dihadapi oleh sorang pelajar sangatlah komplek. Mereka tidak hanya harus mampu melawan godaan atau pengaruh negatif dalam dirinya tapi juga anasir-anasir negatif di luar dirinya.Jika dirinya terkalahkan oleh proganda negatif maka tamatlah segala cita-cita yang diharapkan oleh semuanya. Malah ia akan menjadi aktor penyebar perilaku buruk di kalangan pelajar. “ Jangan kau sia siakan masa depanmu, raihlah segala impianmu”.

Apa yang menjadi tantangan kedepan yang harus mampu dihadapi oleh seorang pelajar agar tidak terjerumus kepada perilaku negatif, saya menyebutnya tantangan 4F, yaitu :

1.      Film

Tantangan pertama adalah Film. Tayangan hiburan dalam bentuk Audio Visual amat sangat cepat dalam mempengaruhi jiwa seseorang. Apa yang terlihat dan terdengar akan direkam dan akan menjadi halusinasi yang terus terngiang-ngiang di benaknya. Jika yang menjadi favorit adalah film tanpa sensor ataufilm dewasa atau film yang lebih banyak mempertontonkan adegan kekerasan dan pada saat menikmati hanya seorang diri atau tanpa bimbingan orangtua maka mereka akan langsung merekam tayangan tadi dalam halusinasinya. Mengapa pelajar sekarang ini banyak yang brutal, menyelesaikan dengan berkelahi atau tawuran, gaya hidup kebarat-baratan, pacaran tanpa batas, tutur kata tanpa norma dan lain-lain mungkin inilah hasil dari dampak negartif film

Ingat firman Allah dalam QS An-Nur : 30-31

“Katakanlah kepada anak laki-laki yang beriiman : Hendaknya mereka menahan pandangannya,dan memelihara kemaluannya... Katakanlah kepada wanita yang beriman :Hendaknya mereka menahan pandangannya dan janganlah mereka menampakan perhiasannya kecuali yang (biasa) nampak padanya.”

2.      Food

Tantangan kedua adalah makanan. Makanan amat dibutuhkan oleh tubuh namun yang seperti apa yang harus ke dalam tubuh.Bukan yang akan merusak dan menanamkan benih penyakit sejak dini. Remaja dan pelajar harus berhati-hati dalam memilih dan memilah makanan. Tidak asal masuk dan senang sesaat. Nikmati dengan kadar dan ketentuannya. Stop Miras dan Narkoba. Jauhi dan hindari makanan dan minuman yang memabukan. Stop dalam mengkreasikan makanan dan minuman oplosan yang akan merusak tubuh. Sayangi kesehatan dan bugarkan tubuh agar memiliki stamina yang unggul.

Ingat Firman Allah dalam QS.Al-Maidah : 90

“ Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum )khamar, berjudi, (berkorban) untuk berhala , mengundi nasib dengan anak panah adalah perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan tersebut agar kamu mendapatkan keberuntungan.”

 

3.      Fashion

Tantangan ketiga adalah pakaian. Pakaian akan terus menjadi trend yang kadang diikuti oleh kaum pelajar tanpa peduli dengan norma kesopanan dan agama, etika dan estetika. Mereka hanya mengikuti trend dan menikmati pakaian yang sebenarnya justru akan menjadi ancaman terhadap keselamatan dirinya, yaitu tindakan kriminal.

Tatacara berpaiakan dalam Islam sudah sangat diatur dengan baik. Ada adab-adab dalam berpakaian. Pakaian harus mampu mengangkat harkat dan derajat si pemakainya bukan malah menjerumuskan dan menistakan.

Ingat firman Allah dalam QS. Al-araf: 32

“ Hai anak adam,sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan.”

 

4.      Fun

Tantangan keempat adalah kesenangan/hiburan. Hiburan dibutuhkan untuk memberikan rilexsasi pada tubuh dan sebagai penyegaran setelah penatnya dengan segala aktifitas. Namun hiburan yang seperti apa yang harus kita lakukan agar dapat memberi manfaat dan maslahat. Tak sedikit pelajar yang sudah terjerumus kepada hiburan malam dengan latar belakangnya “Clubbing”. Tak sedikit pelajar yang menghabiskan waktunya hanya untuk bersenang-senang mencari hiburan dengan dibarengi oleh perilaku menyimpang.Bagi orang yang beriman hiburan yang sejati adalah manakala hati menjadi tenang.

Ingat firman Allah dalam QS.Ar-Ra’ad : 28

“(yaitu) orang-orang beriman hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.”

Tantangan (4F) tersebut di atas adalah sangat  nyata dan nampak semakin merasuki jiwa pelajar. Jika dibiarkan maka akan menjadi racun yang akan mempengaruhi jiwa pelajar.

Tantangan yang ada jangan dibiarkan dan dibuat masa bodoh. Masa depan harus terwujud menjadi impian dan Surga Dunia. Ingat “ Apa yang hari ini kita perbuat adalah tabungan dimasa yang akan datang. Jika yang ditanam adalah bibit kebaikan maka kelak kita akan memanen hasil kebaikan begitupun sebaliknay jika yang ditanam adalah bibit keburukan maka kelak kerugian yang akan didapat”

Luluskan niat . satukan hati dan jiwa. Bisikan selalu kemauan sukses untuk meraih kemampuan unggul dalam menghadapi tantangan kedepan.

Berdoa dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Allah tmpat bergantung dari seluruh makhluknya. Sabar dan tawakal dalam berbuat kebaikan. Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar. Aamiin.

# Guru Berkah

# Bangga menjadi Guru

Silahkan buka link yang terkait :

Blog : Guru berkah

Youtube : Bamz Berkah

Email : bambang.susilo200470@gmail.com

Guru Berkah : Prestasi Pelajar



 

3 komentar: